Curug Kembang Soka – Panorama indah yang disuguhkan oleh bagian lain dari Yogyakarta. Daerah Kabupaten Kulon Progo mempunyai banyak keindahan tersembunyi yang patut kamu kunjungi.

Kawasan wisata dengan beragam ciri khasnya, selalu memiliki cerita mengenai keindahan panorama alamnya.

Dan salah satu kawasan dengan panorama indah yang begitu menawan adalah Air Terjun Kembang Soka. Surga tersembunyi di Yogyakarta yang begitu mempesona.

Air terjun yang berada pada posisi tertinggi di antara lokasi air terjun lain di sekitarnya ini memiliki tumpahan air yang begitu jernih dan indah seperti surga yang menyapa pandangan mata.

Kembang Soka memiliki beberapa kisah unik dan menarik yang akan membuatmu semakin ingin mengunjungi destinasi ini.

Penasaran, kan? Berikut beberapa ulasan mengenai air terjun cantik di Yogyakarta ini. Untuk kamu yang sedang menimbang untuk liburan. Simak sampai habis ya, semoga bermanfaat.

 

Kunikan Kisah yang Dulunya Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

Terletak di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Curug Kembang Soka memiliki sejarah yang menarik jika diulik

Nama Kembang Soka sendiri diambil dari nama pohon yang masih banyak terdapat di sekitar air terjun ini, pohon Soka.

Konon pada zaman dulu dari cerita para leluhur di desa tersebut, air terjun Kembang Soka ini bisa menyembuhkan orang dari berbagai macam penyakit.

Curug Kembang Soka

Dahulu, jika ada anak-anak sakit, mereka hanya akan dimandikan di bawah air terjun Kembang Soka ini, oleh orang tua mereka. Dan ajaibnya setelah dimandikan, anak-anak kecil tersebut langsung sembuh.

Bahkan, dulu banyak juga warga dari luar desa yang datang ke air terjun ini untuk mengambil air dari air terjun Kembang Soka untuk penyembuhan.

Dengan banyaknya yang membuktikan mengenai air terjun ini yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, itulah awalnya air terjun ini mulai banyak di datangi oleh pengunjung.

 

Pemandangan Indah Curug Kembang Soka Dengan Kolam Kabutnya

Keindahan air terjun dengan batuan besar yang berada tepat di tengah kawasan air terjun, menjadi daya tarik tersendiri air terjun ini.

Letaknya yang berada di kawasan lereng bukit Menoreh membuat udara di sini juga begitu sejuk dan segar.

Warna bebatuan terang kekuningan yang bermunculan dari dasar sungainya, menambah keindahan yang dipancarkan oleh air terjun Kembang Soka ini.

Ditambah lagi dengan air yang jernih mengalir jatuh menghasilkan percikan buih-buih air yang segar. Kamu bisa mandi dan bermain air sepuasnya di sini.

Di sekitar air terjun Kembang Soka ini, kamu juga bisa menemukan sebuah tebing batuan yang unik, tebing tersebut mempunyai warna merah tua.

Jika tersorot sinar matahari, tebing batuan ini akan menjadi lebih merah dari kejauhan. Ternyata fenomena ini dikarenakan batuan merah tersebut mengandung Batu Bara muda.

Uniknya lagi saat musim hujan tiba dan tebing batuan ini terkena air, ia akan menjadi lebih mengeras, tetapi jika ia terkena sinar matahari saat musim kemarau tiba, ia akan menjadi lebih lunak.

Bahkan bisa sampai hancur dan mengkristal menjadi kecil-kecil.

Keunikan kisah dan juga pemandangan indah yang bisa kamu temukan saat mengunjungi air terjun ini, membuat air terjun ini semakin banyak dikunjungi dan menjadi destinasi wisata yang banyak dicari.

 

Ada Mata Air Yang Bisa Langsung Diminum

Masih belum berakhir, alasan kamu harus mengunjungi air terjun ini bertambah lagi, karena di air terjun Kembang Soka ini kamu juga bisa menemukan sebuah mata air alami.

Kamu bisa menemukan mata air ini di tingkat paling atas Curug Kembang Soka ini. Mata air inilah yang menjadi sumber airnya Kembang Soka.

Curug Kembang Soka

Mata air pertama yang bisa kamu temui adalah Mata Air Jaran, dan mata air kedua yang bisa kamu temui di bagian lebih atas sedikit yaitu mata air kembang soka.

Kedua mata air ini sangat terjaga, dan mata air yang keluar dari tanah yang cukup deras ini bisa langsung kamu minum.

.

Nah itu dia keunikan dan keindahan yang akan kamu dapatkan saat kamu mengunjungi destinasi super cantik ini.

Bagaimana, sudah memantapkan pilihan pada air terjun kembang Soka ini untuk liburan akhir pekan? Selamat berlibur.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda