Jika selama ini orang-orang mengidentikkan Nusa Tenggara Timur identik dengan Pulau Komodo, sekarang waktunya kamu menengok destinasi lain yang ada di NTT yang tak kalah indah dengan pulau Komodo. Gunung Kelimutu adalah tempatnya.

Gunung ini memiliki pesona danau tiga warnanya yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Keindahan danau kawah tiga warna ini pernah diabadikan dalam mata uang pecahan 5.000 rupiah pada jaman dahulu. Nah, supaya kamu lebih mengenalnya, Labiru punya ulasannya, simak yaaa….

Asal Nama Gunung Kelimutu

Masuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Kelimutu. Menurut legenda masyarakat setempat, nama Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata “Keli” yang berarti gunung dan “Mutu” yang berarti mendidih. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639 mdpl atau 5.377 kaki. Lokasinya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Keunikan Gunung Kelimutu

Gunung ini mempunyai keunikan yang membuatnya berbeda dari banyak gunung berapi yang berada di Indonesia. Keunikannya adalah gunung ini terletak pada tiga danau pada kawahnya yang terbentuk dari letusan Gunung beberapa tahun silam, dengan warnanya yang berbeda – beda pula.

Danau Kelimutu memiliki luas kurang lebih 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik, ketinggian dinding kawah antara a 100 hingga 2 ratus meter. Dinding danau kawahnya tergolong terjal dan sangat curam dengan kemiringan mencapai 60 sampai 70 derajat. Ketiga danau kawah tersebut memiliki keindahan yang sangat mempesona dan begitu indah sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung domestik maupun mancanegara.

Untuk menyaksikan keindahan danau kawahnya, pengunjung harus rela untuk berjalan menaiki puluhan anak tangga dengan trek yang menanjak dan curam. Dari puncak, kamu dapat melihat panorama 360 derajat yang mengelilingi Danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan panorama keindahan matahari terbit. Kamu harus melakukan trekking di pagi buta untuk menyaksikan keindahan salah satu sunrise terbaik di Indonesia, dari  puncak Gunung ini.

Akses Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Desa Moni Kelimutu, desa di kaki gunung kelimutu

Desa Moni, di kaki Gunung Kelimutu

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, dapat menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara H. Hasan Aroeboesman (Bandara di Kabupaten Ende). Setelah sampai di Ende, kamu bisa meneruskan perjalanan ke Desa Moni, sebuah desa yang berada di kaki Gunung ini dengan jarak perjalanan sekitar 65 kilometer dari bandara.

Dikarenakan di Ende masih sangat minim akan transportasi umum untuk menuju Desa Moni, akan lebih baik jika pengunjung menyewa kendaraan bermotor di Ende atau dapat juga menggunakan jasa travel dengan tujuan Desa Moni atau Gunung Kelimutu. Pengunjung  harus menempuh jarak 50 kilometer dari Kabupaten Ende untuk menuju ke Desa Moni dan harus menempuh 15 kilometer lagi dari Kampung Moni hingga sampai ke gerbang pintu masuk Taman Nasional Kelimutu.

Tarif masuk kawasan Taman Nasional Kelimutu bagi pengunjung domestik akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-  dan untuk pengunjung mancanegara sebesar Rp 150.000,- . Dan untuk biaya tambahan parkir kendaraan, untuk motor dikenakan Rp 5.000 per unit sedangkan untuk mobil dikenakan tarif Rp 10.000 per unit.

Sejarah Danau Kelimutu

Gunung Kelimutu 1

Tangga Menuju Kawah Gunung Kelimutu

Danau Kelimutu disebut juga Danau Tiga Warna karenan berupa 3 kawah gunung berapi yang memiliki warna yang berbeda. Danau Kelimutu merupakan salah satu danau yang memukau yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu berada di ketinggian kurang lebih 1.639 m dengan luas area ketiga danau sekitar 1.051.000 m2 dan menampung volume air sekitar 1292 juta m3.

Danau Kelimutu pertama kali ditemukan oleh warga Belanda keturunan, bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Tahun 1929, Y. Bouman melukis danau kelimutu di dalam tulisannya. Hal ini yang membuat keindahan danau kelimutu semakin dikenal oleh wisatawan asing. Sejak 26 Februari 1992 kawasan Kelimutu di tetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional.

Sunrise dari Puncak Kawah Gunung Kelimutu

Sunrise dari Puncak Kawah Gunung Kelimutu

Fasilitas di Gunung Kelimutu

Di sekitar lokasi danau, sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang bagi para pengunjungnya mulai dari toilet, beberapa penginapan, lahan parkir dan jajaran kios yang menjajakan minuman dan makanan di sekitar area parkir. Fasilitas-fasilitas tersebut juga nampak terjaga dan terawat kebersihannya.

Matahari Terbenam di Puncak Gunung Kelimutu

Matahari Terbenam di Puncak Gunung Kelimutu

Nah itulah ulasan tentang keindahan Gunung Kelimutu yang sudah terkenal sampai mancanegara. Ayo jelajahi keindahan negerimu hanya bersama Labiru. Pesan paket wisatanya di 0823-1405-7888.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda