Dalam bulan Desember ini banyak Festival yang di adakan untuk menutup akhir tahun ini. Banyak macam dan jenis festival yang diadakan, salah satu festival yang paling di minati adalah Festival Budaya Khas Daerah. Festival budaya khas daerah ini bisa kamu datangi dalam bulan ini. Cocok untuk kamu yang suka dan ingin mengenal budaya khas daerah. Berikut ini Labiru daftarkan 5 Festival Budaya Khas Daerah Bulan Desember, yang di Jamin bikin akhir tahun kamu makin seru!

  1. Festival Danau Toba | Festival Budaya Khas Daerah Terbesar di Sumatera Utara

Festival Danau Toba - Festival Budaya Khas Daerah Indonesia

Perform Festival Danau Toba  

Festival budaya khas daerah ini adalah acara terbesar di Sumatera Utara dan sudah berlangsung sejak 1980. Festival budaya khas daerah ini akan berlangsung pada 5-8 Desember di tahun 2018 dengan lokasi pelaksanaan acara dilakukan secara bergantian. Yaitu di Kabupaten sekawasan Danau Toba namun acara akan berpusat di sepanjang jalan Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan Dairi. Festival Danau Toba merupakan acara yang memiliki agenda beragam seperti seni tradisional, pertunjukan budaya, pariwisata, hingga kompetisi olahraga.

  1. Festival Nusa Penida Bali

Festival Budaya Khas Daerah Indonesia - Pembukaan Festival Nusa Penida Bali

Pembukaan Festival Nusa Penida Bali

Festival budaya khas daerah ini merupakan kegiatan seni budaya, pameran UKM Kuliner dan Daya Tarik Wisata di Nusa Penida. Acara ini tidak hanya berisi pertunjukan seni dan budaya saja. Namun juga ada kegiatan sport dan tidak lupa kuliner. Wisatawan akan diajak menjelajahi keindahan Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan sambil menikmati kuliner khas daerah tersebut. Sementara itu kegiatan pementasan seni budaya masyarakat Klungkung dan Nusa Penida akan diadakan dengan melibatkan para nelayan yang menjadi daya tarik utama.

  1. Batam International Culture Carnival

Festival Budaya Khas Daerah Indonesia - Perform di Batam International Culture Carnival

Perform di Batam International Culture Carnival

Hadir dengan karnaval berskala Internasional, Batam International Culture Carnival diselenggarakan dalam rangka perayaan ulang tahun Batam ke -189. Sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan Batam ke ranah Internasional dengan mengundang delegasi Negara lain untuk hadir dalam acara tersebut. Batam International Culture Carnival akan menampilkan keragaman budaya multi etnis. Seperti pertunjukan seni budaya Melayu dan kepulauan, wisata kuliner nusantara, dan parade karnaval. Pawai karnaval akan dimeriahkan oleh pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer antar bangsa.

Batam International Culture Carnival akan berlangsung di sepanjang jalan Imam Bonjol, Nagoya, Batam, pada tanggal 8-9 Desember. Acara ini juga dihadiri oleh Miss Asia dari berbagai Negara tahun lalu.

  1. Lovely Toraja

 Festival Budaya Khas Daerah Indonesia

Puncak Acara Lovely December 2017 di Makassar

Lovely Toraja yang sebelumnya bernama Lovely Desember ini merupakan program tahunan yang akan menampilkan berbagai potensi kesenian dan budaya Toraja. Kegiatan yang termasuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 ini akan diselenggarakan di Makale, ibu kota Kabupaten Tana Toraja berlangsung dari tanggal 1 sampai 31 Desember.

Ada 13 agenda kegiatan pada festival kali ini yaitu, Getaran Sukma Ilahi (1-9 Desember), Festival Kopi (8-9 Desember), Jelajah Sepeda Wisata (14-15 Desember), Kegiatan Rakyat dan Kuliner (19-20 Desember), Uji Nyali Burake atau lomba foto Tana Toraja (23 Desember), Toraja Ring Road Chrismast Day (24 Desember), Festival Tenun Toraja (26-27 Desember), Puncak Kemilau Toraja dan Natal Oikumene (28 Desember), Colour Run Toraja (29 Desember), Pentas Seni Rakyat (29 Desember), Hiburan Rakyat-Band Performance (30 Desember), Ma Barattung (31 Desember 2018), Melepas 2018 dan Menggapai 2019 (31 Desember)

  1. Festival Kora-Kora

Festival Kora-Kora Ternate, Festival Budaya Khas Daerah Indonesia

Kora-Kora kapal khas Kesultanan Ternate

Akhir Desember ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Ternate akan mengadakan festival Kora- Kora. Festival ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan Kora-Kora sebagai salah satu budaya Ternate dan juga merupakan sebuah potongan sejarah dari kota Ternate. Kora-Kora sendiri merupakan kapal khas Kesultanan Ternate yang digunakan sebagai armada berperang pada zaman dulu.

Festival Kora-Kora ini juga dilakukan dengan tujuan untuk kembali menghidupkan kembali wisata bahari Ternate. Dalam festival Kora-Kora kali ini akan ditampilkan beragama pementasan, diantaranya parade perahu kora-kora, lomba dayung perahu tradisional, dan pertunjunkan seni budaya tradisional Ternate.

 

Wah mana nih yang ingin kamu datangi? Liburan akhir tahun sekaligus melihat festival, pasti seru! Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan Akhir Tahun kamu bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda