Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula – Mendaki gunung saat ini memang menjadi salah satu aktivitas liburan yang kian digemari, khususnya oleh kalangan anak muda. Apa kamu juga termasuk salah satunya?

Tidak hanya akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang mengagumkan, mendaki gunung juga dipercaya bisa membentuk fisik dan mental yang lebih kuat untuk menjalani hidup. Nah, untuk kamu yang baru akan berniat melakukan sebuah pendakian, sebaiknya kamu pilih gunung dengan ketinggian di bawah 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu curam.

Berikut rekomendasi Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula di Indonesia yang bisa kamu coba untuk pertama kalinya.

 

Gunung Batur, Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula di Bali

Gunung yang berada di kawasan Bangli ini memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut. Gunung Batur ini termasuk dalam bagian dari Cincin Api Nusantara. Durasi yang kamu butuhkan untuk perjalanan menuju puncak, hanya sekitar tiga jam saja. Dan kamu juga akan mendaki dengan jalur yang cukup rapi dan mudah. Sangat cocok untuk pendaki pemula, yang masih belum terbiasa dengan medan-medan berat saat pendakian.

Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula

Saat setelah sampai di puncak, kamu akan disuguhkan dengan keindahan kaldera yang luas. Dan padang rumput yang hijau. Pemandangan yang menjadi daya tarik utama Gunung Batur ini. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di tepi Danau Batur sambil menikmati keindahan langit malam Pulau Dewata yang sangat mempesona.

 

Gunung Papandayan, Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula, di Jawa Barat

Papandayan berada di Provinsi Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.265 meter di atas permukaan laut ini, membutuhkan perjalanan kurang lebih selama 5 jam, untuk sampai ke puncak. Selain medannya yang landai, kamu juga akan dimudahkan dengan segala fasilitas untuk para pendaki di sepanjang jalur pendakian menuju puncak. Mulai dari toilet hingga warung makan di atas puncak bisa dengan mudah kamu temukan.

Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula, di Jawa Barat

Meski tergolong mudah, tapi saat sampai di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam Jawa Barat yang mempesona dari puncak Gunung Papandayan ini. Salah satunya adalah kamu bisa menikmati suasana mistis di Hutan Mati. Pengalaman yang tidak akan kamu lupakan saat melakukan pendakian ke Gunung Papandayan.

 

Gunung Ijen, Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula di Banyuwangi

Gunung Ijen berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Perjalanan paling lama yang kamu butuhkan hanya memakan waktu 4-5 jam untuk sampai di puncak Gunung Ijen ini. Dengan jalur pendakian yang lebar dan tidak terlalu curam, Gunung Ijen menjadi salah satu gunung favorit para pendaki pemula.

gunung keren untuk pendki pemula

Pemandangan yang akan kamu dapatkan dari puncak gunung ini pun tidak kalah mengagumkan, apalagi saat matahari terbit. Belum lagi fenomena blue fire yang sudah begitu melegenda di Kawah Ijen. Kamu bisa menikmati keindahannya saat berada di puncak Gunung Ijen ini.

Setidaknya, sekali seumur hidup, kamu wajib untuk menginjakkan kaki di puncak Gunung Ijen ini.

 

Gunung Prau, Dieng

Gunung Prau terletak di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Karakteristiknya yang masuk ke dalam gunung untuk pendaki pemula, membuat kepopulerannya begitu melegenda. Alasan lainnya, karena untuk perjalanan menuju titik tertingginya, kamu hanya memerlukan waktu 3 jam dengan berjalan kaki. Ditambah lagi dengan trek yang pendek dan cukup bersahabat.

Pemandangan alam di atas puncak Prau yang begitu mempesona menjadi daya tarik utama gunung ini untuk para pendaki. Saat kamu sampai di puncak, tidak hanya puncak kerucut dari gunung ini yang bisa kamu lihat, kamu juga akan disuguhi pemandangan padang rumput layaknya bukit teletubies, yang menyejukan mata.

Selain itu, Gunung Prau juga memiliki Golden Sunrise yang begitu terkenal di seluruh Indonesia, tidak hanya oleh kalangan pendaki saja.

 

Gunung Gede, Jawa Barat

Jika kamu berada di daerah Ibukota atau Jawa Barat, kamu harus mencoba pemandangan di Gunung Gede. Ketinggiannya mencapai 2.958 meter diatas permukaan laut. Gunung Gede ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk mencapai puncak Gunung Gede, kamu harus menempuh perjalanan selaman 6 jam.

Sama halnya dengan Gunung Papandayan, Gunung Gede ini juga menjadi idola pendaki pemula karena treknya yang ringan, air terjun Ciebereum, sumber air panas, serta padang edelweisnya. Pemandangan dari ketinggian puncak Gunung Gede ini, menyuguhkan pemandangan lanskap alam yang tidak kalah indahnya dengan Gunung Papandayan.

.

Itu dia 5 Gunung Keren Untuk Pendaki Pemula yang cocok untuk kamu yang baru mulai ingin melakukan perjalanan mendaki. Dari semua gunung di atas, kira-kira kamu ingin mendaki yang mana dulu nih?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda