Kembali bekerja setelah berlibur memang berat. Kembali bekerja berarti kamu harus kembali menghadapi kemacetan, polusi kota besar, dan deadline kantor.

Oleh karena itu banyak orang yang tidak bersemangat saat kembali dari liburan, padahal tujuan utama liburan adalah untuk merefresh diri dan menghilangkan stress.

Nah agar semangat tetap terjaga saat kembali bekerja berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Istirahat yang Cukup

Usahakan agar tidur lebih awal minimal satu jam lebih awal dari hari biasanya agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk bekerja keesokan harinya. Badan yang segar dan mood yang baik karena cukup beristirahat dapat membantumu menghadapi hari pertama kembali berkerja.

2. Datang Lebih Pagi

Jika kamu tidak kelelahan, berangkatlah ke kantor setidaknya satu jam lebih awal. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri dan kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaanmu yang sudah kamu tinggalkan selama berlibur.

Mengembalikan semangat kerja setelah liburan

3. Buatlah to-do-list

Satu dari beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan saat kamu kembali dari berlibur yaitu membuat daftar mengenai hal yang harus kamu lakukan saat hari pertama kembali bekerja. Mungkin kamu punya bayak hal yang harus dilakukan, jadi tulislah dan putuskan mana yang harus menjadi perioritasmu hari itu. Kamu akan merasa lebih bersemangat jika tahu pekerjaan mana yang harus kamu selesaikan lebih dulu.

4. Email

Sudah saatnya kamu kembali berurusan dengan tumpukan email yang mulai menggunung saat kamu berlibur. Tidak mungkin untukmu merespon email tersebut sekaligus dalam sehari. Oleh karena itu kamu harus mengorganisir email-email tersebut. Hapus email yang tidak kamu butuhkan, tandai email yang harus kamu respon nanti, dan balas email yang membutuhkan respon secepatnya.

5. Review Project

Saat kamu berlibur, mungkin project yang kamu lakukan bersama tema kerja tetap berjalan tanpamu. Periksalah bagaimana project tersebut dan apakah sudah ada perkembangannya  atau belum. Jika ada orang yang menggantikamu saat kamu berlibur maka kamu harus memeriksa kembali apa yang telah orang itu kerjakan.

6. Mulai Bekerja Secara Perlahan

Hari pertama harusnya kamu gunakan untuk mengerjakan pekerjaan regular dan mengejar ketertinggalan. Berusahalah untuk menahan diri untuk mengerjakan pekerjaan yang lain di hari pertama kamu bekerja jadi kamu tidak memaksakan diri melebihi kemampuan kamu.

7. Atur Waktu

Jangan tergoda untuk lembur. Karena dengan lembur dapat merusak harimu dan membuatmu kembali stress. Kerjakan pekerjaan semaksimal mungkin sesuai dengan waktunya.

8. Jangan Sungkan untuk Meminta Bantuan

Bila kamu merasa keberatan, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teman kerja yang lain. Meminta tolong bukan berarti kamu tidak mampu untuk melalukan pekerjaanmu atau kamu lari dari tanggung jawab. Hal tersebut justru dapat menjadi cara untuk memaksimalkan kerja sama jika dilakukan secara baik.

9. Sisakan Pekerjaan untuk Besok

Kamu tidak akan dapat mengejar ketertinggalan dalam sehari atau mungkin seminggu. Aturlah cara bekerjamu agar kamu tidak merasa sangat sibuk dan tergesa-gesa. Jangan takut untuk menunjukkan kalau kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan karena dengan begitu kamu akan bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan baik.

Itulah 9 tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi hari pertama kerja setelah berlibur. Dan jika Kamu ingin merecanakan kembali liburanmu, Labiru Tour siap membantu merencakan liburan terbaikmu.

Tetaplah jaga semangat setelah liburan selesai. Jangan biarkan pekerjaan yang menumpuk menjadi alasan untuk bermalas-malas. Selamat mencoba dan selamat bekerja.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda