Tour Semarang – Pegunungan Ungaran memiliki pesona alam yang menakjubkan, salah satu anugerah alam tersembunyi yang terungkap di kawasan ini adalah kehadiran Curug Semirang. 

Curug Semirang cocok banget lho dikunjungi oleh kamu si pecinta alam. Selain karena pemandangan alamnya yang memikat, curug ini bisa menjadi awal mula petualangan serumu bersama teman atau pasangan. Asyik bukan?

Curug Semirang bukan hanya merupakan aliran air terjun yang jatuh dengan menakjubkan. Namun juga menjadi salah satu tempat yang menawarkan ketenangan dan keanggunan alam pegunungan.

Tertarik untuk datang berkunjung? Simak artikel ini agar kamu semakin mengetahui seputar Curug Semirang ya!

 

 

Tentang Curug Semirang

Credit: Badan Otorita Borobudur

Curug Semirang adalah salah satu wisata air terjun yang ada di Semarang. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Area curug ini dipenuhi dengan pepohonan pinus yang menambahkan kesan asri dan sejuk. 

Selain menjadi destinasi wisata alam, curug ini juga menjadi tempat yang dikelola sebagai wisata buatan. Salah satunya adalah kolam renang yang terletak di antara pepohonan. Bisa kamu bayangkan bukan di balik indahnya tempat ini tentu menyuguhkan kesejukan yang tiada tara? 

Suara gemericik air di sini akan membuat kamu tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota. Selain terkenal dengan wisata alamnya, kamu juga bisa menemukan tempat-tempat lain di kawasan ini karena di sini juga ada cafe dan bisa dijadikan tempat camping juga.

Uniknya, Curug Semirang ini menjadi salah satu kawasan yang berada di dalam kawasan hutan lindung dengan luas 10 hektar. Wow, menakjubkan, kan?

 

Mitos

Destinasi wisata alam tentu tidak jauh dari beredarnya cerita legenda, mitos atau misterinya yang disebarkan melalui mulut ke mulut. Sama halnya dengan Curug Semirang yang juga memiliki mitos tersendiri.

Mitos yang beredar adalah curug ini merupakan tempat persemedian sepasang suami istri di lereng bukit Ungaran. 

Kisah ini berawal ketika suami yang mengharuskan melaksanakan amanat seorang ayah dari istrinya untuk mencari bunga kalacika dan lanceng putih. Karena sang suami bingung ingin mencari dimana, akhirnya dia melakukan semedi di Puncak Bukit. 

Beda halnya dengan sang suami, sang istri malah harus mengalami gangguan dari jin. Hingga akhirnya ia melarikan diri ke sebuah lereng bukit yang terpisah oleh jurang. Dan pada akhirnya sang istri terjerumus ke sebuah jurang dan dibantu oleh seorang laki-laki yang menolongnya.

Bisa kamu tebak kan kelanjutan kisahnya? Ya, betul, ternyata yang menolongnya adalah sang suami. Hingga akhirnya suami istri tersebut melakukan semedi di lokasi air terjun sampai mendapatkan bunga kalacika.

 

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Semarang Baru Hits

 

 

Aktivitas 

Credit: Badan Otorita Borobudur

Selain menikmati keindahan pemandangan, kesejukan udara dan suasana curug yang tenang, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di sini.

Kamu bisa berenang di kolam renang atau di air terjunnya. Jika kamu berenang di kolam renang ini, kesan yang diberikan tentu berbeda dari kolam renang lainnya, karena di sini memberikan kesan hutan yang teduh dari pepohonan.

Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan momen berfoto di beberapa sudut tempat. Tapi selain itu kamu juga tetap harus menjaga keamanan untuk tidak melewati batas yang sudah ditentukan.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kamu juga bisa camping di sini lho, karena tidak jauh dari air terjun ada bumi perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk bermalam menikmati indahnya alam.

 

Lokasi dan Akses

Kamu ingin mengunjungi curug ini? Curug Semirang ini berlokasi di Dusun Gintungan, Kecamatan Ungaran Barat. Akses menuju tempat juga sudah mudah dan bisa menggunakan maps untuk menuju kesini. 

Untuk mencapai air terjun ini, kamu perlu melakukan trekking yang mengikuti papan petunjuk, atau kamu bisa trekking menyusuri hutan dengan jalan setapak yang dikelilingi hutan pinus.

Dengan melakukan trekking ini kamu akan melihat keindahan alam yang ditawarkan sepanjang jalan. Dan saat mencapai air terjun ini kamu akan merasakan pesona keindahan alam yang nyata.

 

Jam operasional dan Harga Tiket Masuk

Kamu bisa mengunjungi tempat ini kapan saja dan bisa datang dimulai pukul 08.00 hingga 16.00WIB. Dan harga tiket masuknya pun masih terjangkau dan ramah di kantong lho, karena kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000,00 untuk bisa berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas umum  yang disediakan juga sudah lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir. untuk berwisata ke sini. Fasilitasnya diantara yaitu toilet, kamar mandi bilas, kamar ganti, mushola dan tempat parkir yang memadai untuk pengunjung. 

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang