Paket Wisata Jogja – Siapa sih yang tidak mengenal Jogja sebagai salah satu kota wisata sejarah terbaik yang masih klasik? Nah, tidak hanya tempat-tempatnya saja yang bisa kamu kunjungi. Kamu juga bisa loh berburu kuliner legendaris dari Kota Gudeg ini.

Meskipun, Jogja terkenal dengan gudeg, masih ada makanan legendaris lainnya yang bisa kamu coba. Warung-warung makan ini sudah menjadi favorit sejak lama dan masih mempertahankan cita rasa khasnya hingga saat ini.
Nah, langsung saja simak rekomendasi tempat makan legendaris di Jogja yang wajib kamu kunjungi saat kembali ke kota istimewa ini.

Mangut Lele Mbah Marto

Credit: Kompas

Ada yang suka olahan ikan lele? Nah, kalau kamu salah satunya, maka Mangut Lele Mbah Marto adalah lokasi pertama yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu. Apa yang unik dari olahan makanan yang satu ini?
Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1960-an yang pada mulanya dijual dengan cara berkeliling dari Plengkung Gading hingga Malioboro oleh Mbah Martodiryo atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbak Marto.

Lalu, pada tahun 1989, Mbah Marto memutuskan untuk membuka warung di rumahnya. Warung makan ini sudah bertahan hingga tiga generasi. Hingga saat ini, warung ini masih selalu ramai diburu oleh wisatawan lokal hingga wisawatawan dari berbagai kota saat berkunjung ke Jogja.

Cita rasanya memiliki khas yang gurih dengan proses pengasapan ikan. Banyak orang yang pada awalnya tidak menyukai ikan lele tapi tertarik untuk mencoba olahan lele yang satu ini.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Credit: Yogyes

Gudeg Mbak Lindu Sosrowijayan pasti sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Pasalnya, tidak hanya legendaris, gudeg ini juga masih sering viral dan bersliweran di media sosial.

Sayangnya, pada tahun 2020, Mbah Lindu sudah menghembuskan nafas terakhirnya sehingga saat ini kamu sudah tidak bisa merasakan langsung racikan langsung dari tangan Mbah Lindu.

Meski demikian, tenang, resep dari pembuatan gudeg ini tidak berubah sama sekali. Kamu tetap bisa menikmatinya dengan cita rasa yang sama. Kamu hanya bisa mendapatkan kuliner ini pada pagi hari karena hanya buka mulai pukul 5 dini hari hingga sekitar pukul 10 pagi saja.

Soto Bathok Mbah Katro

Credit: @afifah_elmursyid

Ada yang suka soto? Kalau begitu, salah satu solo legendaris yang harus kamu coba adalah Soto Bathok Mbak Katro. Kuliner ini sangat cocok untuk kamu santap saat sarapan atau makan siang.

Ciri khas dari menu soto ini adalah pada kuah kaldu jernihnya yang disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Sunggu penyajian yang unik.

Kamu juga bisa menambahkannya dengan berbagai lauk tauk tambahan seperti telur puyuh, sate usus, tempe goreng, hingga krupuk sebagai pelengkap. Warung Soto Bathok Mbak Katro ini terletak tidak jauh dari kawasan wisata Candi Sambisari.

Sate Klatak Pak Bari

Credit: Republica

Ada banyak jenis sate-satean yang populer di Pulau Jawa dan Yogyakarta. Salah satu yang paling khas di Jogja adalah sate klathak. Sate Klatak Pak Bari ini sudah berdiri selama tiga generasi lamanya.

Hingga saat ini pun masih konsisten menjaga cita rasanya yang diwariskan turun temurun. Tidak hanya legendaris, warung makan ini juga pernah menjadi salah satu lokasi shooting dalam film populer “AADC 2”.

Warung sate klatak ini semakin ramai dibicarakan sehingga pengunjungnya pun semakin banyak hingga kamu harus rela mengatri panjang untuk mendapatkan seporsi Sate Klatak Pak Bari.

Es Buah PK

Credit: BrilioFood

Es buah pasti sudah biasa kamu temui di mana-mana, tapi tidak dengan es buah yang satu ini. Racikan Es Buah PK ini sudah ada sejak tahun 1973. Warung Es Buah PK berlokasi di Jalan Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan.

Kuliner legendaris ini terbuat dari ragam buah segar seperti sawo, kelapa mudah, nanas, nangka, dan campuran cincau. Kemudian di tambahkan es serut dan krimer kental manis coklat.

Harganya pun masih sangat terjangkau. Bahkan, kamu sudah bisa menemukannya diberbagai aplikasi ojek online dan delivery makanan.

Gudeg Pawon

Credit: Bakpia Kukus Jogja

Berbicara soal makanan legendaris Jogja, Gudeg Pawon bisa menjadi salah satu kuliner yang bisa kamu coba. Konsepnya unik, kamu bisa mengambil atau meracik sendiri gudeg dan laut pilihan yang ingin kamu santap.

Konsepnya pawon atau dapur menawarkan kamu pengalaman makan layaknya di rumah sendiri. Cara memasaknya pun unik karena masih menggunakan tungku kayu tradisional untuk mengontrol kualitas makan dan membuat cita rasa gudeg menjadi lebih lezat.

Baca Juga: Tempat Liburan Keluarga di Jogja

Sego Pecel Bu Wiryo

Credit: IDN Times

Warung nasi pecel legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1959 yang awalnya berlokasi di Kantin Fakultas Teknologi Pertanian dan Perhutanan UGM.

Sego Pecel Bu Wiryo atau lebih dikenal SGPC oleh kalangan alumni UGM ini sudah populer sejak dulu karena cita rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau.

Bahkan, Presiden Jokowi pun pernah menjadi salah satu pelanggan setianya saat masih berkuliah di UGM.

Ronde Kauman Mbah Payem

Credit: Tribunnews

Salah satu kuliner legendaris di Jogja ini sangat cocok kamu konsumsi saat udara dingin pada malam hari. Rasanya manis dan hangat karena terbuat dari kuah jahe yang dipadukan dengan tepung beras isi gula jawa, kolang kaling, kacang tanah, dan potongan roti tawar.

Rasakan sensasi malam Jogja sambil menikmati semangkuk Wedang Ronde Kauman Mbah Payem pasti lebih nikmat.

Jajan Pasar Mbah Satinem

Credit: Dewipuspasari

Kangen jajanan pasar yang otentik seperti Djogja zaman doeloe? Kamu bisa berburu kuliner legendaris di Jajan Pasar Mbah Satinem. Banyak jajanan otentik Jawa yang hanya bisa kamu temukan di sini.

Kamu bisa menemukan berbagai jajanan enak seperti lupis, gatot, tiwul, cenil dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada berbagai jenis gorengan yang bisa melengkapi jajanan pasar tradisional.