Saat kamu mencoba mendalam lagi kota Banyuwangi, kamu akan menemukan begitu banyak keindahan yang akan menjadi sebuah pengalaman tidak terlupakan. Salah satu dari keindahan yang bisa kamu temukan di kota ini adalah Agrowisata Kalibendo.

Agrowisata Kalibendo berada di areal PT. Perkebunan Kalibendo, Glagah, Banyuwangi.

Udara yang sejuk karena terletak di pegunungan ini bisa kamu rasakan saat setelah sampai di sini. Kamu juga bisa menemukan tiga variasi tanaman yang dibudidayakan di Agrowisata ini, yaitu kopi, karet dan cengkeh.

Tidak hanya pemandangan perkebunan karet, kopi dan cengkeh yang asri, kamu juga bisa menyeruput kopi Robusta kualitas nomor satu di Indonesia.

Tiga Pos Agrowisata Kalibendo Yang Harus Dilalui

Menginjakkan kaki pertama kali di Agrowisata Kalibendo ini, kamu akan disambut dengan hamparan tanaman kopi, karet dan cengkeh yang hijau di sejauh mata memandang.

Agrowisata Kalibendo ini memiliki tiga pos yang akan kamu lalui saat berkunjung ke sini. Pos pertama, kamu akan menuju “Pondok Robusta” dengan menggunakan sepeda gunung yang sudah disediakan.

Kemudian, kamu akan menuju ke pos kedua yaitu pos karet. Di pos karet ini kamu akan menemukan berbagai macam karet hasil sadapan perkebunan Kalibendo yang dipajang.

Setelahnya kamu akan melalui pos tiga atau pos terakhir, pos ini adalah lapangan Kalibendo yang letaknya dekat dengan kantor PT. Perkebunan Kalibendo.

Menikmati Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia

Saat kamu berada di pos pertama yaitu ‘Pondok Robusta’, kamu akan disambut oleh sebuah pos yang berupa rumah adat Osing Banyuwangi.

Kemudian kamu akan disuguhi dengan kopi robusta kualitas nomor satu di Indonesia, beberapa kudapan kue cucur, singkong goreng, dan pisang goreng yang bisa kamu nikmati.

Menariknya suguhan tersebut dibuat langsung oleh warga sekitar, jadi bisa dipastikan rasa yang akan kamu dapatkan dari kopi hingga hidangan, adalah rasa asli masakan dari orang sini.

Red Carpet Menuju Ke Kebun Karet

Setelah melalui pos pertama, perjalanan dilanjutkan menuju pos dua. Kamu bisa melanjutkan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

‘Pos Karet' menuju Argowisata Kalibendo
‘Pos Karet’ menuju Argowisata Kalibendo

Di sana kamu akan menemukan ‘Pos Karet’, dimana berbagai macam karet hasil sadapan di perkebunan Kalibendo di pajang di pos ini.

Pos dua ini berbentuk rumah bambu, rumah yang semua dibuat dari bambu serta atap yang terbuat dari anyaman. Di rumah ini tersedia juga tempat mandi dan juga kakus alami.

Uniknya, saat kamu menuju ke pos karet ini kamu akan disambut dengan red carpet, tapi bukan berwarna merah, melainkan kuning.

Red carpet berwarna kuning ini adalah kulit-kulit kopi yang telah dipisahkan dari biji kopinya.

Sungai Dan Air Terjun Dengan Kesegaran Alami Di Tengah Agrowisata Kalibendo Banyuwangi

Saat kamu melanjutkan perjalanan menuju ke pos tiga atau pos terakhir, dalam perjalanan kamu akan menemukan sebuah sungai yang begitu bersih dan jernih.

Air terjun agrowisata kalibendo
Air terjun agrowisata kalibendo

Pemandangan sungai ini akan membuat perjalananmu menuju k epos selanjutnya tidak akan terasa melelahkan. Bahkan jika kamu mau mampir untuk bermain air di sungai ini pun bisa kamu lakukan.

Oh iya, di sekitar ‘Pos Karet’ kamu juga bisa menemukan Air Terjun Kalibendo, air terjun yang menjadi daya tarik tersendiri untuk warga Banyuwangi untuk mendatangi Agrowisata ini.

Air terjun kalibendo ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dan bisa kamu gunakan untuk membersihkan diri dari kotoran atau sering disebut mandi. Hehehe

Sementara di pos ketiga atau pos terakhir Agrowisata Kalibendo ini adalah semacam tanah lapang atau lapangan yang berdekatan dengan kantor PT Perkebunan Kalibendo.

Untuk menuju ke pos ini kamu harus melintasi sebuah jembatan gantung, dan mendaki sebuah tebing yang tidak begitu curam.

Di pos ini, kamu bisa melihat cara pemilihan dan pengolahan biji kopi sampai menjadi minuman kopi yang membuatmu ketagihan. Kamu juga bisa membeli kopi buatan Agrowisata Kalibendo ini utntuk oleh-oleh orang di rumah.

Lokasi Agrowisata Kalibendo, Banyuwangi

Agrowisata Kalibendo ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi, hanya berjarak 15 km dengan waktu tempuh 45 menit.

Dari pusat kota kamu bisa mengambil arah menuju Terminal Sasak Perot, Kecamatan Glagah. Dari sini kamu ambil arah ke barat sampai ke pertigaan Patung Barong, Desa Banjarsari.

Kemudian setelah kamu melewati Desa Banjarsari kamu akan sampai di Desa Anyar dan di sinilah nanti kamu bisa menemukan papan petunjuk jalan menuju Agrowisata Kalibendo. Cukup mudah bukan?

Nah, itu dia ulasan mengenai Agrowisata Kalibendo. Cocok sekali bukan untuk menghabiskan liburan akhir pekan dengan me-refresh pikiran? Jadi, ke sini kapan?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0813-2689-4433 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda