Mendengar kata kuliner Unik Jogja, pasti kamu akan langsung membayangkan makanan manis seperti Gudeg, Yangko, dan bakpia.

Kepopuleran tiga jenis kuliner tersebut memang sudah sangat banyak orang yang mengetahuinya. Tapi jangan salah, masih ada banyak kuliner lainnya, dan tidak kalah enaknya yang bisa kamu coba.

Berikut beberapa kuliner unik di Jogja yang wajib kamu coba saat kamu mengunjungi kota Jogja yang istimewa. Siap-siap ngiler ya.

 

Gudeg Mercon Kuliner Unik Jogja yang Luar Biasa

Gudeg memang menjadi makanan tradisional khas Jogja. Makanan tradisional ini berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan serangkaian bumbu dan didominasi oleh rasa manis.

Tapi kali ini kamu akan merasakan gudeg dengan sensasi rasa lain yang unik, yaitu Gudeg Mercon yang terletak di Jalan Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta.

kuliner unik jogja

Gudeg Mercon Bu Tinah ini memang berbeda rasanya dari gudeg lain di Jogja, karena gudeg ini memiliki rasa pedas yang membakar lidah.

Lauk yang disajikan untuk melengkapi gudeg mercon di warung ini cukup beragam, mulai dari telur, gorengan, ceker goreng tepung, ayam kampung, dan sate ayam.

Jika warung gudeg lain buka dari pagi hingga malam hari, tapi, Gudeg Mercon Bu Tinah ini baru buka dari jam 20.00-03.00 dini hari. Harga yang di bandrol pun hanya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

 

Sate Kere yang Tidak Akan Membuatmu ‘Kere’

‘Kere’ dalam Bahasa Jawa berarti miskin. Tapi sate ini bukan ditujukan untuk orang miskin saja ya, melainkan diberi nama kere karena harganya yang memang bersahabat bagi kantung semua orang.

Berbeda dengan sate kebanyakan yang berkuah kacang, Sate Kere terbuat dari daging sapi yang kemudian dipadukan dengan lontong dan potongan kuah saur tempe.

kuliner unik jogja

Untuk mendapatkan sate ini kamu perlu pergi ke Jalan Godean km 7. Kamu tidak akan susah menemukan warung Sate Kere Pak Mardi ini, karena tempatnya selalu ramai pengunjung.

Warung sate ini buka dari pukul 5 sore hingga 10 malam. Harga yang dipatok pun sangat bersahabat, sekitar 7.000 ribu rupiah saja per porsi.

 

Mie Persis Seperti Gambar di Kemasannya? Bisa Saja

Ingin merasakan makan mie yang penampilannya sama persis dengan seperti yang ada di bungkusnya? Kamu wajib coba ke warung Mie Persis Telap 12.

Tidak hanya unik di nama, warung ini memang memiliki inovatif dalam menyajikan menu mie instan yang jadi menu utamanya.

kuliner unik jogja

Jika di warung lain, mie disajikan begitu saja, di sini kamu akan menemukan mie yang disajikan sama persis dengan gambar yang ada di bungkusnya.

Warung ini terletak di dekat XT Square, Jalan Pandeyan, dan buka mulai dari ja 5 sore sampai 12 malam. Jika kamu ingin ke sini, jangan malam-malam ya, karena semakin malam semakin ramai.

 

Nasi Goreng Kalkun, Kuliner Unik Jogja yang Membuatmu Tertegun

Jika biasanya kamu akan selalu mendapatkan rekomendasi nasi goreng adalah nasi goreng sapi kridosono. Kali ini ada nasi goreng tidak kalah enaknya yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.

Warung sederhana ini menyajikan nasi goreng dan rica-rica dengan 2 pilihan daging; enthok dan kalkun.

kuliner unik jogja

Daging kalkun yang dimasak hingga empuk dengan dipadu bumbu rempah yang meresap. Benar-benar perpaduan yang akan menggugah selera.

Rasa nasi gorengnya sama enaknya karena pada dasarnya menggunakan bumbu dari rica-rica. Harga nasi goreng di sini berkisar antara 10.000-15.000 rupiah.

Pastikan kamu tidak datang kemalaman ya karena biasanya di atas pukul 20.00, daging kalkunnya sudah habis.

 

Tengkleng Gajah, Tapi Bukan Dari Daging Gajah

Sebenarnya warung makan Tengkleng Gajah yang ada di Jalan Kaliurang km 9 ini, disebut tengkleng gajah karena porsi jumbo dalam penyajian tengklengnya.

Daging dan tulang kambing dipadu dengan racikan bumbu yang masuk hingga ke tulang mampu membuat nafsu makanmu naik.

kuliner unik jogja

Bumbu rempahnya juga meresap, apalagi rasa dari kuah kental tengklengnya. Daging tetelan yang masih menempel pada tulang kambing juga bertekstur sangat lembut dan mudah sekali untuk ditarik lepas dari tulangnya.

Harganya pun cukup bersahabat, sekitar Rp 20.000-Rp 30.000 tiap porsinya. Warung makan ini buka dari pukul 09.00 hingga 21.00.

 

Kuliner Unik Jogja, Mie Jawa Yang Sangat Njawani

Tidak lengkap rasanya jika kamu ke Jogja tapi belum merasakan kuliner mie Jawa ini. Salah satu warung bakmi jawa yang cukup unik adalah warung bakmi jawa mbah Gito.

Karena saat kamu makan di sini, kamu bisa merasakan sensasi makan seperti dirumah sendiri, karena interior warung yang njawani, dan hampir seluruh interior didominasi dengan materi kayu.

kuliner unik jogja

Bahkan beberapa masih berwujud kayu mentah seperti pohon yang menambah keunikan dari tempat ini. Ditambah lagi ada panggung mini dibagian pojok warung yang disediakan untuk tempat pertunjukan wayang kulit setiap malam minggu.

Di warung bakmi Jawa mbah Gito yang terletak di Jalan Ni Ageng Nis, No.9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta ini kamu bisa mencicipi ragam menu yang disajikan, mulai dari bakmi godhog, bakmi goreng, hingga nasi goreng.

Warung ini buka dari jam 10.00-23.00 jadi kamu tidak perlu takut kemalaman saat ingin mengunjungi warung bakmi Jawa mbah Gito ini.

 

Sop Ayam Merah, Kuliner Unik Jogja dengan Kuah Merah

Jika kamu biasanya menemukan sop ayam dengan rasa gurih, dan kamu sudah bosan dengan rasa itu, kamu wajib coba sop merah.

Warung kecil ini berada tepat di pinggir lampu merah di pertigaan Jalan Kolonel Sugiono. Ketika kamu pertama kali datang, kamu bisa memilih sendiri isian dari sop ayam yang kamu pesan.

Kamu bisa memilih kepala, ceker, ati ampela, sayap, atau paha yang akan menjadi isian sop merahmu. Kemudian kamu juga bisa minta level pedas yang kamu mau.

 

Rumah Makan Lombok Ijo, Sego Abang

Rasa kuah dengan perpaduan gurih kaldu ayam dan pedas cabe, belum lagi rasa asam di dalam sup yang membuat kuah sup jadi terasa hangat dan segar. Dijamin akan membuatmu ketagihan.

Warung sup merah ini juga terhitung unik dan beda dari warung biasanya. Jika di warung kebanyakan penyajian sup tinggal menambahkan kuah yang telah dihangatkan.

Maka di warung sup merah ini kamu harus sabar menanti karena sup yang dipesan harus dimasak satu persatu.

 

Angkringan dengan Menu Bento

Angkringan menjadi salah satu hal yang akan kamu rindukan dari kota istimewa ini, karena setiap melintasi ruas jalanan Jogja kamu pasti bisa melihat dan menemui banyak angkringan.

Jika kamu sudah bosan dengan angkringan biasa, di Jogja kamu juga bisa mencoba angkringan yang tidak biasa, yaitu angkringan Bento.

 

Angkringan ini berkonsep budaya Jepang, dari dekorasi khas Jepang hingga makanan pun ala Jepang, tapi, kamu bisa tetap makan enak walaupun dompet tipis. Benar-benar unik, bukan?

Warung angkringan sederhana ini terletak di di Jalan Manggis blok C, Klebengan, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Jika biasanya kamu akan menemukan nasi bungkus dengan variasi rasa nasi bandeng, nasi oseng, dan bihun, maka disini, kamu bisa memilih nasi bento ayam, atau bento sapi.

Lauk pauknya pun yang biasanya gorengan, maka, di angkringan Bento ini kamu bisa menemukan ekado isi telur nugget, fishrolade, ebifurai isi udang, katsu atau ayam, kroket, dan chicken roll.

Rasa Jepang tapi bungkus Jawa deh, pokoknya. Wajib coba.

 

Rumah Makan Lombok Ijo, Sego Abang

Puas menjajal kuliner unik di Jogja yang berbeda? kini saatnya kamu kembali merasakan makanan tradisional di Rumah Makan Lombok Ijo Sego Abang Ibu Murni.

Rumah makan sederhana ini berlokasi di Jalan Pakem Turi No. 1. Warung ini selalu dipadati banyaknya mobil berplat dalam maupun luar kota.

Jika kamu rindu dengan masakan ala desa, rumah makan ini bisa menjadi alternatif, untuk mengobati kerinduanmu.

Disini kamu bisa menemukan nasi merah, sayur Lombok ijo, belut Lombok ijo, oseng Lombok ijo, sayur daun pepaya.

Ragam lauk pauk seperti wader goreng, ati ampela, empal goreng, hingga ayam kampung juga tersedia di sini. Untuk minuman ala desa, kamu bisa memesan segelas wedang uwuh atau teh poci gula batu.

..

Dari semua kuliner unik Jogja di atas, mana nih yang paling ingin kamu coba? Atau ada yang sudah pernah mencobanya? Mana yang jadi favoritmu?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda