Kuliner Melayu Favorit. Kota Batam, dikenal sebagai surga belanja dan tempat transit sebelum ke Singapura atau Malaysia, tapi bagaimana dengan Kuliner Melayu nya?

Menjadi tempat berkumpulnya berbagai pendatang yang kebanyakan berasal dari pulau Sumatera, menjadikan kuliner di Batam kental dengan unsur melayu.

Meskipun kamu bisa menemukan menu kuliner yang sama di setiap daerah, tapi yang membedakan tetaplah cita rasa atau proses pengolahannya. Keanekaragaman rasa kuliner adalah kekayaan kuliner nusantara.

Batam memang belum terlampau dikenal sebagai tempat yang menancapkan kenangan akan kulinernya, padahal kuliner Melayu di Batam memiliki kekayaan rasa yang khas.

Saat kamu mengunjungi kota perbatasan ini, ada 9 makanan yang harus kamu coba cicipi, penasaran? Ini dia…

Gong-Gong, Ikon Kuliner Melayu dari Batam

gong gong, ikon kuliner melayu dari batam
gong gong, ikon kuliner melayu dari batam

Jika berbicara makanan yang satu ini, kamu pasti sering menemuinya di menu makanan di berbagai restoran seafood yang ada di Indonesia.

Tapi Gong-gong di Batam adalah ikon kuliner disini yang merupakan jenis siput laut yang disajikan dengan cara direbus atau ditumis dengan bumbu khusus khas Batam.

Jadi, jika kamu datang mengunjungi kota Batam, kamu bisa menemukan dengan mudah makanan ini sambil menikmatinya bersama keluarga.

Teh Tarik

Minuman yang bisa kamu temui hampir di semua kota yang kamu kunjungi?

teh tarik khas Batam
teh tarik khas Batam

Jangan salah, seperti yang sudah dibilang di pembukaan artikel ini tadi. Sekalipun kamu bisa menemukan menu yang sama di setiap daerah, yang membedakan tetaplah cita rasa atau proses pengolahannya. Salah stunya kuliner Melayu dari Batam ini.

Jadi tidak ada salahnya kamu tetap mencobanya, karena kamu tidak akan pernah tahu apa bedanya dengan teh Tarik yang biasa kamu minum jika belum mencobanya kan?

Sup ikan Tenggiri

Pernah makan ikan dengan kuah bening? Mungkin sekarang yang ada di benakmu, menganggap makanan ini amis? Benar?

sup tenggiri Kuliner melayu
sup tenggiri Kuliner melayu

Tapi jangan menduga dulu sebelum kamu sendiri mencobanya. Dijamin kamu akan minta tambah jika sudah mencicipnya sendiri.

Sop ikan tenggiri ini berisikan potongan ikan tenggiri putih ditambah irisan sawi putih dan tomat muda, disajikan dengan kuah bening dari bawang putih dan ebi sangrai.

Rasanya yang asam, segar dan juga gurih, ditambah tanpa aroma anyir, akan memanjakan lidahmu saat kamu berkunjung ke Batam.

Nasi Dagang Atau Nasi Lemak

Sebenarnya makanan satu ini berasal dari Negara tetangga Malaysia, namun dikembangkan juga di Indonesia, dan menjadi kuliner Melayu yang khas di kota Batam.

Nasi lemak Batam
Nasi lemak Batam

Tidak jauh berbeda dari nasi dagang Malaysia, sama-sama berupa nasi lemak dengan lauk utama ikan tongkol. Bedanya nasi dagang di sini kerap ditambahi potongan telur rebus.

Bahkan beberapa menyajikan nasi dagang dengan berbagai pilihan lauk sesuai selera selain kari ikan tongkol.

Tertarik untuk mencoba?

Luti Gendang, Kuliner Melayu
Sajian Khas Pembuka dari Batam

Luti gendang ini adalah sajian khas pembuka atau camilan di kedai-kedai yang menjual Mie Tarempa. Kuliner Melayu ini bentuknya seperti roti goreng yang dalamnya berisi abon ikan tuna.

Rasanya gurih, karena isian abon ikan yang ada di dalamnya, sedangkan rotinya renyah diluar namun lembut di dalam.

Selain menjadi cemilan, Luti Gendang ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh terkenal khas Batam.

Mie Lendir

Jangan geli dulu dengan namanya ya, karena ras mie lendir ini akan membuatmu ketagihan jika sudah sekali mencobanya.

Kuliner Melayu ini menjadi salah satu pilihan menu sarapan di kota Batam, mie lendir ini merupakan mie kuning yang disajikan dengan bumbu kuah kental, dilengkapi dengan irisan telur, tauge, irisan cabe, bawang goreng dan seledri.

Bingkai Bakar

Kue khas Melayu berbentuk bunga satu ini memiliki pikat tersendiri untuk penikmatnya, tidak hanya dari warga lokal saja, tapi wisatawan mancanegara juga menyukainya.

Kue khas Melayu, bingkai bakar
Kue khas Melayu, bingkai bakar

Bahkan wisatawan dari Malaysia dan Singapura pun terkadang sengaja mampir ke Batam demi bisa membeli kue ini.

Tidak hanya rasa pandan yang merupakan rasa asli kue ini, saat ini bingkai bakar juga memiliki rasa lain. Seperti pandan keju, cokelat, wijen dan rasa lain yang lebih modern.

Mie Tarempa

Satu lagi sajian mie khas dari Batam yang bisa kamu cicipi saat berkunjung di sini, yaitu mie Tarempa.

mie tarempa, sajian mie khas dari Batam
mie tarempa, sajian mie khas dari Batam

Mie Tarempa bisa disajikan dengan dimasak kering seperti mie goreng, atau berkuah sedikit atau sering disebut nyemek dan yang terakhir, disajikan dengan kuah atau sering disebut mie basah.

Isian di dalam makanan ini ada mie, tauge, telur dan potongan ikan. Biasanya penjual mie Tarempa ini juga menyediakan Luti Gendang sebagai jajanan pembuka.

Olahan Kepiting

Olahan Kepiting , kuliner Melayu batam
Olahan Kepiting , kuliner Melayu batam

Sama halnya dengan teh Tarik, meskipun kamu sering menemukan menu masakan ini di berbagai daerah asal kamu, atau yang pernah kamu kunjungi.

Letak perbedaannya adalah di bagaimana cara pengolahannya juga bumbu yang digunakan didalam masakannya yang menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda di setiap daerahnya.

Begitu juga dengan olah kepiting yang bisa kamu jumpai di sini, meski kamu sudah sering menjumpai makanan ini di beberapa daerah lain, tapi saat kamu merasakan sendiri, kamu akan mengerti bagaimana khasnya olahan kepiting di sini.

***

Sudah cukup membuatmu ngiler belum? Jangan lupa mencobanya ya saat kamu berkunjung ke Batam, atau bawakan oleh-oleh untuk Labiru sekalian. Hehehe

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0823-1405-7888 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda