Kalau kamu mengenal Kotagede sebagai sentra kerajinan perak di jogja, Bali juga punya. Tempat itu bernama ini Desa Celuk. Desa ini terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Sebenarnya, ada apa sih di Desa Celuk ini sampai harus menjadi salah satu tempat pemberhentian kamu ketika berada di Bali. Yuk, simak ulasan Labiru berikut ini. 

 

Definisi Desa Celuk

Desa Celuk adalah salah satu desa wisata yang ada di Bali. Desa ini sangat terkenal dengan kerajinan peraknya. Desa Celuk sendiri berada di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Jadi, Desa ini berlokasi sangat dekat dengan Pasar Seni Sukawati. Salah satu pusat belanja terkenal di Bali. 

Desa ini mulai dikenal sebagai kawasan perajin perak sejak tahun 1976. Pada awalnya, hanya ada 3 keluarga yang menjadi perajin perak disini. Mereka yang membuat kerajinan perak itu lalu memajangnya di bagian depan rumahnya. Saat denyut pariwisata mulai terasa di Bali, dan makin banyak wisatawan yang datang ke Bali, khususnya ke Desa Celuk, banyak warga desa yang sebelumnya merupakan para petani, beralih profesi menjadi perajin perak. Hingga sekarang, hampir mayoritas warga Desa Celuk menggantungkan hidupnya dari kerajinan perak. 

Akses Lokasi ke Desa Celuk

Ketika baru memasuki wilayah desa, kamu akan melihat puluhan artshop kerajinan perak yang saling berjajar. Hampir semua artshop ini memajang dan menjual barang-barang dari kerajinan perak. Kamu akan melihat banyak kerajinan perak yang dipajang di rak-rak kaca. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Ini dilakukan untuk dipamerkan kepada para turis yang datang kesini. Dan antara satu artshop satu dengan artshop lain, barang kerajinan yang dipamerkan pun tak sama dan sangat beragam. Jenis barangnya pun beragam, antara lain perhiasan, peralatan dapur, berbagai macam hiasan, hingga aneka pajangan yang unik. 

Harga kerajinan perak tersebut bermacam-macam, karena tergantung dari jenis, bentuk ukuran besar kecilnya kerajinan tersebut. Harga termurah disini berkisar Rp 30.000 sampai dengan yang termahal mencapai Rp 10 juta, biasanya berupa perhiasan dan pajangan yang berukuran besar dan rumit. 

 

Akses Lokasi ke Desa Celuk

Akses menuju desa ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mengendarai kendaraan bermotor karena tak terlalu jauh karena hanya berjarak 8 kilometer dari Kota Denpasar, Ibukota Bali. Dari arah Kota Denpasar, desa ini berlokasi sebelum Pasar Seni Sukawati.

Definisi Desa Celuk

 

Boleh Menawar Meskipun Ada label Harganya

Kerajinan perak yang dijual di Desa ini biasanya sudah diberi label harga. Meskipun begitu, kamu sebagai pembeli masih bisa menawar. Jadi meskipun barang yang kamu beli sudah tertera label harganya, kamu masih bisa membawa pulang kerajinan perak khas Desa Celuk ini sampai setengah harga. 

Boleh Menawar Meskipun Ada label Harganya

Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menyaksikan proses pembuatan kerajinan perak lho, sangat seru kan ? Ada dua metode biasanya yang dilakukan oleh para perajin perak di Desa ini, yaitu metode tradisional dan modern. Namun, tak sedikit artshop yang membuat menggabungkan kedua metode dalam proses pembuatan kerajinan peraknya. 

 

.

Liburan ke Bali tanpa berburu perak di Desa Celuk ? Liburanmu pasti terasa kurang. Liburan seru di Bali ? Percayakan hanya kepada Labiru, mudah cepat, dan menyenangkan. 

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda