Pantai Plengkung atau Pantai G-Land Banyuwangi yang terletak di ujung selatan Banyuwangi ini adalah pantai favorit para peselancar dunia, karena merupakan tempat berselancar terbaik setelah Hawaii.

Bibir pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini bergulung-gulung dan menantang adrenalin penggemar selancar.

Pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ini memiliki ombak dengan 3 tingkatan. Dari tingkatan untuk peselancar pemula hingga profesional.

Penasaran bukan, sebagus apa ombak di pantai ini untuk berselancar? Berikut keunikan dan keindahan G-land yang akan membuatmu terpesona dan segera ingin mengunjunginya.

Keunikan Pantai G-Land Banyuwangi

Pantai untuk Berselancar Terbaik di Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai G-Land banyuwangi ini merupakan salah satu surga bagi pencinta selancar. Tidak hanya untuk wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

Banyak peselancar dari mancanegara yang suka berselancar di sini seperti, Australia, Rusia, Amerika, Brazil, bahkan Eropa, dan masih ada berbagai Negara lain yang juga rela datang jauh-jauh ke pantai ini untuk berselancar.

G-land pantai di banyuwangi
G-land view dari udara

Bagi mereka yang begitu menggemari selancar, pantai ini merupakan tempat yang harus dikunjungi, belum lengkap rasanya jika belum datang ke G-Land.

Karena bagi para peselancar, Pantai G-Land Banyuwangi memiliki ombak terbaik di dunia setelah Hawaii. Besar gelombang di pantai ini dipengaruhi oleh tekanan dari antartika.

Tapi, saat kamu mengunjungi wisata ini, kamu akan menemukan fakta bahwa ombak G-Land di sisi timur grajagan terkenal lebih besar karena letak sudut yang tepat.

Ombak Pantai Menjadi Surga Bagi Pencinta Selancar

Ombak pantai G-Land ini berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi pula. Tinggi ombaknya bisa mencapai 8 meter dengan panjang 2 kilometer. Terdengar mengagumkan bukan?

G Land Pantai Plengkung - Blue Turtle
G Land Pantai Plengkung – Blue Turtle

Ombak di pantai ini juga memiliki tiga tingkatan. Untuk tingkatan profesional, kamu bisa berselancar dengan ketinggian ombak yang mencapai 6 hingga meter.

Untuk tingkatan sedang, ada ombak dengan ketinggian mencapai 5 hingga 6 meter, sedangkan untuk kamu yang masih ada di tingkat pemula dalam berselancar, ada ombak yang hanya 3 hingga 4 meter.

Tidak hanya itu, gelombang pasang di pantai G-Land yang membentuk tabung air, bahkan menjadi ombak yang paling banyak disukai oleh para peselancar.

Jika kamu memiliki stok adrenaline berlimpah, sepertinya kamu perlu datang ke pantai ini pada bulan April sampai September.

Karena pada bulan tersebut ombak yang paling besar terjadi di pantai G-land Banyuwangi. Dalam waktu tersebut ombak tinggi datang secara bertahap, masing-masing berlangsung selama beberapa hari.

Cobalah berselancar saat bulan baru, dijamin pada waktu-waktu itu gelombang ombak cukup tinggi akan terjadi selama setengah hari.

Pantai dengan Tiga Warna

Selain menjadi favorit para peselancar, jika di lihat dari atas, menggunakan drone atau kamera terbang, kamu bisa melihat pantai G-Land banyuwangi ini memiliki kombinasi warna yang mempesona.

Tiga warna berkombinasi di pantai ini, yaitu warna putih, warna biru dan warna hijau. Menyajikan pemandangan yang eksotis dan berbeda dari pantai yang ada di pulau Bali ataupun Hawaii.

Bahkan, fakta ini juga sering kali dimuat di beberapa artikel luar negeri tentang bagaimana keindahan dan keeksotisan pantai Plengkung atau G-Land ini dari ketinggian.

Rute Yang Menantang untuk Para Petualang

Untuk bisa menjangkau G-Land, kamu bisa melakukan dengan perjalanan darat dari Desa Grajagan Banyuwangi atau menyewa perahu dari Bali.

Jika kamu melakukannya dengan perjalanan darat, rute yang harus kamu lalui memang cukup menantang. Apalagi jika kamu mengambil rute dari Pos Perhutani menuju ke pantau G-land.

Kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dengan melewati jalan aspal di 2 km pertama dan kemudian menyusuri jalan tanah untuk jarak 8 km setelahnya.

Melewati lebatnya hutan di Taman Nasional Alas Purwo dengan pepohonannya yang besar-besar. Bahkan jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan berbagai hewan langka saat melewati hutan Taman Nasional Alas Purwo.

Mata Air Awet Muda

Sebagai penutup ulasan keunikan dan keindahan pantai G-Land Banyuwangi ini, kamu bisa mempercayainya atau tidak. Tapi saat kamu melewati Taman Nasional Alaw Purwo di perjalan menuju ke pantai.

Kamu akan menemukan beberapa goa yang bisa kamu kunjungi. Salah satu dari gua – gua tersebut bernama gua istana, yang mempunyai sumber mata air yang disebut dengan Sendang Srengenge.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa air yang keluar dari sumber mata air tersebut, mempunyai khasiat yang bisa membuatmu awet muda.

Nah, itu dia ulasan keunikan dan keindahan pantai G-Land Banyuwangi yang merupakan surganya para pencinta selancar. Bagaimana, ingin segera mengunjunginya juga?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0813-2689-4433 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda