Di Sumba Barat, terdapat sebuah danau yang belakangan ini sedang menarik perhatian para wisatawan yang sedang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri namanya. Danau Weekuri berlokasi di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Peran sosial media membuat danau Weekuri menarik perhatian para traveler.

Beginilah keindahan dari Danau Weekuri dari Sumba Barat, Simak ya ulasan dari Labiru ini.

 

Keunikan Danau Weekuri

Danau Weekuri memiliki air yang berwarna hijau kebiru-biruan. Dibandingkan danau lainnya yang ada di Indonesia, Danau Weekuri memiliki air yang asin dan sedikit payau. Air asin dan payau ini terjadi karena danau ini sebenarnya adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air laut yang berada di seputaran danau.

Danau Weekuri

Air laut tersebut masuk melalui celah-celah batu karang yang berada di sekitar danau. Selain air laut yang payau, di danau ini ada beberapa sumber air yang menambah variasi gradasi warna danau ini, yaitu biru cerah dan biru kehijau-hijauan, bahkan, ada yang hangat dan dingin. Keunikan yang sangat jarang kita temui di danau lainnya di Indonesia.

 

Aktivitas Seru Di Danau Weekuri

Danau ini mempunyai air yang sangat jernih. Selain itu, Danau ini tidak terlalu dalam, sehingga masih aman untuk pengunjung yang ingin sekedar bermain air dan berenang. Lokasi danau yang tersembunyi di balik pepohonan rindang, dan rimbun semak belukar serta jauh dari keramaian kota membuat suasana di danau ini dapat mendamaikan hati siapapun yang datang kesini.

Aktivitas Seru Di Danau Weekuri

Selain dapat dinikmati dengan bermain air atau berenang, kamu juga bisa menikmati panorama Danau Weekuri dari ketinggian. Kamu hanya perlu berjalan kaki ke arah barat mengikuti suara ombak, lalu sedikit mendaki bukit karang yang menjorok ke laut lepas. Yang perlu kamu ingat, kamu harus berhati-hati ketika mendaki bukit karang ini karena sangat licin dan batuannya sangat tajam. Dari atas bukit karang ini, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Kamu bisa menikmati panorama danau dari ketinggian, sekaligus juga menyaksikan lautan biru dan ombak yang menghantam batu karang. Gugusan karang yang mengelilingi danau ini tampak seperti kolam raksasa, yang bisa membuat siapapun berdecak kagum.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau ini adalah pada waktu sekitar jam 4 sore. Di waktu ini, matahari yang mulai condong ke arah barat hingga langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke permukaan danau. Kamu juga bisa menyaksikan matahari terbenam dari puncak bukit karang. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

 

Akses Menuju Danau

Berjarak 60 kilometer dari kota Waikabubak (ibukota Sumba Barat Daya) atau dai Tambaloka (Sumba Barat Daya) kamu bisa menyewa kendaraan terlebih dahulu di Waikabubak atau Tambaloka. Kamu bisa memilih, mau menyewa mobil atau sepeda motor. Untuk biaya sewa mobil berkisar 500.000-600.000 rupiah sudah include dengan drivernya. Kalau menyewa sepeda motor, biayanya berkisar 100.000 sampai 150.000 per harinya.

wekuri lagoon

Akses menuju destinasi wisata ini masih terbilang sulit karena belum ada transportasi umum dan lokasinya yang jauh dari pusat kota. Tak ada satupun penunjuk jalan menuju destinasi wisata ini. Jadi, rajin-rajinlah untuk bertanya kepada penduduk yang kamu temui di jalan. Kondisi jalan menuju destinasi wisata ini bervariasi. Beberapa ada yang beraspal mulus, namun ada juga masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan jalan. Pada perjalanan menuju Danau Weekuri, kamu bisa melihat sebuah resor milik warga negara Prancis. Dari situ, Danau ini sudah terlihat. Kamu hanya perlu membayar seikhlasnya untuk masuk ke Danau ini.

 

.

Bagaimana, Danau Weekuri indah bukan ?  Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda