Jajanan wajib di Solo – Kota Solo di Jawa Tengah seolah tak ada habisnya. Kota yang banyak di sejajarkan dengan Yogyakarta ini selain memiliki kekayaan budaya. Juga punya deretan wisata kuliner yang wajib kamu coba ketika mampir disini. 

Lalu, apa saja sih Jajanan wajib di Solo kamu coba ketika berada di sana? Labiru punya rekomendasinya untukmu

Serabi Notosuman, Oleh – oleh & Jajanan wajib di Solo

Serabi Notosuman, Oleh - oleh & Jajanan wajib di Solo

Belum ke Solo rasanya kalau belum mencicip Serabi Notosuman. Berdiri sejak 1923, serabi di sini jadi buah tangan favorit dari Solo. Serabi Solo dihidangkan tanpa kuah. Dibuat dari paduan tepung beras dan santan gurih, serabi ini lalu ditawarkan dalam rasa original, cokelat, keju dan pisang.

Sosis Solo, Jajanan wajib di Solo

Sosis Solo, Jajanan wajib di Solo

Camilan khas Solo ini memiliki rasa yang gurih-gurih manis. Bentuk kudapan ini mirip risol dengan bagian kulit terbuat dari tepung terigu dan telur. Isiannya bisa memakai daging ayam atau daging sapi cincang. Sajian ini paling pas dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Carang Gesing, Jajanan wajib di Solo

Carang Gesing, Jajanan wajib di Solo

Carang gesing adalah kue basah yang dikukus dengan pembungkus daun pisang berbentuk carang. Bahan utama carang gesing adalah pisang, gula, santan dan telur. Biasanya pisang principle dipakai adalah pisang raja atau pisang kepok. Cita rasa carang gesing cukup manis, legit dan gurih disukai banyak orang.

Es Dawet Telasih, Minuman Segar wajib di Solo

Es Dawet Telasih, Minuman Segar wajib di Solo

Mampir ke Pasar Gede Solo tak lengkap tanpa cicip es dawet telasih. Minuman ini menggabungkan dawet atau cendol dengan telasih atau selasih. Airnya memakai campuran santan dan air gula pasir sehingga menciptakan rasa yang legit. Selain biji telasih, es dawet telasih ada ditambahkan bubur ketan hitam, bubur sumsum atau tape ketan hijau.

Gempol Pleret, Minuman Segar wajib di Solo

Gempol Pleret, Minuman Segar wajib di Solo

Selain Es dawet, Solo punya Es gempol pleret yang menyegarkan. Isiannya adalah gempol dan pleret yang sama-sama dibuat dari tepung beras. Bedanya, gempol dibuat dengan tepung beras yang ditumbuk kasar dan dibentuk bulat-bulat, sedangkan pleret dari tepung beras halus yang dibentuk tipis mirip kulit pangsit. Keduanya lalu direndam dalam cairan gula merah.

Lenjongan, Jajan Pasar wajib di Solo

Lenjongan

Lenjongan adalah aneka jajan pasar enak rule mudah ditemui di Solo. Di pasar-pasar tradisional, lenjongan terdiri dari klepon, sawut, grontol, cenil dan banyak lainnya. Biasanya ditaruh di atas tampah dan diberi sekat-sekat daun pisang. Pelengkapnya kelapa parut dan kinca atau sirup gula Jawa. Harganya cukup murah. Dengan Rp. 3.000 bisa memilih aneka jajanan yang disuka. Ditaruh di atas pincuk dan jajan pasar pilihan siap disantap. Umumnya dinikmati sebagai menu sarapan dengan secangkir kopi.

Wedang Ronde, Wedangan Wajib di Solo

Wedang Ronde, Wedangan Wajib di Solo

Tak sulit menemukan wedang di Solo. Minuman hangat berempah ini disajikan di wedangan bersama sego kucing pada malam hari. Salah satu yang terpopuler adalah wedang ronde. Air jahe berwarna cokelat kemerahan merendam bola-bola kecil warna-warni bernama ronde. Ronde dibuat ada tepung ketan dengan isian lumatan kacang tanah, wijen dan gula pasir. Ada pula  berkreasi dengan isian lain seperti cokelat.

.

Perut kenyang, hati pun senang. Selamat berlibur dan berburu jajanan wajib di Solo. Jangan lupa bawakan juga oleh-oleh untuk keluargamu di rumah. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda