Belajar Membatik di Jogja – Tahun 2009 silam, batik resmi diakui UNESCO menjadi salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Menyusul kebudayaan Indonesia lainnya yang sudah melejit di kelas Internasional.

Seperti Wayang, Keris, Angklung, Pulau Komodo, Candi Borobudur, dan masih banyak lain sebagainya, yang memang terlebih dahulu terkenal dan di akui kelas Internasional.

Membatik memang tidak mudah, butuh ketelitian, ketelatenan, dan tangan terlatih. Kamu akan berulang kali mencoba, menggoreskan motif dengan canting yang sudah tertampung malam.

Kamu memang tidak akan langsung menghasilkan goresan yang bagus, pasti masih ada yang melenceng dari motif, karena memang lumayan sulit. Tapi, dijamin akan membuatmu semakin penasaran.

Berikut beberapa alasan mengapa anak muda wajib mencoba untuk belajar membatik di jogja.

belajar membatik di jogja

 

Katanya Sih Jiwa Muda Itu yang Suka Tantangan, Alasan Belajar Membatik di Jogja

Sebuah tantangan tidak selamanya soal berpetualang yang memacu adrenalin. Mencoba hal-hal baru juga bagian dari tantangan.

Mencoba belajar membatik di jogja merupakan hal baru untuk kebanyakan orang. Dan mungkin termasuk kamu. Tidak semua orang bisa sukses saat pertama kali membatik.

Tanganmu harus luwes dan membiasakan diri menggores malam dengan canting. Memang membutuhkan kesabaran ekstra, karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat sehelai kain tidaklah singkat.

Justru lama pembuatan dan dibutuhkan kesabaran inilah yang akan membuatmu tertantang untuk bisa menyelesaikannya, karena setelah tahu hasilnya, dijamin kamu akan ketagihan.

 

Belajar Membatik di Jogja, Kamu Sedang Mengikuti Trend Internasional

Batik saat ini sudah sangat terkenal di kancah internasional, banyak selebritas dunia yang dengan bangga menggunakan baju dengan motif batik.

Seorang tokoh dunia seperti Nelson Mandela saja termasuk orang yang begitu menyukai batik. Jadi kamu memang sudah sepatutnya berbangga dengan budaya batik kita ini.

Atau lebih tepatnya, harus lebih bangga lagi, karena di Indonesia, Jogja misalnya, kamu bisa belajar dan membatik dengan tanganmu sendiri.

belajar membatik di jogja

 

Kamu Bisa Melatih Kreativitas

Anak muda biasanya berada pada masa ingin coba-coba, itulah kenapa kamu juga harus mencoba membatik ini.

Karena saat kamu belajar membatik di Jogja, kamu akan diberi kesempatan untuk berkreasi tanpa batas sesuai imajinasimu.

Saat pertama kamu belajar membatik, kamu tidak akan dituntut untuk mengikuti motif yang rumit. Kamu justru akan ditawarkan untuk membentuk motif sendiri.

Pasti akan sangat mengasyikan bukan, jika kamu bisa membubuhkan buah kreativitasmu saat membatik seperti ini.

 

Membatik Membuatmu Menjadi Anak Muda Yang Special

Pengrajin batik rata-rata adalah ibu-ibu berusia 35 tahun, bahkan kamu bisa menemui banyak pengrajin di Jogja yang berasal dari kalangan dewasa hingga lanjut usia.

Jika kamu belajar membatik dan mulai menekuninya sebagai seorang pengrajin, itu akan membuatmu menjadi anak muda yang lain dari kebanyakan anak muda seusiamu.

Kamu akan tampak berbeda mempelajari hal yang jarang dipikirkan oleh teman sebayamu. Dikalangan anak muda yang sibuk dengan gadget, bermain inline skate, dan bermode kebarat-baratan.

Tapi, kamu tetap konsisten dengan warisan budayamu yang begitu membanggakan ini, yang pasti kamu akan menjadi anak muda anti mainstream.

 

Belajar Membatik Berarti Kamu Turut Andil Dalam Melestarikan Warisan Budaya Bangsa dan Dunia

Setiap warisan budaya yang tidak dilestarikan pasti akan ada waktunya untuk habis masa kejayaannya, begitu juga dengan keberadaan batik.

Jika masyarakat Indonesia sendiri tidak berinovasi dan produktif, maka keberadaan batik pun bisa perlahan-perlahan redup.

Belajar membatik merupakan suatu kesempatan yang bisa kamu lakukan untuk turut ambil bagian dalam melestarikan dan mengharumkan budaya bangsa.

Minimal, kamu bisa memulainya dari tahap mau belajar. Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

.

Nah, itu dia alasan paling heboh, kenapa kamu harus belajar membatik saat kamu berada di Jogja. Bagaimana, banyak sekali alasan yang semakin membuatmu ingin mencoba mempelajarinya, bukan?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda