Keindahan Pulau Belitung memang tidak ada habisnya, alam memang berpihak pada pulau berumpun Melayu ini. Belitung, Negeri Laskar Pelangi tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Pulau ini juga terkenal dengan tambang timahnya, dan kali ini kamu bisa menuju salah satu destinasi bekas tambangan timah di Belitung Timur, Danau Open Pit namanya.

Untuk menuju ke Danau ini kamu akan melewati jalur yang menantang, kamu akan melewati jalur hutan, lihat kanan kiri hanya ada pepohonan dengan jalanan setapak.

Kamu juga akan melewati danau Ki’kara, danau buatan masyarakat yang cukup luas ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar.

Tak hanya pantainya saja, jalanan dengan rumput-rumput ini pun tidak kalah serunya untuk kamu explore, ditambah dengan pemandangan di perjalanan ini tidak mengecewakan, background bukit-bukit dibelakang akan jadi pemanis perjalananmu menuju Danau Open Pit.

Memasuki Kawasan Danau 25 Level di Danau Open Pit

Nah ini dia, kamu sudah memasuki kawasan Danau Open Pit.

Kawasan Danau 25 level, Open Pit

Sudah sekitar puluhan tahun, salah satu lokasi di kecamatan Kelapa Kampit kabupaten Belitung Timur, yaitu Danau Open Pit Bukit Ki’kara ini dijadikan galian tambang timah.

Open pit saat ini sudah ditinggalkan oleh para investor penambangan timah namun bekasnya tidak bisa dihilangkan. Bekas penambangan timah meninggalkan bekas penambangan dengan sistem terbuka dan jadilah disebut dengan Danau Open Pit.

Menikmati Keindahan Dengan Pengalaman Menantang

Danau bernama danau Open Pit ini memiliki mitos daerah yang bisa kamu percaya atau tidak,. Yang pasti bisa kamu lakukan hanya untuk seru-seruan saat di sini.

Mitos di danau ini adalah dimana saat kamu berhasil melempar batu sampai masuk danau, apa yang kamu inginkan dapat terkabulkan.

Pintu Masuk Gua Danau Open Pit

Wah boleh juga dicoba!

Pemandangan danau yang memiliki kesan tersendiri ini bisa kamu nikmati lebih dekat dengan cara yang satu ini.

Rappelling di Danau Open Pit

Ya! Menikmati bekas galian dengan menuruninya seperti ini akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Sebelum kamu memulai rappelling kamu perlu memakai peralatan keamanan terlebih dahulu dari hearnes sampai helm. Aktivitas ini cocok nih buat kamu yang ingin menghilangkan rasa takut dengan aktivitas yang cukup menantang seperti ini, ingat ketakutan itu harus dilawan.

Titik Pertama 

di Danau Open Pit

Saat kamu mulai menuruni titik tebing di danau ini, kamu akan menemukan medan di tebing ini memang sedikit beda dengan tebing-tebing lain yang biasa dijadikan tempat rappelling.

Titik tebing ini memiliki kontur tebing yang sedikit lebih rapuh. Jadi kamu harus ekstra hati-hati saat menapakinya.

Pemandangan dengan perpaduan hijau di danau ini pas banget nih buat rappelling, menantang!

Titik Kedua

Disini kamu akan melewati terowongan atau lubang bekas leave dari sisa penambangan timah dulu. Keren nih lebih sulit tapi asyik!

Selain melewati medan itu, kamu juga bisa memilih medan lain yang berbeda dan lebih landai. Namun tetap dengan tujuan sama, sama-sama ingin lebih dekat dengan danaunya, iya kan?

Setelah berpetualang menuruni tebing dan menemukan satu kepuasan saat mencapai danau.

Finally…

Dari sini kamu dapat melihat bagaimana medan yang telah kamu lalui untuk mencapai lebih dekat dengan danau ini, yang kemudian menumbuhkan kesan tersendiri yang akan kamu rasakan.

Susur Gua Danau Open Pit

Meski penuh perjuangan untuk sampai lebih dekat dengan danau ini. Namun satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa bahagia itu perlu proses, bahagia itu penuh perjuangan, dan bahagia itu kita yang ciptakan.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan ke Belitung bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda