Pulau Gili Labak adalah pulau kecil yang mempunyai pasir putih, biru laut dan desiran ombak yang tenang. Ternyata yang mempunyai Gili bukan hanya Lombok, di Propinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Sumenep, Madura mempunyai beberapa Gili.

Salah satunya adalah Gili Labak, pulau yang berada paling ujung timur pulau Madura dan tempat wisata di Jawa Timur  ini belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga pulau ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Sedikit para wisatawan yang tahu kalau di pelosok Madura terdapat pulau cantik nan jelita. Nama pulau ini dulunya adalah pulau tikus. Karena dulunya tempat ini adalah sarang tikus.

Karena keindahan pulau ini melebihi nama aslinya (pulau tikus), Pulau ini diganti namanya menjadi Pulau Gili Labak, yang lebih enak disebut dengan dialek Madura.

 

Akses Menuju Gili Labak

Pulau ini dapat ditempuh kurang lebih2  jam dari pelabuhan kalianget, Pelabuhan yang berada di ujung timur pulau madura. Letak Pulau ini cukup tersembunyi

Luas pulaunya  hanya seluas lapangan sepakbola sehingga membutuhkan skala lebih besar untuk muncul di peta.

gili labak

Untuk menuju ke Pulau Gili Labak kamu bisa menempuhnya dengan cara menggunakan bus dari Terminal Bungurasih, Surabaya menuju Sumenep dengan jadwal keberangkatan tiap jam.

Perhentian terakhir adalah di Pelabuhan Kalianget, Sumenep dan menyewa kapal PP Kalianget – Gili Labak adalah Rp. 350.000, dengan kapasitas sekitar 15 orang. Harga ini tidak pasti, jadi pandai-pandailah menawar.

 

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Gili Labak

Bentangan pasir putih dan lautan biru dengan ombak  tenang dan pantai landai menjadikan Pulau Gili ini sangat-sangat layak untuk dikunjungi. Mempunyai pasir putih halus serta sekitar 50 meter sebelum berlabuh di bibir pantai akan disambut dengan beningnya air laut membuatmu bisa menikmati gugusan terumbu karang yang sangat indah.

gili labak

Pulau Kecil ini menjadi salah satu tempat favorit bagi penghobi snorkling ataupun diving karena Tempat Wisata di Sumenep ini mempunyai titik titik terumbu karang danbiota laut yang cukup beragam.

Tetapi untuk menikmati hobi snorkling tersebut disarankan untuk membawa sendiri alatnya, karena disana belum ada yangmenyewakan alat tersebut.

 

Fasilitas Yang Ada

Pulau Gili ini secara teritori terletak di Kecamatan talang, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Untuk fasilitas dan akomodasi di Pulau Gili Labak sangatlah jarang atau minim fasilitas.

Sehingga untuk kebutuhan makanan dan kalau menginap disarankan untuk disiapkan. Namun kamu bisa menginap di hotel di kota Sumenep untuk tempat istirahatmu.

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Lombok