Jalan Pandanaran Semarang. Siapa yang tak kenal nama jalan di Kota Semarang ini. Jalan yang berada di tengah-tengah Kota Semarang ini merupakan kawasan yang menjadi sentra jajanan khas oleh-oleh Semarang.

Kuliner apa aja sih yang ada di kawasan ini? Ini bahasannya dari tim Labiru mengenai Kawasan kuliner di Semarang.

Jalan Pandanara Semarang Adalah

Jalan Pandananran

Jalan Pandanaran Semarang adalah surganya para pemburu wisata belanja dan pencinta oleh-oleh di Kota Semarang. Kamu akan mendapati Jalan Pandanaran selalu ramai dari pagi hingga malam. Jalan ini akan semakin ramai ketika akhir pekan tiba oleh para pelancong yang berburu oleh-oleh khas ibukota Jawa Tengah.

 

Lumpia Jalan Pandanaran Semarang

Lumpia Jalan Pandanaran Semarang

Salah satu penjual  lumpia di Jalan Pandanaran Semarang adalah Lumpia Mbak Lien. Yang spesial dari Lumpia Mbak Lien adalah isinya yang ditambahi isian racikan daging ayam kampung. Selain itu, di Lumpia Mbak Hien terdapat variasi lumpia lainnya. Yaitu Lumpia isi udang, lumpia isi ayam, dan isian campuran dari daging ayam dan udang.

 

Bandeng Presto Jalan Pandanaran Semarang

Selain lumpia, oleh-oleh khas Kota Semarang yang juga banyak dijual di kawasan ini adalah bandeng presto. Kalau kamu belum tahu bandeng presto, bandeng presto adalah ikan bandeng berduri yang dimasak menggunakan uap air bertegangan tinggi, sehingga duri dalam daging ikan bandeng ini menjadi lunak. Di Kawasan ini terdapat dua toko bandeng terbesar, yaitu toko ‘Bandeng Presto yang sudah beroperasi sejak tahun 1977. Dan yang kedua adalah Bandeng Juwana.

Bandeng Presto Jalan Pandanaran Semarang

Harga bandeng presto di kawasan ini bervariasi. Harga bandeng presto di sini berada di rentang harga Rp 30.000 per ekor, atau Rp 95.000 per sangkar yang berisi 3-4 ekor ikan bandeng.

 

Wingko Babat 

Wingko Babat Cap Kereta APi

Selain bandeng presto dan lumpia, jangan lupa dengan wingko babat ketika sedang berada di Jalan Pandanaran. Keunikan dari wingko babat yang dijual di kawasan ini memiliki cap label yang sama, yaitu wingko babat cap kereta api. Wingko babat cap kereta api ini menawarkan berbagai varian rasa yang sangat unik. Kamu bisa memilih rasa durian, rasa pisang, bahkan juga ada rasa cokelat. Harga yang ditawarkan para penjual wingko disini juga bervariasi, tergantung dari besarnya ukuran dan juga rasanya.

 

.

Jadi, kalau sedang berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke Jalan Pandanaran yaa.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda