Kawasan Wisata di Cagar Biosfer– Keindahan bentang alam nusantara dari sabang sampai merauke begitu tersohor. Keanekaragamaan yang terangkum bahkan mengantar indonesia e prdikat negara megabiodiversitas, kendati demikian ragam flora dan fauna, laut beserta isinya, hingga hutan-hutan yang di banggakan, dengan prestasi itu hingga UNESCO memberi penghargan sebagai kawasan cagar biosfer baru.

Berbicara tentang cagar biosfer baru di indonesia. Indonesia sendiri membuka 3 cagar biosfer terbaru salah satunya ialah karimunjawa, sudah ada yang berkunjungi di karimunjawa? Ada 3 tiga kawasan wisata cagar biosfer terbaru, nah mau tau di mana saja? Simak artikel berikut tentang kawasan wisata di cagar biosfer paling baru.

Baca Juga: Tempat Wisata di Madura Terbaik

Cagar Biosfer Karimunjawa Jepara Muria

kawasan wisata di cagar biosfer

Pulau kecil terletak di dekat Kawasan Wisata Biosfer Karimunjawa

Nggak kalah unik dengan bunaken, cagar biosfer karimunjawa japara muria dengan luas 1.236.083,97 ha memiliki ekositem yang merupakan gabungan antara kepulauan, dataran rendah, dan pegunungan, kawasan ini memiliki 400 spesies fauna laut dengan ragam ikan hias dan terubu karang, di sana juga ada lenskap pegunungan yang akan memanjakan mata.

Cagar Biosfer Bunaken Tangkoko Minahasab

kawasan wisata di cagar biosfer

Terumbu Karang di Kawasan Cagar Biosfer Bunaken

Terletak di jatung segitiga terumbu karang kawasan indo pasifik, cagar biosfer bunaken tangkoko minahasan mencakup luas 746.405,92 ha wilayah darat dan laut, meliputi sistem ekologi, hutan bakau dan pesisir, hingga ekosistem darat, alam bawah laut bunaken punya sekitar 390 terumbu karag, 3.000 spesies ikan, alga, dan rumput laut. Maka nggak heran bunaken juga terkenal sebagai surganya bagi penyelam.

Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh

kawasan wisata di cagar biosfer

Panorama indah Gunung Merbabu

Kawasan wisata di cagar biosfer terbaru dan terahir dari pembahasan saya adalah cagar biosfer merapi merbabu manoreh yang memiliki luas wilayah 254.876.75 ha. Merapi merbabu terkenal sistem hutan dan pegunungan yang jadi rumah bagi flora dan fauna endemik jawa di samping itu, kawasan ini juga terkenal sebagai destinasi wisata favorit bagi pendaki.

Tujuan Dari Cagar Biosfer adalah

Melindungi sekaligus melestarikan lingkungan hidup, serta memberi manfaat sosial-ekonomi bagi masyarakat setempat.

Secara sederhana, cagar biosfer merupakan satu kawasan ekosistem yang keberadannya diakui dunia internasional, sebagai bagian dari program Man and bisopher (MAP) Unesco, tujuan program ini adalah mempromosikan konsevasi keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjut, dengan melibatkan masyarakat lokal berdasar ilmu pengentahuan.

Nah itu dia penjelas tentang kawasan wisata di biosfer terbaru di indoneisa.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda