Tahukah kamu di Jawa ada sebuah candi yang mirip dengan piramida Chichen Itza Suku Maya? Yups candi itu adalah Candi Sukuh di Karanganyar, tepatnya berada di lereng Gunung Lawu.

Bentuknya yang unik dan mirip seperti kuil piramida Chichen Itza, Meksiko namun dengan ukuran yang lebih kecil. Candi ini akan membuatmu berdecak kagum.

Bagaimana bisa Candi Sukuh memiliki kemiripan bentuk dengan kuil piramida Chichen Itza di Meksiko, padahal kedua bangunan tersebut dipisahkan dengan jarak ribuan kilometer? Apakah mungkin ada semacam kerja sama antara perancang kedua bangunan tersebut? Atau mungkin kedua bangunan tersebut dibangun oleh orang yang belajar dari guru yang sama? Atau bahkan Suku Maya sendirilah yang membangun Candi Sukuh? Banyak sekali misteri yang tersebar di kalangan masyarakat mengenai Candi ini. Namun semuanya hanya sebatas cerita yang belum terbukti kebenarannya.

Lokasi candi Sukuh

Tampak depan Candi Sukuh yang mirip dengan Piramida Chicen Itza

 Keunikan Candi Sukuh

Jika kamu berkunjung ke Jogja atau Solo, tidak ada salahnya untuk mampir dan mengunjungi Candi Hindu yang unik ini. Kamu bisa menikmati candi dengan keunikan bentuk bangunan, relief, serta patung-patung yang ada di sana sekaligus menikmati udara segar lereng Gunung Lawu.

Keunikan Candi Sukuh

Relief Lingga dan Yoni

Tapi jangan kaget jika kamu melihat relief atau patung yang menggambarkan hubungan badan manusia. Hubungan badan manusia dalam bentuk patung ataupun lingga dan yoni. Relief dan patung-patung tersebut sebenarnya menggambarkan tentang kesuburan dan penciptaan manusia.

Candi ini memang masih menjadi misteri yang menarik untuk dipelajari. Candi yang dianggap nyeleneh karena berbeda dengan candi – candi lainnya ini memang patut kamu kunjungi jika kamu berkunjung ke Solo atau Jogja. Selain karena kamu bisa belajar mengenai candi dan reliefnya kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Candi yang unik dan berpose ┬áseakan-akan kamu berada di kuil piramida Chichen Itza di Meksiko.

 

Kamu yang mau berkunjung ke Candi Sukuh, bisa berkonsultasi dengan tim Labiru Tour untuk mendapatkan pengalaman seru saat liburan ke Candi Sukuh ini. Hubungi CS Labiru Tour di 0823-1405-7888.

Artikel Lain

0    175
Makin Pintar dengan Mampir di 7 Museum...

Museum saat ini sering di cap sebagai tempat liburan...

0    635
Gunung Kelimutu, Sebuah Gunung Legendaris...

Jika selama ini orang-orang mengidentikkan Nusa...

0    330
Habiskan Akhir Pekan Romantis Bersama...

Liburan romantis di Karimunjawa bersama pasangan...

Tinggalkan Komentar Anda