Siapa sih yang tidak tahu akan keindahan alam Papua. Provinsi yang berada di ujung timur Indonesia ini memiliki banyak pesona yang luar biasa indah. Sebut saja Raja Ampat dan Desa Wae Rebo, kamu pasti pernah mendengar keindahan alam yang dimiliki dua tempat itu kan. Selain dua tempat itu masih banyak pesona alam Papua lainnya, seperti pantai-pantai berikut ini.

Pantai Waiwo

Panati Waiwo terletak di Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Papua. Pasir pantainya yang putih bersih serta air lautnya yang sejernih kristal akan membuatmu serasa di surga tropis. Kamu bisa memberi makan ikan-ikan kecil di dermaga apung atau menikmati jernihnya air laut dengan berenang di pantai ini. Arus ombaknya yang tidak besar membuatmu berlama-lama bermain air tanpa perlu takut terseret arus.

Pantai Harlem

Pantai Harlem terletak di Kampung Tablanusu, Kabupaten Jayapura, Papua. Pasir di pantai ini berwarna putih tanpa kerikil dan tidak memiliki banyak terumbu karang. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati jernihnya air dan teduhnya pohon-pohon kelapa di sepanjang pantai serta tiupan aepoi-sepoi angina pantai yang akan membuatmu serasa di surga.

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik atau Pantai Segara ini terletak di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Di pantai ini kamu bisa menikmati pasir putih pantai yang bersih dengan terumbu karang bertebaran di pinggiran lautnya. Arus di Pantai Bosnik cukup deras sehingga kamu harus berhati-hati saat bermain air atau snorkeling.

Pantai Bakaro

Pantai ini terletak di pesisir Utara Manokwari. Di sini kamu bisa menikmati atraksi pemanggilan ikan dengan menggunakan kulit kerang yang ditiup seperti peluit. Selain itu kamu juga bisa memberi makan ikan-ikan kecil di pinggir pantai.

Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari terletak di kota Sorong, Papua Barat. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan pohon-pohon kelapa tinggi yang lebat. Kamu bisa berenang di pantai ini sambil menikmati senja di kota Sorong yang eksotis.

Pantai Amai

Untuk menuju pantai ini kamu harus melewati medan yang lumayan sulit seperti melewati hutan dengan aliran sungainya. Namun rasa lelah akan terbayar saat kamu sampai di Pantai Aman. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan bibir pantai yang landai. Kamu bisa menghilangkan lelah dengan bermain air laut yang jernih sambil menikmati rindangnya pepohonan.

Pantai Cemara

Pantai Cemara terletak di Waisai, Raja Ampat. Kamu bisa menikamati indahnya pasir putih dan jernihnya laut biru jika berkunjung ke Pantai Cemara ini. Seperti namanya di Pantai Cemara banyak pohon cemara laut yag tumbuh di sekitar pantai.

Pantai Tablanusu

Pantai ini terbilang unik karena pantainya tidak memiliki pasir putih melainkan batu-batu kerikil pipih. Jadi kamu bisa melakukan pijat refleksi dengan berjalan di sepanjang bibir pantai sambil menikmati jernihnya air laut dengan jajaran pohon kelapa.

Pantai Teluk Triton

Pantai Teluk Triton terletak di Kaimana, Papua. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan snorkeling. Kamu bisa melihat pemandangan bawah laut berupa ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang sangat langka. Kamu juga bisa menyaksikan Ikan Paus dan Lumba-Lumba serta Ikan Hiu di pantai ini. Selain itu di Pantai Teluk Triton terdapatnya sebuah pulau kecil yang pada dinding-dinding kapurnya terdapat Lukisan Purba berwarna merah.

Pantai Pulau Venue

Pulau Venue merupakan pulau kecil di selatan Buruway, Papua. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang lembut dengan terumbu karang yang indah. Penyu Belimbing dan Burung Maleo biasa bertelur di pantai ini. Selain itu juga terdapat Burung Pelikan dari Australia yang kadang terlihat di pulau ini.

Panati Yen Beba

Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di Manokwari, Papua Barat. Kamu bisa bersantai sambil merasakan sejuknya terpaan angin dan birunya air laut yang jernih di pantai ini. Selain itu Pantai Yen Beba akan terlihat semakin eksotis di sore hari.

Pantai Kaironi

Pantai ini terletak di sebelah utara kota Manokwari, Papua Barat. Di sini kamu bisa menyaksikan penangkaran Penyu Belimbing pada bulan November-Januari dan penangkaran Penyu Hijau pada bulan Juli-September serta penangkaran Penyu Lekang pada bulan Maret-Mei setiap tahunnya.

Pantai Pulau Um

Pantai ini terletak di Pulau Um, Makbon, Sorong, Papua Barat. Kamu bisa menikmati pasir putih dan jernihnya air laut yang berwarna biru kehijaunan serta rimbunya pepohonan yag menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar. Kicauan burung yang merdu akan membuatmu merasa santai dan tenang. Kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah dengan snorkeling. Banyak ikan karang, penyu, lola, teripang, lobster dan  terumbu karang yang dapat kamu temui saat ber-snorkeling di Pantai Pulau Um ini.

Nah sekarang sudah tahu kan pantai-pantai indah yang ada di Papua. Jadi kapan kamu mau liburan ke Papua? Kapanpun itu yang pasti Papua patut masuk ke dalam daftar tujuan wisata kamu. Selamat Berlibur!

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda