Larangan Ketika Snorkeling – Snorkeling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Menyaksikan keindahan bawah air, berenang bersama ikan-ikan kecil, sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Tapi snokerlingmu bisa berakhir bencana jika kamu melakukan kesalahan-kesalahan berikut.

Apa saja sih Larangan Ketika Snorkeling yang sebaiknya kamu hindari ketika Snorkeling? Yuk simak tips dari Labiru ini.

 

Melewati Batas Aman | Larangan Ketika Snorkeling

Indonesia memiliki banyak sekali tempat diving yang indah indah dan eksotis. Salah satunya Gili Air yang memiliki ombak tenang dan aman untuk kamu rule pemula. Meski aman, kamu pun harus tahu area mana saja yang boleh atau tidak boleh dilewati saat snorkeling.

 

Melewati Batas Aman | Larangan Ketika Snorkeling

Credit: Sfidn Fits

Pasalnya, bisa jadi di luar batas area ombak laut malah besar sehingga kamu pun tidak dapat mengendalikan diri. Bisa jadi, kamu bakalan tersapu ombak dan tenggelam karena melanggar batas area. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lebih baik cari tahu dulu informasi mengenai tempat yang bakal kamu jelajahi. Atau juga bertanya kepada guide.

 

Menahan Nafas Terlalu Lama | Larangan Ketika Snorkeling

Salah satu cara menyelam lama adalah menahan nafas. Memang terlihat keren dimata banyak orangn, namun jangan sampai kamu melakukan hal tersebut. Ya, menahan nafas terlalu lama ternyata membuat paru-paru akan kekurangan pasokan oksigen.

 

Menahan Nafas Terlalu Lama | Larangan Ketika Snorkeling

Credit: Sfidn Fits

Akibatnya, kamu bisa meninggal kapan saja saat berada di dalam air. Jika pun ingin snorkeling dalam waktu yang lama, lebih baik berlatih pernafasan terlebih dahulu. Imbangi juga dengan olahraga rutin, tidak merokok, serta bermain alat musik tiup.

 

Mudah Panik di Dalam Air | Larangan Ketika Snorkeling

Suka panik sendiri? Wah, lebih baik tunda dulu rencanamu untuk menyelam dalam air, apalagi tanpa guide. Selain karena ketiga alasan di atas, meninggalnya seseorang saat snorkeling diakibatkan karena kepanikannya sendiri saat berada di dalam air.

 

Melewati Batas Aman | Larangan Ketika Snorkeling

Credit: Sfidn Fits

Seperti saat snorkel kemasukan air, beberapa orang lebih memilih melepas saat itu juga. Padahal, langkah tersebut salah dan membuat kepanikan lainnya. Bahkan, kamu pun bisa saja tenggelam di waktu tersebut. Tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Lebih baik bersikap tenang, jika merasa ada sesuatu yang salah, segera naik ke permukaan.

 

Tidak Memakai Pelampung

Satu lagi yang belakangan diketahui dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian saat snorkeling adalah tidak memakai pelampung. Kamu yang sudah mahir dalam berenang mungkin cepat mengambil tindakan saat tersapu ombak.

 

Tidak Memakai Pelampung

Credit: Sfidn Fits

Namun, tidak bagi pemula. Lebih baik gunakan pelampung karena sangat aman dalam keadaan apapun.

 

Memegang Biota Laut

Larangan memegang atau menginjak biota laut bukan dibuat tanpa alasan. Selain untuk menyelamatkan kehidupan mereka, ada beberapa hewan yang ternyata dapat membahayakan nyawa kita. Salah satunya adalah Konus, jenis molusca berbentuk kerucut yang cukup cukup berbahaya bahkan mematikan saat tersengat.

 

Memegang Biota Laut

Credit: Sfidn Fits

Selain itu ada Ikan Batu yang ternyata merupakan ikan paling beracun di dunia dengan 13 duri yang terdapat di punggungnya. Tidak ingin meninggal karena mereka bukan? Ingat, gunakan perlengkapan menyelam seperti pakaian selam, snorkel dan fins serta jangan sekali-kali menyentuh biola laut ya!

 

.

Nah itulah Larangan Ketika Snorkeling yang tidak boleh kamu lakukan supaya aktivitas snorkelingmu jadi aman. Jangan sampai lupa ya! Selamat liburan.