Kuliner Khas di Boyolali  – Boyolali. Mungkin sebagian dari kamu akan mengernyitkan dahi, dimana tempat itu. Tapi bagi kamu yang penghobi mendaki gunung, daerah ini sangat familiar, karena di kabupaten ini terdapat dua gunung terkenal, Merapi dan Merbabu. Karena terletak di kaki gunung, menjadikan tanah kabupaten Boyolali sangat subur.

Tak hanya itu udara kotanya yang nyaris sejuk sepanjang hari. Tak hanya wisata alamnya, Boyolali juga memiliki kekayaan ragam wisata kuliner khas di Boyolali. panasaran ? Labiru punya daftarnya nih untukmu.

 

Soto Seger Mbok Giyem, Soto Andalan Kuliner Khas di Boyolali

Kalau Klaten punya Sop Ayam sebagai kuliner andalan, Boyolali punya Soto sger sebagai ikon kulinernya. Soto seger disini adalah soto dengan kuah yang bening dengan rasa kaldu sapi yang kuat. Nah, soto Sger Mbok Giyem ini adalah kedai soto seger paling terkenal di Boyolali.

Soto Seger Mbok Giyem, Soto Andalan Kuliner Khas di Boyolali

Tak hanya di Boyolali saja, Soto Seger Mbok Giyem juga punya cabang di berbagai kota, dari Solo sampai Bekasi.

 

Warung Iga Pak Wid, Iga Sapi Kuliner Khas di Boyolali

Sebagai kota yang terkenal dengan produksi daging dan susu sapi, jadi suatu hal yang lumrah jika sapi dan turunan olahannya menjadi kuliner khas kota ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Warung Iga Pak Wid.

Warung Iga Pak Wid, Iga Sapi Kuliner Khas di Boyolali

Warung yang menjual menu iga sapi ini bisa kamu datangi warungnya di Jalan Merapi Nomor 9A, dekat patung kuda besar yang menjadi ikon kota Boyolali.

 

Jadah Bakar, Kuliner Khas di Boyolali

Belum afdol rasanya kalau berkunjung ke kota yang berada di lereng gunung tanpa mencicipi kuliner khasnya, salah satunya adalah jadah Bakar. Kudapan satu ini bisa kamu dapatkan di hampir semua daerah di Boyolali.

Jadah Bakar, Kuliner Khas di Boyolali

Namun yang paling terkenal bayak berada di kawasan Selo, daerah yang tepat berada di kaki gunung Merapi dan Merbabu.

 

Jenang Pecel

Wisata kuliner khas Boyolali anti mainstream. Kalau biasanya Jenang, alias bubur sumsum dimakan bersama gula Jawa cair, di Boyolali kamu akan menemukan sesuatu yang sangat unik. Jenang, disantap bersama sayur dan sambel pecel. Kira-kira gimana rasanya yaa ?

Jenang Pecel

Meskipun terdengar aneh, namun kuliner ini menjadi favorit warga Boyolali untuk sarapan lho. Kamu bisa menemukannya di berbagai tempat di Boyolali.

 

Sego Tumpang

Satu lagi kuliner khas di Boyolali yang cocok sebagai menu sarapan. Sego Tumpang namanya. Nasi tumpang ini bahan dasarnya terbuat dari tempe busuk. Meskipun begitu, kuliner ini aman buat kesehatan meskipun bahan dasarnya dari tempe busuk.

Sego Tumpang

Salah satu warung yang menjual sego tumpang yang paling terkenal di Boyolali adalah Nasi Tumpang Pak Suprih. Warung yang sudah berdiri selama 60 tahun ini beralamat di Jalan Tentara Pelajar Nomor 107, Boyolali.

 

Bebek Goreng Pak Pinggir

Selain terkenal dengan kuliner dari bahan dasar sapi, Boyolali ternyata juga punya wisata kuliner khas dengan bahan dasar bebek dan ayam yang sangat lezat. Salah satunya yang paling terkenal adalah bebek goreng Pak Pinggir yang berlokasi di daerah Pengging.

Bebek Goreng Pak Pinggir

.

Itulah tadi deretan wisata kuliner khas di Boyolali. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, Boyolali juga punya kekayaan wisata kuliner yang sangat khas.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda