Selain Wisata pantai dan tenun khasnya, Lombok juga terkenal dengan Kuliner khas Lombok yang dikenal dengan cita rasa pedasnya yang kuat. Nah sebelum itu coba buat whislistnya dahulu, karena kuliner khas Lombok boleh di bilang cukup banyak.

Berikut ini rangkuman Kuliner khas Lombok dari Labiru yang bisa kamu coba saat berlibur ke Lombok.

1. Ayam Taliwang | Kuliner Khas Lombok paling Populer

Kuliner khas Lombok terpopuler

Ayam Taliwang   

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Lombok yang paling populer. Memiliki citarasa pedas yang maknyuss. Ayam Taliwang ada 2 jenis yaitu ayam Taliwang bakar dan ayam Taliwang digoreng.
Ayam taliwang terbuat dari ayam kampung yang masih muda kemudian diolah dengan bumbu khas dari lombok. Tekstur dagingnya sangat empuk dan mudah sekali di lepaskan dari tulang-tulangnya karena dari ayam kampung yang masih muda.

 

2. Plecing Kangkung

Kulliner khas lombok plecing kangkung

Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah sejenis pecel jika di jawa. Namun Plecing kangkung disajikan dengan cara merebus kangkung dan dicampur sambal tomat pedas yang dibuat dari cabai rawit, tomat, garam, terasi Lombok, dan perasan jeruk purut. Sebagai pelengkap kuliner khas lombok ini juga ditaburi kacang tanah goreng. Rasa plecing kangkung asal Lombok agak berbeda karena kangkung dari Lombok lebih besar dan renyah.

 

3. Sate Rembiga

Sate sapi rembiga - kuliner khas lombok pedas

Sate rembiga

Sate Rembiga terbuat dari olahan daging sapi yang empuk. Sate ini memiliki rasa yang unik, mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Nama Rembiga berasal dari nama Desa asal sate itu sendiri yaitu Desa Rembiga. Karena sangat laris dan populer, sampai sekarang Sate ini  dikenal dengan nama Sate Rembiga.

 

4. Sate Bulayak

Sate Sapi Kuliner Khas Lombok

Sate Bulayak

Sate bulayak, Kuliner khas Lombok satu ini hampir sama dengan sate Madura. Yang membedakan terletak pada lontong yang dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya tersebut. Satenya menggunakan daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas suku Sasak. Kearifan lokal sate Bulayak ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu.

 

5. Nasi Balap Puyung

Kuliner khas Lombojk - nasi balap puyng

Nasi Balap Puyung

Nasi balap Puyung merupakan sajian nasi sederhana seperti halnya sego kucing di Jogja. Nasi Putih dengan lauk ayam suwir, dipadukan dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, sebagai pelengkapnya. Disebut nasi balap karena kita akan mudah sekali menghabiskan sajian Nasi bungkus ini, selain karena porsinya yang hanya segenggaman tangan, nasi ini juga bersanding dengan sambel khas Lombok yang pedasnya Maknyuuss.

Naah gimana Travelfoodie yang berbahagia, sudah siap mecicipi pedasnya kuliner khas Lombok tadi. Yuk, langsung pesan paket wisata ke lombok di Labiru tour, dan jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Lomboknya. Hubungi 082314057888 untuk info dan Reservasi atau cek link di bawah ini untuk pilihan paket Tour Lombok yang lengkap.

Info Paket Tour Lengkap ke Lombok

Artikel Lain

0    1085
Tengkleng Gajah Dan 4 Keunikan Yang Membedakannya

Tengkleng Gajah. Kamu sudah pernah mendengar...

0    1440
Bisa Main Pasir dambail Nikmatin Bakso...

Jogjakarta seakan tak henti-hentinya menawarkan...

0    56
Wow ! Ini Dia Pura Paling Cantik di Pulau...

Di Bali banyak sekali Pura, karena memang mayoritas...

Tinggalkan Komentar Anda