Yogyakarta menyimpan destinasi wisata yang unik. Baik wisata budaya, alamnya, hingga wisata kulinernya. Selalu ada yang baru di daerah istimewa ini. Salah satu yang baru adalah Kedung Pedut. Sebenarnya air terjun yang terletak di kabupaten Kulon Progo ini tidak terlalu baru, tapi air terjun ini memiliki pengelolaan yang baik lhooo… Penasaran ?

Biar nggak penasaran, nih simak ulasan Labiru tentang Kedung Pedut, Kulon Progo.

Lokasi Kedung Pedut

Lokasi Kedung Pedut

Kolam di atas Air Terjun

Air terjun ini berada di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju air terjun ini, kamu bisa memulai perjalanan dari pusat kota Jogja. Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, menyewa kendaraan sendiri merupakan opsi terbaik, karena untuk menuju kesana tak ada transportasi umum.

Rute Menuju Kedung Pedut

Rute Menuju Kedung Pedut

Spot Hits di Kedung Pedut

Dari kawasan Tugu Jogja, ambil arah ke barat untuk menuju perempatan lampu merah Ringroad Barat Demak Ijo. Lalu tujulah ikon Pasar Godean.

Dari Pasar Godean, lanjutkan perjalanan untuk menuju ke Jembatan Sungai Progo, lalu lanjutkan perjalanan menuju ke perempatan lampu merah Nanggulan. Perempatan Naggulan tujulah Pasar Kenteng.

Dari Pasar Kenteng, ikuti tanjakan pegunungan Menoreh. Akan didapati pertigaan, dan ambil rute ke kanan (arah Goa Kiskendo). Dari sana kamu akan kembali menemui pertigaan dan ambil ke arah kiri.

Dari sana, perjalananmu akan tiba di pertigaan Grojogan Mudal. Ambil belokan ke kiri dan akan sampai di pertigaan lagi. Ambil belokan ke kiri untuk sampai di Air Terjun Kedung Pedut.

Itulah lokasi dan rute lengkap untuk menuju ke objek wisata air terjun Kedung Pedut. Dari loket masuk, untuk menuju ke lokasi air terjun, kamu perlu berjalan kaki kurang lebih 200 meter.

 

Fasilitas Yang Ada di Kedung Pedut

Untuk urusan fasilitas, Wisata ini memiliki fasilitas yang tersedia di objek wisata ini terbilang cukup lengkap. Beberapa fasilitas bisa kamu temui antara lain sebagai berikut.

Fasilitas di Kedung Pedut

Jembatan pemnyebrangan

Gardu pandang – Wisatawan bisa memanfaatkan gardu pandang ini untuk menikmati pemandangan di objek wisata ini sambil berfoto-foto.

Kursi – Wisatawan bisa memanfaatkan kursi untuk beristirahat saat kelelahan.

Toilet – Jika wisatawan ingin bermain-main air di kolam, maka tidak perlu cemas karena ada locker room untuk berganti baju.

Jembatan bambu – Di sini juga ada jembatan bambu yang dibuat untuk memudahkan pengunjung menyeberang dan mengakses air terjun secara lebih luas.

Area parkir – Berada di dekat akses masuk untuk memarkir kendaraan roda dua dan empat.

Warung – Ada beberapa warung makanan yang bisa kamu jadikan tempat untuk melepaskan rasa lapar yang melanda.

 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke objek Wisata Kedung Pedut terbilang sangat murah dan terjangkau. Untuk biaya masuk per orang hanya ditarik Rp 6.000 saja. Sedangkan untuk tarif parkir per kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 3.000. Untuk tarif parkir per kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 10.000. Tentunya untuk menikmati kegiatan liburan di Tempat Wisata di Jogja ini tidak mahal, bukan?

 

Labiru punya banyak paket wisata Jogja yang sangat menarik untukmu. Tunggu apa lagi, tentukan destinasimu disini sekarang.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda