Jika kemarin kuil dan vihara, sekarang saatnya gereja. Kali ini kemana lagi bangunan unik ini akan membawamu terbang serasa di Negara luar? Gereja Annai Velangkanni jawabannya.

Kota yang penuh toleransi, menawarkan begitu banyak keanekaragaman dalam satu perpaduan keindahan yang disuguhkan. Medan menyajikan begitu banyak keindahan bangunan yang ada di dalam satu kota di Indonesia, gambaran kerukunan dari berbagai bangunan yang merupakan tempat peribadatan.

Perjalanan ke berbagai Negara belum selesai sampai di vihara saja, lanjut ke Negara berikutnya yuk lihat keunikan Gereja Annai Velangkanni yang hanya ada dua di Dunia ini.

Keunikan Gereja Annai Velangkanni, Gereja Berbentuk Seperti Kuil?

Dari kejauhan saat bahkan kamu belum sampai ke Gereja Annai Velangkanni ini kamu sudah dapat melihat bangunan menjulang tinggi. Gereja Annai Velangkanni terinspirasi dari arsitektur Indo-mogul yang serupa dengan bangunan arsitektur kuil Hindu.

Interior Gereja Annai Velangkanni

Interior Gereja Annai Velangkanni

Bingung kan ini gereja atau kuil sih sebenarnya?

Kamu akan lebih bingung saat kamu memasuki bangunan dasar Gereja Annai Velangkanni ini, karena arsitektur bangunan dasar memiliki arsitektur Islam. Berbentuk seperti masjid terbuka yang digunakan sebagai ruang aula. Nah lo tambah bingung kan?

Tidak berhenti di situ tentang keunikan bangunan ini. Saat kamu memasuki gereja ini, kamu akan melihat bangunan di depan gereja yang menampilkan bangunan mini inkulturatif khas Sumatera Utara dengan rumah tradisional Batak di atas gapuranya.

Sudah kuil, masjid, sekarang rumah adat? Wah bagaimana dengan bangunan dalamnya ya?

Masuk ke dalam gereja, kesan kuil India langsung luruh. Karena tidak ada patung dewa dewi terpajang di sini, melainkan patung santo dengan berbagai ekspresi. Selain itu kursi-kursi yang tertata rapi mengganti suasana lesehan yang biasa terdapat dalam kuil. Suasana ini semakin membuat kamu menyadari bahwa bangunan ini sepenuhnya gereja.

Rute Gereja Annai Velangkanni

Ruang peribadatan di dalam Gereja

Di sini kamu akan menemukan ornamen yang sangat indah, ada juga tulisan Cina di dalam gereja, katanya biar yang datang ke sini berasa di rumah sendiri. Sebenarnya terdapat 4 bahasa yang tertuliskan di dalam gereja yaitu, Indonesia, Inggris, Cina, dan India.

Masih ada lagi nih keunikan yang lain dari gereja ini, salah satunya ialah mukjizat yang terjadi saat pembangunan gereja ini. Penasarankan apa sih itu?

Uang Dan Alkitab Yang Tidak Terbakar

Jadi ada cerita yang sedikit mustahil dari pembangunan gereja ini. Yaitu saat rumah pastor yang memegang uang untuk pembangunan gereja ini terbakar habis.

Saat sedang mencari barang-barang yang tersisa dari kebakaran, ia menemukan bahwa dua alkitab dan uang yang ada di dalamnya untuk membangun gereja ini tidak ikut terbakar dan masih utuh. Wah merinding juga ya, masih ada hal-hal seperti ini yang bisa benar-benar terjadi.

Cerita dari kejadian ini juga bisa kamu baca dan temukan di dalam gereja. Jadi buat kamu yang penasaran dengan lengkap cerita bisa tuh sambil berwisata dan memenuhi rasa ingin tahu datang langsung ke gereja ini.

Eitsss tunggu dulu, saat membicarakan keunikan dan keajaiban dari gereja ini tidak bisa berhenti sampai di situ saja. Hal satu ini juga tidak boleh ketinggalan nih

Mata Air Suci (Holly Water) yang Boleh Langsung Diminum?

Keunikan terakhir yang tidak bisa kamu lewatkan jika membicarakan gereja ini adalah mata air suci yang berada di gereja ini. Keajaiban ini terjadi setelah satu Minggu pemberkatan gereja, di sisi bangunan gereja di temukan sumber mata air di bawah kapel yang bisa diminum.

Wah memangnya aman untuk di minum?

Tenang saja karena air di sini sudah di uji oleh PDAM Tirtanadi di Medan, jadi tidak usah khawatir air ini sudah aman untuk diminum. Selain aman untuk langsung diminum, air ini di percaya membawa berkah.

Holy water Gereja Annai Velangkanni

Ruang Holy Water di dalam gereja

Awal ditemukannya mata air ini, bermula saat lantai dibawah patung Maria yang tiba-tiba mengeluarkan air dan pengurus gereja yang tidak tahu dari mana asalnya.

Air yang keluar pun bersih, jernih dan tidak berbau, kemudian oleh pengurus gereja langsung dibawa ke PDAM Tirtanadi dan dinyatakan bahwa air tersebut berasal dari mata air dan boleh diminum langsung tanpa harus dimasak dulu.

Keren ya, ada-ada saja cerita di balik sebuah peristiwa.

 

Itulah beberapa keunikan yang dapat kamu temukan saat kamu mengunjungi gereja Annai Velangkanni ini. Sudah membuatmu merasakan sedang di luar negeri ditambah dengan keunikan-keunikan yang bisa kamu temui di sini, lengkap bukan? Tunggu apa lagi? Yuk terbang langsung ke Medan!

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan Akhir Tahun kamu bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda