Kuliner Khas Samarinda – Berkunjung ke sebuah kota tentu tak lengkap kalau tak merasakan kuliner khasnya, termasuk ketika berkunjung ke Kota Samarinda. Kota di tepian Sungai Mahakam memang lebih sering dijadikan tempat transit bagi pelancong yang datang ke Kalimantan Timur, yang ingin melanjutkan perjalan ke destinasi wisata utama di Kalimantan Timur seperti Derawan, Maratua, dan Kakaban. Tetapi Samarinda punya daya tariknya sendiri, termasuk kulinernya. 

Apa saja kuliner khas dari Samarinda? Ini daftar rekomendasi dari Labiru kuliner yang wajib kamu cicipi di Samarinda. 

Nasi Kuning, Kuliner Khas Samarinda

Selain di Jawa, nasi kuning juga terdapat di Kalimantan Timur. Ada nasi kuning khas Samarinda. Nasi kuning khas Samarinda mirip dengan nasi kuning biasa yang dimasak menggunakan kunyit dan santan, dan disajikan bersama telur, ikan, ayam, serta lauk pauk lainnya. 

Di Samarinda, nasi kuning dinikmati saat pagi hari atau di acara penting lainnya dalam bentuk tumpeng. Kalau kamu penasaran dengan kuliner ini, kamu bisa datang ke Jalan Lambung Mangkurat, Samarinda. 

Nasi Bekepor, Kuliner Khas Samarinda

Nasi bekepor adalah kuliner yang saat ini sangat sulit ditemui. Tapi karena rasanya memang lezat, sampai kini masih banyak orang yang mencarinya. Nasi bekepor adalah nasi putih yang yang biasanya dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. 

Nasi Bekepor, Kuliner Khas Samarinda

Nasi bekepor biasanya disajikan bersama dengan sayur gangan asam kukar, yaitu sejenis sayur asem yang diolah bersama dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan. 

Sup Ikan Akmal, Kuliner Khas Samarinda

Sup ikan Akmal. Akmal adalah nama sebuah restoran yang cukup legendaris dan banyak didatangi oleh para pelancong yang datang ke Samarinda.

Sup Ikan Akmal, Kuliner Khas Samarinda

Di restoran ini, sup ikan disajikan dalam keadaan panas sehingga akan bikin kamu ketagihan selama makan disini.

Kalau kamu berminat mencicipi kuliner serba ikan ini, datanglah Jalan Awang Long, Samarinda. 

Gado-gado Kemuning, Kuliner Khas Samarinda

Gado-gado memang terkenal sebagai kuliner khas Betawi, tapi di Samarinda ada juga penjual gado-gado legendaris yang sudah buka sejak tahun 70an, gado-gado Kemuning namanya. Gado-gado Kemuning disajikan seperti gado-gado lainnya, seperti irisan sayur, telur rebus, dan juga bumbu kacang.

Gado-gado Kemuning, Kuliner Khas Samarinda

Yang membuat gado-gado ini berbeda dari yang lain adalah sambal kacangnya yang super lezat. 

Ayam Cicane, Ayam Bakar Khas Kalimantan Timur

Ayam Cicane adalah ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat. Meskipun kelihatan sama dengan ayam bakar lainnya, namun ayam bakar cicane diolah dan dibumbui dengan cara yang berbeda. 

Ayam Cicane, Ayam Bakar Khas Kalimantan Timur

Sebelum dibakar, ayam kampung terlebih dahulu direbus dengan bumbu khusus. Kemudian dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga kecokelatan. Baru setelah itu dihidangkan. 

.

Seperti kota lain di Indonesia, Samarinda  sangat kaya dengan berbagai potensi wisata, termasuk kuliner khasnya. Namun, sebelum memutuskan berlibur, pastikan hanya Labiru partner liburan terbaikmu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda