Jogjakarta seakan tak henti-hentinya menawarkan destinasi wisata keren untuk mereka yang datang ke Kota Pelajar. Salah satu destinasi wisata alam di Jogja yang menarik perhatian adalah Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, sebuah pantai yang berada di deretan paris pantai Gunung Kidul. Gunung Kidul adalah surganya pantai di Jogjakarta, bahkan di Indonesia. Selain Bakmi Jawanya yang khas, kalau ke Gunung Kidul kamu harus datang ke Pantai ini. Lalu apa sih menariknya pantai ini sehingga kamu harus menyambanginya ketika sedang berada di Jogja ?

Berikut ini adalah ulasan dari Labiru tentang Pantai ini spesial hanya untukmu.

Pantai Watu Kodok adalah sebuah pantai yang terletak di gugusan pantai selatan Gunung Kidul. Letak pantai ini tak jauh dari dari Pantai Sepanjang, salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul. Pantai Watu Kodok berlokasi di sebelah barat Pantai Sepanjang. Letaknya tepat berada di samping di pantai sepanjang. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan yang berlibur ke Jogja selalu kembali lagi, lagi, dan lagi. Karena pantainya  yang saling berdekatan, kamu bisa menyusuri beberapa pantai dalam sehari.

Kembali ke Pantai Watu Kodok, selain indah, kepopuleran pantai Watu Kodok juga terbantu dengan adanya sosial media, hasil unggahan para pengunjungnya.

 

Lokasi Peta Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Letaknya tak jauh dari Pantai Sepanjang. Antara Pantai Watu Kodok dan Pantai Sepanjang hanya dibatasi sebuah tebing tipis, yang memang menjadi landmark dari pegunungan karst Gunung Kidul.

Baca Juga: 2 Hari 1 Malam di Jogja Bisa Kemana Aja ?

Karena kebanyakan lokasi pantai di Gunung Kidul letaknya berdekatan, akses menuju pantai ini terbilang sangat mudah karena kawasan Gunung Kidul memang sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat. Untuk menuju pantai ini, dari pusat kota Jogjakarta, kamu bisa mengambil arah ke Jalan Wonosari, dan cukup ikuti saja jalannya sampai ke kota Wonosari. Dari Kota Wonosari kamu tinggal mengikuti papan penunjuk arah yang bertebaran di penjuru kota. Sebenarnya, rute menuju ke pantai Watu Kodok ini sangat beragam. Kamu juga bisa lewat jalan Imogiri Barat, dan mengikuti jalan sampai ke kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

Kalau ragu, kamu bisa mengikuti arahan dari maps yang ada di smartphonemu. Jadi jangan ragu untuk pergi kesana. Oh iya, Labiru sarankan untuk membawa kendaraan pribadi, buat kamu yang mau ke  Pantai Watu Kodok. Karena akses transportasi publik jarang menjamah daerah pelosok Gunung Kidul, tempat  pantai ini berada.

 

Asal Usul Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, Keramahan di Pesisir Selatan Jogja

View Pantai Watu Kodo Gunung Kidul

Asal usul pantai Watu Kodok ini cukup unik. Dinamai Watu Kodok karena adanya sebuah bongkahan batu besar yang kalau dilihat dari salah satu sisinya berbentuk seperti hewan amfibi ini. Karena itulah pantai ini dinamai Pantai Watu Kodok. Watu artinya batu, sedangkan kodok berarti katak. Masih menurut warga setempat, dahulu ada seekor katak yang menjelma menjadi batu, sehingga menjadikan pantai ini bernama watu Kodok.

 

Keindahan Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Camping di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Sunsetnya keren kan ?

Ketika sampai di Pantai Watu Kodok, kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah, yang tentunya juga dibarengi angin sepoi-sepoi khas pantai. Selain itu, untuk masuk panti ini kamu juga hanya perlu membayar biaya yang murah. Untuk masuk ke kawasan panta ini kamu cukup membayar Rp 5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Tak harus mahal, kamu juga bisa menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Di pantai ini kamu akan merasakan nuansa yang alami dan masih perawan. Dengan pantai yang masih belum terlalu ramai, kamu akan sangat menikmati saat-saat di pantai ini. Keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai keren lain di Gunung Kidul. Memiliki garis pantai berpasir putih dengan garis pantai yang panjang. Itulah Pantai Watu Kodok, adalah satu pantai yang asri dan alami di Gunung Kidul.

Itulah keindahan Pantai Watu Kodok, pantai cantik di selatan Jogja, salah satu keramahan Kota Istimewa. Liburan seru ke Jogja  ? Labiru saja. Mudah, Murah, dan Menyenangkan.

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta