Ternate, Maluku Utara tak hanya memiliki kekayaan alam yang eksotis. Pulau Ternate juga memiliki kuliner yang yang kaya nan enak. Sebagai bagian dari daerah kepulauan, bahan utama dari kuliner khas ternate adalah ikan-ikanan dan juga tanaman kenari.

Lalu, apa saja sih kuliner khas Ternate itu ? Labiru punya ulasannya spesial hanya untukmu.

 

Boboto, Kuliner khas Ternate

Kuliner khas Ternate pertama yang harus kamu coba adalah Boboto. Kalau diamati lebih dalam, ternyata Boboto memang sangat mirip dengan makanan asal Jawa, bernama Bothok. Tak hanya namanya saja yang terdengar mirip, namun juga ukurannya pun nyaris sama. Bothok dan Boboto menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Meskpin mirip, Boboto berbeda dengan Bothok.

Boboto, Kuliner khas Ternate

Boboto berbahan dasar ikan cakalang cincang. Selain cakalang cincang, Boboto juga bisa dibuat dari ikan cakalang fufu (asap) dan juga ikan tuna. Ikan cakalang fufu merupakan isian paling favorit dari Boboto. Perpaduan ikan cakalang dan kacang kenari menghasilkan aroma dan citarasa yang nikmat dan menggugah selera. Karena terbuat tanpa bahan pengawet, Boboto hanya bisa bertahan satu hari saja.

 

Gohu Ikan, Kuliner khas Ternate

Kuliner khas dari Ternate selanjutnya adalah Gohu Ikan. Kalau kamu berpikir bahwa sashimi atau yang daging ikan yang dimakan mentah hanya ada di Jepang, Ternate juga punya lho. Berbahan dasar ikan tuna atau cakalang mentah, gohu ikan sering disebut-sebut sebagai sashimi ala Ternate.

Gohu Ikan, Kuliner khas Ternate

Cara pembuatan gohu ikan ini sangat sederhana dan mudah. Ikan tuna dipotong membentuk dadu, lalu dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan disiram perasan lemon. Lalu ditambah dengan daun kemangi, dan diamkan adonan selama beberapa saat. Sembari menunggu bumbu meresap, kamu bisa siapkan cincangan bawang merah dan bawang putih sebagai bahan tumisan. Tumisan ini lalu disiram ke adonan ikan tadi. Gohu Ikan pun siap disajikan.

Gohu ikan memiliki cita rasa yang unik. Perpaduan rasa asam segar, gurih dan sedikit manis berpadu dengan tekstur daging yang kenyal. Yummmyyyy…..

 

Pali-Pali, Kuliner khas Ternate

Pali-pali ini bisa dibilang mirip dengan lontong. Hanya saja proses pembuatannya lebih mirip dengan ketupat. Pali-Pali adalah kuliner yang terbuat dari beras yang dimasukkan dalam anyaman daun lontar namun tanpa ditambah santan. Pada zaman dahulu, Pali-Pali banyak disajikan untuk acara kesultanan Ternate. Namun seiring perubahan zaman, Pali-Pali banyak disajikan oleh masyarakat umum. Cita rasanya yang unik membuat makanan ini adalah makanan yang berkelas tinggi di Ternate.

Pali-Pali, Kuliner khas Ternate

Biskuit Kenari

Jangan bayangkan biskuit kenari berbentuk mirip dengan biskuit yang biasa kita temui di toko sehari-hari. Meskipun bernama biskuit kenari, biskuit ini berbahan dasar roti tawar yang kemudian diberi irisan buah kenari. Setelah diberi olesan kenari, roti tawar ini kemudian dipanggang di dalam oven panas lalu siap untuk dikemas. Meskipun banyak usaha rumahan yang membuat jajanan ini, tapi setiap pabrik biasanya memiliki resepnya sendiri – sendiri. Bahkan, adonan dan rasanya pun tak sama antara pabrik satu dan lainnya. Benar-benar unik.

Biskuit Kenari

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak kuliner yang sangat khas dan unik di masing-masing daerah. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda