Grojogan Sewu – Karanganyar sebuah kabupaten yang terletak di dekat Kota Solo ini memiliki beragam destinasi yang keren. Banyak sekali destinasi wisata karen di kabupaten yang berada di kaki Gunung Lawu ini. Karena lokasinya berada di lereng gunung, destinasi wisata di Karanganyar banyak menawarkan kesegaran alami khas daerah pegunungan. Salah satu destinasi wisata keren adalah Air Terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun ini adalah salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di Tawangmangu. Lalu apa saja sih yang menarik di kawasan Grojogan Sewu ini ? Yuk simak ulasan Labiru berikut ini:

Asal-Usul Nama Grojogan Sewu

Kenapa dinamakan Grojogan Sewu ? Dinamai demikian karena debit air di air terjun ini terbilang sangat besar terutama di musim penghujan, karena itulah dinamai Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti pancuran Seribu, atau ribuan air yang jatuh kebawah. 

Asal-Usul Nama Grojogan Sewu

Ada juga versi yang mengatakan jika nama ini diambil dari nama seribu pecak, yaitu satuan jarak yang digunakan  pada zaman dahulu. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa, jadi apabila diukur, air terjun ini tingginya mencapai seribu pecak, atau seribu langkah kaki orang dewasa. Asal usulnya aja sudah keren banget, pasti ada sesuatu yang lebih menarik lagi di sini.

Kamu harus ingat ya, bahwa Air Terjun ini memiliki dua akses atau dua pintu masuk. Yaitu yang berada di atas, dan berada di bawah. Kalau kamu masuk via pintu atas, kehadiranmu bakal banyak disambut kera liar yang memang banyak berkeliaran diatas pohon di lereng Gunung Lawu. Pintu masuk atas ini biasanya dilalui oleh pengunjung yang datang ke Air Terjun ini dengan menggunakan mobil atau bus besar. Walaupun d pintu masuk bawah kamu juga bisa menjumpai kera liar, namun tak sebanyak dengan yang berada di pintu atas. 

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar

Jangan ragukan keindahan pemandangan alam yang ada di kawasan Grojogan Sewu Karanganyar ini. Dikombinasikan dengan hawa pegunungan yang asri alami dari Gunung Lawu yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah, liburanmu disini akan sangat berkesan dan tak terlupakan. 

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar

Di kawasan Air Terjun ini kamu tak hanya akan menjumpai air terjun saja. Tapi juga terdapat waterpark mini untuk anak-anak, sehingga cocok kalau kamu mengajak keluargamu berlibur ke sini. Tak hanya itu, karena sudah sangat terkenal hingga ke nusantara, fasilitas di sini juga sangat memadai. 

Setelah lelah bermain air dibawah guyuran Air Terjun, kamu bisa menikmati kuliner khas di wilayah Gunung Lawu, yaitu Sate Kelinci. Akan semakin nikmat menyantap sate kelinci ditemani secangkir kopi atau teh panas. Wuuuuh enaaak. 

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Karanganyar

Meskipun sudah menjadi destinasi wisata yang terkenal, namun harga tiket masuk ke Kawasan ini masih cukup terjangkau. Harga tiket untuk wisatawan lokal adalah Rp 15.000/orang, sedangkan untuk wisatawan asing lebih mahal, mencapai Rp 160.000/orang, beda harga yang sangat jauh sekali.

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Karanganyar

Setelah mendapatkan tiket, kamu masih harus berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter. Namun jangan khawatir, karena jalan yang akan dilalui adalah jalan berbatu yang sudah ditata rapi. Dan selama perjalanan menuju air terjun, kamu akan ditemani oleh pemandangan yang hijau menyegarkan, dan juga kicauan burung yang menenangkan. Bila beruntung, kamu bisa bertemu dengan jalak Lawu yang terkenal itu. 

Jika kamu masuk lewat pintu atas, kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak sebelum sampai di air terjun. Perjalananmu akan ditemani oleh puluhan ekor kera yang bergelantungan diatas pohon. 

Dari kejauhan, suara gemericik air yang jatuh akan menambah semangatmu untuk segera sampai di area air terjun. Sama dengan banyak objek wisata lain, AIr Terjun ini juga memiliki mitosnya sendiri. Kalau ada pasangan yang belum menikah yang melewati jembatan yang ada di kawasan ni hubungannya tak akan langgeng.

Tips Liburan ke Air Terjun Indah Karanganyar

Debit air di Air Terjun ini sangat deras. Jadi Labiru sarankan untuk tak terlalu dekat dengan ke air terjun. Oh iya, sebelum pergi ke Grojogan Sewu, pastikan kamu membawa pakaian ganti ya, untuk berjaga-jaga supaya tidak kerepotan kalau basah. Dan karena Kawasan ini adalah destinasi wisata yang cukup populer, maka pintar-pintarlah mengatur waktu berkunjung kemari. 

Tips Liburan ke Air Terjun Indah Karanganyar

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda