Papua merupakan sebuah pulau yang berada di bagian timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea. Papua memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan mulai dari gunung-gunungnya yang megah hingga pantai-pantainya yang menawan. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Papua yaitu Raja Ampat. Namun, masih banyak tempat wisata yang menarik selain Raja Ampat di Papua. Berikut 7 tempat wisata menarik di Papua selain Raja Ampat.

  1. Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai – source: Blog Viva

Di Desa Sawinggrai ini kamu bisa melihat burung cenderawasih secara langsung di alam liar. Pemantauan cenderawasih dilakukan di rumah-rumah kayu yang telah disediakan oleh warga sekitar. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dan memberi makan ikan di sekitar dermaga.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih – source: hoteldanwisata[dot]com

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman laut terluas di Indonesia dengan spesies yang sangat beragam. Terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Di taman nasional ini kamu bisa berenang bersama hiu paus atau rhincodon typus. Selain itu kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulau di taman nasional ini. Salah stunya yaitu Pulau Mioswaar yang memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang. Lalu ada juga ada Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan pulau-pulau lainnya yang patut kamu jelajahi.

  1. Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya – source: republika[dot]co[dot]id

Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia. Di puncknya terdapat gletser atau salju abadi dan banyak pendaki yang tertarik untuk menakhlukan puncak ini.

  1. Danau Sentani

Danau Sentani – source: detikTravel

Danau ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura.  Sedikitnya sekitar 21 pulau menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini. Kamu bisa berenang, memancing, dan menikmati kuliner lezat sambil menikmati keindahan danau yang menakjubkan. Di sekitar danau ini terdapat 24 desa yang bisa kamu kunjungi dan setiap tahunnya akan diselenggarakan Festival Danau Sentani di danau ini. Kamu juga bisa menemukan lukisan batu dan sisa peninggalan Perang Dunia II di danau ini.

  1. Danau Paniai

Danau Paniai – source: WisataPeriangan

Danau Paniai disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada 30 November 2007 yang lalu. Danau dengan luas sekitar 14.5000 hektar ini berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa melihat aktivitas masyarakat sekitar yang sedang mencari ikan di danau serta pemandangan burug-burung yang memukau. Danau ini juga merupakan danau penghasil ikan tawar terbesar di Papua.

  1. Lembah Baliem

Lembah Baliem – source: Blog Viva

Suku Dani, Yali, dan Lani tinggal di lembah yang terletak di Pegunungan Jayawijaya ini. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut membuat suhu di lembah ini mencapai 10-15 derajat Celcius. Kamu bisa menikmati Festival Lembah Baliem pada bulan Agustus. Di festival ini kamu bisa menikmati tarian-tarian tradisional yang diiringi dengan musik tradisional. Selain itu juga ada lomba karapan babi antar desa dan pesta babi bakar. Kamu juga bisa membeli beragam kerajinan yang dibuat oleh penduduk sekitar.

  1. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek – source: Detik info

Di desa wisata ini kamu bisa berinteraksi denagn suku yang tinggal di pesisir. Desa ini terletak di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Rumah-rumah di desa ini terbuat dari kayu yang beratapkan jerami dan wanita-wanita sukunya biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Di desa ini kamu juga bisa menikmati snorkeling atau trekking ke telaga air asin.

Papua memang memiliki banyak sekali pesona yang bisa kamu nikmati selain Raja Ampat. selain itu juga masih banyak tempat-tempat mengagumkan yang perlu dikembangkan agar menjadi destinasi wisata yang menarik. Beberapa destinasi wisata di atas layak kamu kunjungi jika memiliki kesempatan berlibur ke Papua.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda