Pulau Bawean yang berada di utara Pulau Jawa memiliki keunikan yang menarik. Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Gresik ini mulai menjadi pembicaraan dikalangan traveller. Lalu apa saja sih Keunikan Pulau Bawean  ?

Ini dia ulasannya dari tim Labiru.

 

Suku Perantau di Pulau Bawean

Kebiasaan merantau yang dilakukan oleh Suku Bawean terjadi sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan sejak negeri ini masih dikuasai Belanda mereka sudah menyebar ke mana-mana.

 

Suku Perantau di Pulau Bawean

Credit: Kompas

Mereka banyak sekali menyebar di Australia bagian barat lalu menetap dan menghasilkan keturunan disana Sampai saat ini keturunan Suku Bawean masih ada di Australia dan menjadi warga negara disana secara resmi.

 

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Pulau Bawean

Pulau ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Panorama bawah lautnya jangan ditanya, sungguh menakjubkan. Hamparan pulau dengan pasir putih lembutnya mampu memanjakan liburanmu.

 

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Pulau Bawean

Credit: Greeners

Ada Pulau Gosong yang sungguh cantik menghamparkan pasir putih dan dikelilingi lautan jernih. Selain wisata pantai, tempat ini memiliki wisata air terjun dan juga danau air tawar yang sungguh memukau, sebab air danau bisa berubah sesuai musim.

 

Keindahan Alam yang Memukau

Inilah yang di nanti-nanti para traveler, yaitu keindahan alam yang tersembunyi di Bawean bakal menuntunmu ke gerbang surga di dunia nyata. Sudah jelas, daya tarik utama Bawean adalah pantai-pantainya yang masih “perawan”.

 

Keindahan Alam yang Memukau

Credit: Kompasiana

Air laut di sekitarnya pun terlihat biru sebening kaca berpadu dengan sinar matahari yang memantul ke permukaan air membuat keindahan pantainya semakin eksotis.

Hijaunya persawahan yang mulai menguning mendominasi di bagian dalam pulau. Danau Kastoba, danau mistis yang dikelilingi pepohonan rimbun ini berada di puncak bukit. Suasana hening di sini bisa bikin bulu berdiri.

 

Kulinernya…hmmm yummyyy

Selain wisata alamnya, pulau Ini juga kaya akan wisata kuliner yang lezat. Pastinya aneka panganan laut melimpah ruah di sini. Kuliner yang wajib di coba adalah “Kella Celok” atau biasa disebut ikan kuah kuning.

 

Kella Celok

Credit: Cookpad

Kuliner yang mirip dengan kello kuning ini berbahan kuah yang berasal dari kunir yang digeprek dan dimasak di air panas. Kamu wajib coba makanan ini ya.

 

Paket Wisata di Asia

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Asia