Festival Candi di Indonesia – Wisata candi di Indonesia semakin baik pengemasannya dari tahun ke tahun. Kini, candi tak lagi menjadi peninggalan sejarah yang sepi dan jarang di kunjungi.

Beragam cara dilakukan pengelola candi untuk menggenjot angka kunjungan ke candi. Salah satu caranya adalah mengadakan festival di candi.

 

Candi mana aja sih yang rutin mengadakan Festival Candi di Indonesia ? Yuk simak daftar Labiru berikut yaa

 

Candi Arjuna | Festival Candi di Wonosobo

 

Candi Arjuna adalah salah satu komplek candi Hindu yang terletak di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Di Candi Arjuna sering diadakan event meskipun tidak sebanyak di Prambanan maupun Borobudur, namun ada satu event yang benar-benar terkenal di Indonesia, ialah Dieng Culture Festival.

Festival Candi

 

Event Dieng Culture Festival ini merupakan prosesi adat pemotongan rambut gimbal.

Setiap tahunnya, perayaan ini mendatangkan puluhan ribu pengunjungyang ingin melihat secara langsung ritual adat tersebut.

Tidak hanya ritual adat saja, pada event ini juga menyuguhkan acara lain seperti panggung musik dan penerbangan lampion.

 

 

Candi Sojiwan | Festival Candi di Klaten

 

Candi Sojiwan merupakan komplek candi Buddha yang terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Klaten, Jawa Tengah.

Candi ini letaknya dekat dengan candi Prambanan, jaraknya kurang lebih hanya duakilometer saja. Setiap tahunnya candi ini menggelar event budaya, yaitu Festival Candi Sojiwan.

Festival Candi

 

Festival kesenian Candi Sojiwan berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh ratusan seniman dan kelompok seni masyarakat dari berbagai Kabupaten  di Jawa Tengah dan DIY.

Beberapa rangkaian acara di festival ini ialah karnaval budaya, tari tradisional, karawitan, dan festival produk UKM/IKM. Tahun ini Festival Candi Sojiwan sudah memasuki tahun ke tiga.

 

 

Candi Gedong Songo

 

Candi Gedong Songo adalah candi peninggalan Hindu yang berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya, di komplek Candi Gedong Songo terdapat sembilan buah candi.

 

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran menjadikan candi ini memiliki pemandangan alam sangat indah disekitarnya.

Komplek Candi Gedong Songo ini juga dilengkapi dengan objek wisata lainnya seperti pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, wisata berkuda dan juga area perkemahan.

Festival Candi

 

Salah satu event principle diadakan di komplek candi ini ialah event Perayaan pergantian tahun atau Tahun Baru.

Pada malam tahun baru di komplek Candi Gedong Songo bakal dimeriahkan dengan ‘hujan’ kembang api. Pada hari itu, kawasan wisata candi dibuka untuk umum lebih lama.

Gelapnya suasana malam hari, dan dinginnya lereng Gunung Ungaran bukan halangan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun barunya secara spesial ini.

 

 

Candi Prambanan | Festival Candi di Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi yang dibangun pada tahun 850 Masehi ini sempat rusak parah akibat gempa bumi.

Namun, sejak tahun 1918 hingga kini dilakukan pemugaran untuk mengembalikan fungsi dan keindahannya.

 

Walaupun tidak lagi digunakan untuk tempat beribadah, namun candi Prambanan masih digunakan untuk prosesi keagamaan sampai saat ini.

Prosesi keagamaan  rutin yang diadakan setiap tahunnya di Candi ini ialah Tawur Agung Kesanga.

Tawur Agung Kesanga ialah upacara yang digelar umat Hindu di Jawa sehari jelang perayaan Nyepi

 

Upacara yang digelar setiap Hari Raya Nyepi ini tidak hanya dihadiri oleh umat Hindu saja, tetapi juga mendatangkan ratusan bahkan ribuan wisatawan yang ingin ikut menyaksikan langsung acara ini.

Tak hanya Tawur Agung saja, Candi Prambanan seringkali digunakan untuk tempat berlangsungnya event-event di Indonesia.

Contohnya, event Prambanan Heritage Festival, Prambanan Music, Art and culture, dan event lain-lainnya.

 

 

Candi Borobudur

Candi Borobudur tak hanya merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia, tapi juga dunia.Candi ini dibangun pada abad ke-9.

Keindahannya mampu menjadikan candi ini masuk kedalam salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Pada candi Borobudur terdapat sekitar 2.600 panel relief, 504 arca Buddha, dan 10tingkat undakan yang konon setiap tingkatnya melambangkan tahapan kehidupan manusia.

 

Sama halnya dengan candi Prambanan, Candi Borobudur juga sering digunakan untuk berbagai event. Mulai dari kegiatan keagamaan, budaya, fashion, olahraga dan lain-lain.

Salah satu event di Candi Borobudur yang paling terkenal ialah Borobudur Waisak.

Event ini merupakan bentuk perayaan Hari Raya Waisak oleh umat Buddha diIndonesia.

 

Pada Borobudur Waisak, acara yang sangat ditunggu-tunggu ialah pelepasan ribuan lampion ke langit.

Event ini sangat menarik perhatian ribuan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Masih banyak event lainnya yang diadakan di kawasan Candi Borobudur seperti Borobudur Marathon, Borobudur Internationa Festival,  Borobudur Culture Fest, dan lain-lain.

 

.

Itulah candi-candi di Indonesia yang rutin mengadakan festival tahunan. Sudahkah kamu mengunjungi salah satunya ?

 

Paket Wisata di Dieng

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Dieng