air terjun, Kota Malang memang tak ada habisnya. Banyak air terjun keren yang bisa kamu temui di kawasan Malang Raya. Ada Coban Rondo yang melegenda, ada pula Coban Rais yang semakin kekinian, juga  Coban Pelangi yang memberikan sensasi trekking di alam bebas. Kini ada satu lagi air terjun keren di Malang, namanya Air Terjun Sumber Pitu, yang terletak di Kecamatan Pujon, sebelah barat dari kota Malang.

Apa sih yang menarik dari Air Terjun Sumber Pitu sehingga kamu harus berkunjung kesana ? Yuk simak ulasan Labiru berikut ini.

 

Asal Nama Air Terjun Sumber Pitu Malang

Dalam Bahasa Indonesia, sumber pitu berarti 7 sumber. Disebut air Terjun Sumber Pitu karena di Air Terjun ini terdapat 7 air terjun yang saling berdekatan dan saling memenuhi tebing selebar kurang lebih 50 meter. Yang harus kamu ingat, ada dua air terjun bernama nyaris sama di Malang. Yang satu berada di Kecamatan Turen, bernama  Coban Pitu, dan satunya lagi di Kecamatan Pujon, bernama Air Terjun Sumber Pitu. Jadi jangan sampai salah tujuan yaa, karena lokasi kedua air terjun ini saling bertolak belakang, satu di timur, satu lagi di barat.

Asal Nama Air Terjun Sumber Pitu Malang

Air Terjun ini sendiri berada di jalur Kota Batu-Malang-Kediri. Destinasi wisata keren di Malang ini sejalur dengan air terjun paling terkenal di Malang, yaitu air terjun Coban Rondo. Kedua air terjun ini memang berada dalam satu gugusan pegunungan yang sama.

 

Rute Menuju Air Terjun Sumber Pitu

Secara administratif, air terjun ini berada di desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Rute Menuju Air Terjun Sumber Pitu

Untuk menuju Air Terjun ini rute yang kamu lalui cukup mudah. Dari pusat Kota Malang, kamu cukup mengambil arah ke Kota Batu, dari Kota Batu, kamu bisa ambil arah ke Kediri, lurus saja sampai bertemu pertigaan Ringin Punden, yang terdapat sebuah patung sapi di tengahnya. Dari sana kamu bisa langsung menuju desa Pujon Kidul.

 

Keindahan Alam Air Terjun Sumber Pitu Malang

Setelah melalui perjalanan panjang menuju Desa Sumber Pitu, kamu masih harus berjuang lagi untuk mencapai coban ini. Dari gerbang masuk kamu harus melewati perkebunan sayur milik warga dan hutan hutan milik Perhutani yang akan menjadi teman trekkingmu sejauh 3 kilometer.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan berupa para petani lokal yang sedang memetik hasil kebunnya. Setelah melewati perkebunan warga, kamu akan disuguhkan jalan setapak kecil di kawasan hutan milik Perhutani, dimana Air Terjun ini berada.

Keindahan Alam Air Terjun Sumber Pitu Malang

Suara gemericik air terjun akan memanjakan pendengaranmu ketika sudah mendekati areal air terjun. Dan, kamu juga akan menemui aliran sungai yang bersumber dari Air Terjun Sumber Pitu. 100 meter dari air terjun, kamu masih harus sedikit mendaki lagi untuk mencapai air terjun utama. Kamu harus sangat hati-hati disini,karena kontur tanahnya sangat licin. Di kawasan air terjun pun sudah ada beberapa petugas yang bertugas mengawasi pengunjung. Ada juga beberapa pagar bambu yang bisa digunakan untuk sekedar berpegangan.

Keindahan Alam

Segala lelahmu dalam perjalanan akan sirna ketika air yang jatuh dari tebing menyiram tubuhmu dari atas tebing. Kamu akan merasakan suasana yang tenang, damai, dan dingin pegunungan.

Kamu juga akan menyaksikan 7 titik air terjun yang menjadi asal muasal nama Air Terjun ini. Kamu pun bisa datang kesini kapan saja, bahkan di musim kemarau. Karena aliran air dari atas tebing masih mengalir, meskipun tak sederas ketika musim penghujan.

 

.

Bagaimana, apakah pesona Air Terjun di Malang ini sudah menggerakkan hatimu untuk pergi ke Malang ? Liburan ke seru ke Malang, percayakan saja pada Labiru. Ahlinya liburan mudah dan menyenangkan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda