Wisata alam tidak hanya terbatas dengan wisata gunung dan pantai, di bawah permukaan tanah yang kita injak ini menawarkan pengalaman wisata tak terlupakan. Gua-gua yang mayoritas berada jauh di bawah tanah, namun menyimpan sejuta pesona dan kisah yang misterius dan epik. Berikut gua-gua indah yang menjadi wisata alam bawah tanah favorit di bumi nusantara kita yang tercinta ini.

  1. Gua Jomblang, Gunung Kidul

Gua yang terletak di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini amat eksotis. Untuk menapakan kaki ke dasar gua vertikal ini membutuhkan peralatan keamanan yang baik serta praktiknya harus ditemani oleh guide profesional karena arenanya memang berbahaya. Gua yang paling dalam memiliki dalam sampai 80 meter, namun untuk pemula cukup menuruni yang berkedalaman 15 meter saja yang biasa disebut lintasan VIP. Meski hanya 15 meter, lintasan ini sudah membuat deg-degan, tapi puas sekali ketika sudah di dalam dan menikmati sinar keluar dari atas gua yang cantik.

  1. Gua Pindul, Gunung Kidul

Gua Pindul menawarkan pengalaman olahraga cave tubing. Dengan sebuah ban besar, pelampung, dan helm, rasakan aliran air menuju gua yang memiliki koleksi batuan stalaktit dan stalakmit yang keren. Nuansa bawah tanah nya sangat terasa dan serunnya menyaksikan kecantikan gua ditemani oleh penjelasan komprehensif dari guide.

  1. Gua Petruk, Kebumen

Kota Kebumen meski kota kecil dan kota singgah, tak rugi rasanya untuk mengunjungi kota ini dan menyambangi Gua Petruk. Gua Petruk adalah lokasi wisata yang sedang naik daun karena keindahannya. Bebatuan di dalam gua ini unik bentuknya, dan membuat kita terperangah. Untuk menyusuri gua ini hanya membutuhkan lampu saja, karena pengunjung berjalan kaki ketika menyusurinya.

  1. Gua Cerme, Bantul

Gua yang panjangnya 1,5 kilometer dan memiliki sungai di dalamnya ini terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua Cerme dahulu digunakan oleh para walisongo untuk bermeditasi dan bertapa. Gua ini memiliki banyak ruangan yang diyakini oleh masyarakat sekitar dahulu digunakan oleh para walisongo. Selain wisata alam gua ini juga terkenal sebagai salah satu lokasi wisata religi.

  1. Gua Liang Puruk, Kalimantan Tengah

Kini kita pindah ke Pulau Kalimantan, Gua Liang Purug adalah surga bawah tanah tersembunyi di Kalimantan Tengah. Gua ini adalah gua vertikal, masuk ke dalamnya pengunjung akan menemukan cekungan-cekungan yang mirip seperti kolam. Dan jangan kaget adanya air terjun di dalam gua, airnya pun jernih. Gua Liang Puruk ini cocok sebagai pilihan wisata alam ketika berkunjung ke Kalimantan Tengah.

  1. Gua Leang Leang, Sulawesi Selatan

Perpaduan wisata alam dengan wisata arkeologis dapat ditemukan di Gua Leang-Leang Sulawesi Selatan, gua ini dahulu kala merupakan tempat tinggal dari manusia purba, hal ini dibuktikan dengan adanya cap-cap tangan dan lukisan-lukisan yang dibuat dengan cat merah alami yang sulit terhapus sampai dengan hari ini. Di gua ini pula banyak ditemukan peninggalan pra-sejarah seperti alat makan dan alat berburu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda