Tour Malang – Seiring berjalannya waktu, Kota Malang yang terkenal dengan produk olahan buah apelnya ini  semakin berkembang dan mulai memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pilihan tempat wisata yang menarik serta aktivitas yang seru untuk dicoba. 

Coban Rondo menjadi salah satu destinasi favorit di Kota Malang yang seringkali menjadi pilihan utama para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan mencoba keseruan berpetualang di kawasan tersebut. Tidak hanya tempatnya yang indah, air terjun ini juga menyimpan cerita legenda dan mitos yang masih menyelimutinya hingga kini.

Legenda & Mitos Coban Rondo

Kata coban berarti air terjun, dan rondo yang berarti janda. Coban Rondo, dalam bahasa Jawa, secara harfiah berarti ‘air terjun janda’. Penamaan tersebut diambil karena kaitanya dengan legenda yang beredar luas di kalangan masyarakat Malang. Legenda ini berkisah tentang sepasang pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan suaminya Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara.

Saat usia pernikahan mereka mencapai usia 36 hari atau di Jawa terkenal dengan istilah selapan, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke Gunung Anjasmara. Hal ini sempat ditentang oleh orang tua mempelai karena dianggap pamali, tetapi mereka tetap bersikeras untuk melanjutkan keinginannya.

Di tengah perjalanan keduanya bertemu dengan Joko Lelono. Tanpa alasan yang jelas, tampaknya Joko Lelono ini tertarik dengan kecantikan Dewi Anjarwati sejak pandangan pertama. Joko Lelono berupaya untuk merebut Dewi Anjarwati dengan menantang Raden Baron untuk adu kekuatan. Sang istri diminta untuk berlindung di balik air terjun sembari menanti kedatangan suaminya untuk menjemput.

Naasnya harapan tersebut tidak akan terwujud, dalam pertarungan yang berlangsung selama tiga hari tersebut Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono sama-sama ditemukan tewas dalam pertarungan. Air terjun tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya diberi nama Coban Rondo, karena statusnya yang menjadi janda (rondo) karena peristiwa tersebut.

Kesedihan dari Dewi Anjarwati dipercaya membawa kutukan bagi tempat ini. Terdapat mitos yang beredar bahwa membawa pasangan ke air terjun ini akan mengakibatkan hubungannya  tidak awet sampai ke pelaminan karena diyakini terkena kutukan tersebut. Meskipun demikian, ini hanyalah mitos yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Daya Tarik Coban Rondo

Terletak di Kecamatan Pujon Malang, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota malang dengan estimasi perjalanan darat sekitar satu jam. Perjalanan menuju air terjun tidaklah sulit karena dari kota sudah ada akses jalan yang baik sehingga mudah untuk ditempuh dengan berbagai kendaraan.

Air Terjun Coban Rondo merupakan tempat wisata yang memberikan sajian panorama alam air terjunnya yang indah. Sumber mata airnya berasal dari kaki lereng Gunung Kawi yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Disarankan bagi wisatawan untuk berkunjung saat musim kemarau, karena karena debit airnya tidak begitu besar dan kondisi  jalannya juga tidak terlalu licin.

Dengan ketinggian 84 meter, air terjun ini akan membuat pengunjung yang mendekatinya dapat merasakan sensasi sejuknya titik-titik air yang diterbangkan angin. Lingkungan sekitarnya yang dipenuhi tebing-tebing hijau dan rimbunnya pepohonan pinus menawarkan pemandangan yang mempesona dan menyegarkan mata mata setiap pengunjung yang menikmatinya. 

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Air Terjun Coban Rondo cukup terjangkau, untuk hari biasa tiket dipatok harga sebesar Rp30.000, sedangkan pada hari libur sebesar Rp40.000 rupiah. Biaya ini tidak mencakup fasilitas wahana permainan, pengunjung akan dikenakan tarif tersendiri sesuai dengan wahana yang ingin dinikmati.

Wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang memukau, tetapi ada juga kegiatan lain yang tidak kalah menyenangkan yaitu adanya area untuk outbond. Salah satu wahana yang dapat memacu adrenalin yaitu Fun Tubing yang dilakukan di sungai dengan arus yang cukup deras. Selain itu, banyak aktivitas lain mulai dari permainan ATV, labirin, wisata berkuda, flying fox, dan lainnya.

Air Terjun Coban Rondo memiliki jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Coban Rondo juga dilengkapi dengan beragam spot kuliner, fasilitas toilet, mushola, dan pilihan penginapan untuk kenyamanan pengunjung selama berlibur.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang