Goa Rangko – Nusa Tenggara Timur benar-benar menyimpan mutiara berupa destinasi wisata yang eksotis. Tak hanya Pulau Komodo, Pulau Padar, Wae Rebo, dan Kawah Kelimutu, Provinsi yang beribukota di kota Kupang ini memiliki destinasi lain yang tak kalah keren. Salah satu destinasi keren di Nusa Tenggara Timur itu adalah Goa Rangko. 

Apa sih sebenarnya Goa Rangko itu ? Simak Ulasan Labiru berikut ini: 

Lokasi Goa Rangko

Goa Rangko adalah sebuah destinasi wisata yang berada di sebuah daratan yang menghubungkan Labuan Bajo dengan dengan Pulau Komodo. Keindahannya akan membuat siapapun terpesona dibuatnya. 

Lokasi Goa Rangko

Goa ini berada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Goa ini hanya bisa diakses menggunakan boat yang bisa kamu sewa dari Kota Labuan Bajo. Masih banyak yang belum tahu keberadaan goa cantik ini, yang terdapat mata air jernih yang menyegarkan disini. Meskipun begitu, Goa ini kini siap menyambut wisatawan yang ingin menyaksikan keindahannya. 

Goa Rangko, Oase Di Alam Flores Yang Kering

Meskipun belum banyak diekspos wisatawan, Goa ini bukanlah goa yang biasa kalian temui seperti goa lainnya. Ketika berkunjung ke Goa ini, kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan di dalam goa. Mata air yang sangat jernih seolah mengundangmu untuk segera menceburkan diri ke dalam airnya yang segar. 

Goa Rangko, Oase Di Alam Flores Yang Kering

Di dalam Goa ini, kamu akan disuguhi pemandangan dari air berwarna biru yang sangat jernih. Karena mata air Goa ini berada di dalam goa, kamu harus datang pada pukul 1-3 siang untuk bisa menikmati keindahan air berwarna biru. Karena pada waktu-waktu itulah saat terbaik sinar matahari yang menerobos masuk diantara celah-celah goa. 

Rute Menuju Goa

Perjalananmu menuju Goa Rangko akan dimulai dengan melewati sebuah jembatan yang menghubungkan kamu ke sebuah dermaga. Dari atas jembatan kamu bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang jernih, dengan dihiasi koral-koral yang cantik. Untuk menuju ke Goa ini, kamu hanya butuh waktu 15 menit dari bibir pantai. Memasuki daerah goa, kamu akan melewati sebuah hutan dan batuan goa yang licin. Oleh karena itu, di kawasan Goa ini kalian perlu kehati-hatian ekstra. 

Rute Menuju Goa

Untuk bisa sampai ke Goa ini, kamu  bisa menggunakan mobil atau motor dari Kota Labuan Bajo. Yang harus menjadi perhatianmu adalah jalan menuju tempat ini masih jelek. Karena itu disarankan untuk menggunakan mobil dengan ground clearance yang tinggi. Setelah tiba di desa Rangko, kamu bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp 300.000. Untuk menghemat biaya, kamu bisa patungan dengan wisatawan lain yang hendak menuju ke Goa ini. Kapal ini akan menjemputmu pulang dan pergi dari dan ke Goa ini. 

Kalau penginapan, kamu bisa mencarinya di daerah Labuan Bajo. Pilihan lain selain menginap di hotel, kamu bisa menginap di pemukiman warga setempat.

.

Bagaimana, apakah kamu siap untuk pergi ke Nusa Tenggara Timur dan mengunjungi Goa Rangko.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda