Jelajah Ternate dan Tidore – Kalau membicarakan wisata di Indonesia Timur, yang muncul di pikiran pasti nama kepulauan Raja Ampat beserta segala keunikan di dalamnya. Tapi ada daerah yang ternyata menyimpan potensi wisata yang keren di Indonesia Timur selain Raja Ampat. Ya, pulau Ternate dan Tidore. Banyak destinasi wisata di dua pulau di Provinsi Maluku Utara ini.

 

Apa saja sih destinasi wisata yang bisa di Jelajah Ternate dan Tidore ? Simak ulasan dari Labiru berikut yaaa

 

Batu Angus, Jelajah Ternate dan Tidore

Batu Angus adalah bekas aliran lava letusan gunung Gamalama pada tahun 1.600an. Bebatuan berwarna hitam tersebut pun sebenarnya batu vulkanik yang sudah membeku. Beberapa diantaranya malah berbentuk seperti stalagmit, berbatuan yang lebih sering ada di dalam gua.

Batu Angus, Jelajah Ternate dan Tidore

Pemandangan Batu Angus pun bisa dibilang cantik. Lihatlah, perpaduan warna hitam yang berasal dari bebatuan, hamparan hutan yang hijau di belakangnya, serta lautan biru di depannya, cantik!

 

Danau Tolire, Jelajah Ternate dan Tidore

Danau Tolire letaknya tak jauh dari Batu Angus. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari Batu Angus. Sebenarnya terdapat dua danau disini, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire kecil yang hanya berjarak 200 meter saja. Mau ke dua-duanya sekaligus, tak masalah.

Danau Tolire, Jelajah Ternate dan Tidore

Danau Tolire merupakan danau vulkanik yang unik. Bayangkan saja, jika diperhatikan bentuknya seperti sumur raksasa di tengah hutan. Panorama seperti ini, tentu jarang dilihat di tempat-tempat lainnya.

 

Pantai Sulamadaha, Jelajah Ternate dan Tidore

Inilah pantai yang airnya sebening kaca. Pantai Sulamadaha punya kontur landai dan berpasir putih, tepatnya di sebelah kiri yang menghadap Teluk Sulamadaha dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Perairannya yang sangat jernih dan terlihat biru, akan menggoda siapapun untuk main basah-basahan. Bersantai di sini, memang sungguh nikmat.

Pantai Sulamadaha, Jelajah Ternate dan Tidore

Kalau mau menyewa ban alias pelampung, harganya cuma Rp five ribu untuk sepuasnya. Ingin coba naik perahu kano nelayan, hanya Rp 30 ribu sepuasnya. Menghabiskan sore hari di sini benar-benar sempurna. Pantainya bikin jatuh cinta saja.

 

Benteng Tolukko

Benteng Tolukko ini letaknya tak jauh dari pusat kota Ternate. Benteng ini dibangun oleh Portugis yang ketika itu menjadi penguasa Ternate. Benteng ini dibangun untuk mempertahankan kekuasaan bangsa Portugis dari serangan bangsa Eropa lain.

Banguna Benteng Tolukko terbuat dari campuran batu kali, batu karang, pecahan batu bata direkat oleh campuran kapur serta pasir. Punya bentuk segi empat, yang kabarnya kalau dilihat dari udara berbentuk seperti alat kelamin pria.

Benteng Tolukko

Dalam sejarahnya, benteng tersebut pernah direbut oleh kompeni Belanda di tahun 1610. Pernah dikosongkan di tahun 1864, bentengnya kemudian dipugar dan diperbaiki pada tahun 1996. Kini, benteng yang terlihat masih asri ini jadi tempat asyik untuk belajar sejarah dan foto-foto. Tiket masuknya sekitar Rp 5 ribu.

 

Pantai Fitu

Pantai ini mungkin tak seterkenal pantai Parangtritis di Yogyakarta atau Kuta di Bali. Namun dari pantai inilah kamu bisa melihat pulau Maitara yang terdapat di uang kertas pecahan 1000 rupiah. Tidak percaya. ? Datanglah kesini dan jangan lupa membawa uang kertas pecahan 1000 Rupiahmu.

Pantai Fitu uang rupiah 1000 an

Di gambar tersebut terlihat dua buah pulau rute atasnya sedang tertutup awan dan sebuah perahu tengah melintas. Lalu lihatlah ke depan, akan tampak pemandangan yang persis seperti tergambar di uang, namun secara nyata. Itulah Pulau Maitara dan Tidore.

 

.

Itulah tadi destinasi yang bisa kamu jelajahi di Ternate dan Tidore, ketika berada di Provinsi Maluku Utara. Jangan lupa ajak teman – teman kamu ya.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda