Event Wajib Akhir Tahun – Kegiatan tahunan berupa festival dan event merupakan salah satu andalan Indonesia dalam menarik minat wisatawan akan pariwisatanya.

Tiap tahun sejumlah wilayah di Indonesia akan mengadakan beragam festival menarik dengan berbagai tema budaya serta tradisinya.

Tahun ini kementrian pariwisata bahkan merilis daftar acara unggulan pariwisata 2019. Daftar ini kemudian bisa menjadi patokan, untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan menyaksikan berbagai festival yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2019.

Penasarankan, apa saja acara tahun ini yang masuk dalam daftar tersebut? Berikut ulasan lengkap Event Wajib Akhir Tahun ini, jangan lupa catat tanggalnya ya.

 

Event Wajib Akhir Tahun Jakarta

Java Jazz Festival

Festival musik yang rutin diadakan tiap tahun ini tentunya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Java Jazz tahun ini akan diadakan antara 1-3 Maret 2019 di Jakarta.

Bisa dipastikan akan ada sesuatu yang lebih megah, dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya di Java Jazz tahun ini.

Event Wajib Akhir Tahun

Event musik besar bagi penggemar musik ini, kerap menarik perhatian dengan mendatangkan bintang atau legenda jazz kenamaan dunia.

Dan untuk tahun ini, kamu sebagai penikmat musik akan dihibur dengan aksi panggung menarik dari band legendaris, Toto.

 

Karnaval Kemerdekaan

Karnaval Kemerdekaan Indonesia ini akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 18 Agustus mendatang.

Dalam acara ini, kamu berkesempatan menyaksikan sederet pertunjukan karnaval dengan tema kemerdekaan yang tentunya sangat luar biasa menarik.

Event Wajib Akhir Tahun

Jika kamu sedang berada di Jakarta pada bulan dan tanggal tersebut, jangan sampai lewatkan Karnaval Kemerdekaan ini ya, karena hanya ada satu tahun sekali.

 

Event Wajib Akhir Tahun Bandung

Asia Afrikan Festival

Sesuai dengan namanya, kegiatan festival ini dilakukan untuk memperingati Konferensi Asia Afrika yang pertama kali diadakan di kota Bandung.

Festival yang akan diadakan di Bandung ini, akan menyuguhkan bermacam-macam arak-arakan kostum terbaik dari Negara Asia serta Afrika yang begitu mempesona.

Event Wajib Akhir Tahun

Kamu bisa menikmati keberagaman dalam kebersamaan yang tersaji dalam arak-arakan tersebut.

Festival Asia Afrika tahun ini akan digelar pada 19 Mei 2019 mendatang. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan festival yang hanya satu tahun sekali ini ya.

 

Event Wajib Akhir Tahun Sumatera

Bintan Triathlon

Binta Triathlion adalah event besar yang merupakan kompetisi dalam ajang olahraga, seperti lari, renang, dan bersepeda.

Bagi kamu yang menyukai dengan kegiatan yang mengasah kebugaran seperti ini, kamu bisa mencobanya di event yang diadakan di Riau ini.

Jadi, kamu bisa mengikuti event ini sembari menikmati indahnya panorama Riau.

Event akbar ini akan digelar antara 7-9 Juni 2019 di Bintan Langon Resort. Triathlon tahun ini akan menjadi edisi ke-12 dan tercatat sudah diikuti lebih dari seribu peserta dari 39 negara.

Tertarik menantang diri dengan mendaftarkan kegiatan ini?

 

Event Wajib Akhir Tahun Jatim

Banyuwangi Ethno Carnival

Menyuguhkan kebhinekaan dari sebagian kecil Indonesia, Banyuwangi Ethno Carnival ini menyuguhkan perpaduan apik dan menarik dari berbagai budaya di Indonesia.

Event Wajib Akhir Tahun

Dari budaya Jawa, Madura, Bali, Palungan, hingga Osing berpadu apik dalam satu pertunjukan cantik yang begitu menarik untuk kamu nikmati.

Pada tahun ini, rencananya Banyuwangi Ethno Carnival ini akan diadakan di Taman Blambangan pada 28 Juli 2019.

Tertarik untuk menyaksikannya langsung?

 

Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival merupakan parade kreasi kostum unik yang sangat menarik untuk bisa kamu saksikan, apalagi festival ini adalah festival tahunan yang hanya diadakan setahun sekali.

Event Wajib Akhir Tahun

Rencananya pada tahun ini Jember Fashion Carnival akan diselenggarakan pada tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Kemeriahan acara tahunan ini tidak usah kamu ragukan lagi. Bahkan banyak yang membandingkannya dengan parade meriah yang ada di Rio, Brazil.

 

Event Wajib Akhir Tahun Bali

Pesta Kesenian Bali

Tidak ingin ketinggalan, Bali, pulau yang penuh dengan hiburan kebudayaan ini, juga ikut menyumbang event di daftar Acara Unggulan Pariwisata Kemenpar 2019.

Salah satu event yang akan diselenggarakan di Bali tahun ini adalah Pesta Kesenian Bali. Dari segi skala, Pesta Kesenian Bali mungkin jadi salah satu yang terbesar di daftar ini.

Event Wajib Akhir Tahun

Pelaksanaan Pesta Kesenian ini direncanakan antara 15 Juni hingga 13 Juli 2019 atau hampir satu bulan lebih.

Dalam acara ini, ribuan seniman dari penjuru Pulau Dewata akan datang, dan semua akan berkumpul di acara luar biasa ini.

Selai itu, akan ada beberapa kompetisi menarik juga, untuk menghibur para turis lokal maupun mancanegara saat acara ini diselenggarakan.

 

Sanur Village Festival

Satu lagi acara unggulan dari Pulau Dewata yang akan meramaikan daftar Acara Unggulan Pariwisata Kemenpar tahun ini yaitu, Sanur Village Festival yang akan digelar di Pantai Matahari Terbit.

Dalam kegiatan tersebut, kamu akan diajak menyaksikan beragam kreasi musik, makanan, serta atraksi seni dan budaya Bali.

Sanur Village Festival tahun ini akan diselenggarakan pada 21-25 Agustus 2019. Jika kamu sedang berada di Bali pada tanggal itu, jangan melewatkan festival ini begitu saja ya.

 

Event Wajib Akhir Tahun Jateng

Borobudur Marathon

Dalam acara Borobudur Marathon ini, kamu akan diajak berkompetisi di ajang lari marathon sembari menikmati indahnya pemandangan Candi Borobudur.

Marathon tahun ini akan diadakan pada 17 November 2019. Jika kamu ingin mengikuti event ini, pastikan siapkan fisikmu dari jauh hari ya.

Karena dalam event Borobudur Marathon ini, tidak hanya peserta lokal saja yang ikut, biasanya sederet atlet berbakat dari luar negeri pun juga mengikutinya.

 

Event Wajib Akhir Tahun Makassar

F8 Makassar

F8 Makassar merupakan istilah untuk menyebut fashion, food, fiction writer, fonts, fine art, folks, fusion, flora, fauna, dan film dalam salah satu event tahunan terbesar di Makasar ini.

Berbagai karya kreatif dari semua istilah yang disebutkan akan ditampilkan, pada festival yang tahun ini akan digelar di Pantai Losari pada 4-8 September 2019.

Untukmu warga Makassar yang menunggu festival ini, siapkan waktumu untuk menyaksikan festival tahunan ini ya.

.

Itulah sederet Event Wajib Akhir Tahun unggulan dari Kemenpar di tahun 2019 yang bisa kamu datangi sepanjang tahun ini. dari semua kegiatan yang di ulas di atas, mana saja yang ingin kamu kunjungi?

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta