Bukit Pergasingan – Pulau Lombok semakin terkenal di kalangan wisatawan. Tak hanya oleh wisatawan lokal, Lombok juga semakin terkenal di kalangan wisatawan asing. Banyak tempat wisata di Lombok semakin naik daun. Salah satu destinasi wisata yang mulai terkenal di Lombok adalah Bukit Pergasingan, Lombok Timur. Bukit dekat Gunung Rinjani yang sangat indah. 

Lalu seindah apa sih Bukit Pergasingan, sehingga kamu harus datang kesana ? Yuk, simak ulasan Labiru berikut ini. 

Lokasi Bukit Pergasingan

Bukit ini terletak tak jauh dari dari Gunung Rinjani. Tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Untuk menuju Sembalun, dari kota Mataram, kamu bisa menempuh 2-3 jam perjalanan. Ketika sampai disana, kamu akan disambut dengan tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak jauh dari pintu masuk, kamu sudah bisa mulai mendaki ke Bukit Pergasingan. Untuk bisa mendaki di Bukit ini, kamu harus membayar tiket sebesar Rp 15.000 kepada pengelola. Tak mahal bukan ? 

Lokasi Bukit Pergasingan

Untuk memulai pendakian dari pintu rimba, kamu bisa memilih dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan ojek motor. Alternatif yang bisa kamu pilih lain adalah menyewa mobil jenis pickup dari warga setempat. Namun, pilihan terbaik tetap menggunakan kendaraan pribadi. 

Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif Keren Selain Gunung Rinjani

Bukit Pergasingan, yang terletak di daerah Lombok Timur ini memiliki pemandangan yang sangat menawan. Bukit ini sering dijadikan sebagai ajang latihan sebelum para pendaki naik ke Gunung Rinjani. Tak sedikit pula para pendaki yang menjadikan gunung ini sebagai alternatif ketika Gunung Rinjani sedang ditutup untuk pendakian. 

Memulai Pendakian

Memiliki ketinggian 1.700 mdpl, kamu bisa melihat Gunung Rinjani yang berdiri kokoh di depannya. Jadi, kalau kamu merasa belum mampu untuk mendaki Gunung Rinjani mendaki Bukit ini bisa menjadi alternatif yang ampuh sebelum merasakan sensasi mendaki Rinjani. 

Memulai Pendakian

Pendakian di Bukit Pergasingan tak sesulit seperti mendaki gunung biasa. Kamu akan dimudahkan oleh keberadaan ratusan anak tangga, lalu masuk jalur tanah berbatu. Tantangan yang akan kalian dapatkan disini adalah kemiringannya yang mencapai 60-70 derajat. 

Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif Keren Selain Gunung Rinjani

Bukit ini bisa dibilang memiliki keindahan yang tak kalah dengan bukit lain yang sejenis. Pemandangan yang bisa kamu lihat sepanjang pendakian pun sangat bervariasi. Di puncaknya, kamu bisa menyaksikan pemandangan persawahan yang berpola kotak-kotak. Lalu, Gunung Rinjani yang berdiri kokoh seolah menantangmu untuk mendakinya. Tak ketinggalan pula pemukiman warga Desa Sembalun dengan aktivitas penduduknya yang tenang, hingga sajian lanskap perbukitan yang begitu indah. 

Kamu harus tahu, bahwa Desa Sembalun yang merupakan tempat dimana gunung ini berada memiliki ketinggian 1.100 meter dari atas permukaan air laut. Sedangkan Bukit ini memiliki ketinggian 1.700 meter dari atas permukaan air laut. Kamu tak perlu mendaki terlalu tinggi untuk ini.  

Meskipun memiliki ketinggian yang tergolong rendah, Tetap dibutuhkan stamina prima untuk bisa sampai ke atas puncak bukit di Lombok Timur ini. Kamu tentu tak mau kan, kelelahan ketika mendaki gunung ini ?  

Sebelum mendaki ke Bukit ini, kamu harus tahu dulu tentang apa saja pantangan yang harus kamu hindari selama berada di sini. Jangan mengeluh, tidak boleh berkata-kata kotor, dan yang paling penting, tidak membuang sampah sembarangan. Bawa turun sampahmu, agar bukit cantik ini tetap indah sampai nanti.

.

Inilah Bukit Pergasingan, sebuah bukit indah yang berada di dekat Gunung Rinjani, yang bisa kamu datangi ketika berada di Lombok. Mau liburan mudah dan menyenangkan di Lombok ? Percayakan kepada Labiru. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda