Namaste! Merupakan sapaan dengan bahasa India yang berarti salam. Sudah bisa di tebak kan bahasan apa yang akan Labiru bahas di tulisan kali ini? Yap benar sekali, Little India di Indonesia. Jika berbicara mengenai little India, Kuil Shri Mariamman adalah ikon yang tidak bisa kamu lewatkan.

Kuil Shri Mariamman Medan terletak di jalan Teuku Umar No.18. Kuil ini berada di kawasan Kampung Madras, Kota Medan. Kawasan ini sejak lama popular dengan sebutan little India, alasannya? Karena mayoritas penduduknya ber-etnis India Tamil yang memeluk agama Hindu.

Salah satu saksi bisu dari hijrahnya kaum etnis Tamil ke Medan adalah kuil ini. Kuil yang dibangun pada tahun 1884 juga merupakan kuil tertua di Kota Medan dan selama ini berfungsi sebagai tempat peribadatan untuk memuja Dewi Mariamman oleh kaum etnis Tamil India Madras.

Namun sekarang tidak hanya untuk peribadatan, kuil ini juga dibuka untuk wisatawan nih. Ada beberapa hal keunikan yang dapat kamu temukan di kuil ini. Mau tahu apa saja? Simak sampai habis sajian berikut ini ya

Kuil Shri Mariamman Berhias Arsitektur dan Ukiran Khas, Mengajakmu Terbang Langsung Sampai India Sana

Dari awal saat kamu memasuki bangunan ini, kamu bisa melihat uniknya desain gerbang yang berhias gopuram atau menara bertingkat, ornamen khas kuil-kuil Hindu di kawasan India Selatan.

Rute ke kuil shri mariamman

Ornamen di dalam Kuil

Masuk ke dalam kuil kamu dapat melihat lagi bagaimana dekorasi ukiran-ukiran di sini, banyak sekali ukiran-ukiran khas dari India, karena memang mendatangkan langsung arsitek dari India.

Melihat Ritual Ibadah dan Perayaan Hari Besar, Serasa Sedang di India Beneran

Di kuil ini kamu bisa melihat langsung ritual ibadah yang biasa dilakukan oleh kaum etnis Tamil India. Tidak hanya itu karena di kuil ini juga sering digunakan untuk ritual pernikahan dan juga peringatan hari-hari besar. Saat ada ritual yang sedang berlangsung di sini kamu pun juga bisa menyaksikannya secara langsung.

Wah seru juga ya, yang biasanya cuma bisa lihat di tv, sekarang jadi bisa lihat langsung. Pasti beda euforianya! Gimana penasaran juga kan?

Lamaran Semeriah Pernikahan, Tapi Mempelainya Tidak Datang

Jika kamu beruntung, dan datang saat ada acara besar seperti lamaran di kuil ini, kamu jangan kaget ya kalau sudah melihat bagaimana meriahnya acara lamaran di sini.

Tapi uniknya meski begitu banyak orang yang datang di acara lamaran ini, calon pengantin yang melamar malah tidak datang lho, jadi hanya ada keluarga besar dari calon pengantin prianya saja yang hadir. Hmmm beda ya dengan tradisi di Indonesia.

Bindi sebagai Lambang Cakra Keenam, Jadi Mirip Syahrukan?

Saat kamu datang ke acara pernikahan atau lamaran dengan adat India di kuil ini ataupun tempat lain dan kamu sendiri sudah dianggap sebagai saudara, kamu biasanya akan dapat torehan bindi di dahi.

Interior  kuil shri mariamman

Interior kuil shri mariamman

Tak sekedar aksesori, bagi masyarakat India bindi bermakna spiritual, maknanya sebagai cakra keenam. Sudah ada yang pernah dipakai kan bindi? Apa kamu akan terlihat seperti Sahrukhan atau Kajol? Hmmm sedikit meragukan.

 

Itulah beberapa keunikan yang bisa kamu temukan saat kamu mengunjungi Kuil Shri Mariamman. Bagaimana ibu-ibu pecinta film India, tertarik untuk langsung terbang ke India di Medan sana?  Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan Akhir Tahun kamu bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda