Berbicara keindahan, tidak melulu soal alam. Karena keindahan bisa diciptakan oleh manusia, hasil karya dari sebuah cerita. Perjalanan di kota Medan kali ini, kamu bisa mengunjungi keindahan karya ciptaan manusia yang dilihat dari umurnya. Seperti Masjid Raya Al Mashun atau lebih dikenal Masjid Raya Medan ini.

Kamu tidak akan percaya bahwa sebenarnya bangunan ini belum pernah benar-benar direnovasi. Jadi keaslian bentuknya masih terjamin. Selama ini hanya dilakukan perbaikan-perbaikan kecil, dan pembangunan sarana tambahan tapi tidak sampai mengubah bentuk.

Ingin tahu kali ini apa saja keindahan yang kamu temukan di destinasi Masjid Raya Al Mashun ini? simak sampai habis artikel ini ya!

Megahnya Masjid Raya Al Mashun

Megahnya Masjid Raya Al Mashun

Sudah pernah mengunjungi Masjid Raya Al Mashun ini? Salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Medan? Setelah kemarin mengunjungi Asia Tenggara, sekarang saatnya terbang dan merasakan keindahan dari bangunan-bangunan dengan nuansa Asia Timur.

Masjid Raya Al Mashun terletak di inti kota Medan tepatnya di Jalan Sisinga Mangaraja Medan ini memiliki banyak sekali sisi menarik yang patut kamu kulik.

Tempat Sujud di Masjid Raya Al Mashun ini Menampilkan Kesan Megah dan Akulturasi

Jika kamu melihat secara keseluruhan dari tempat ibadah ini, kesan megah akan langsung kamu dapatkan. Jelas saja karena bangunan utamanya terletak di tengah hamparan seluas kurang lebih satu hektare.

Di sini kamu juga akan merasakan nuansa akulturasi yang terasa kental di bangunan megah ini, kamu dapat melihat dari gaya arsitekturnya, yang merupakan perpaduan dari tiga Negara, yaitu India, Arab, dan Andalusia (Spanyol).

Rute Masjid Raya Al Mashun

Interior Masjid Raya Al Mashun

Masjid ini berbentuk bujur sangkar, dengan bagian gerbang besar yang dinaungi kubah-kubah hitam di keempat sudutnya. Di tengah-tengah empat kubah itu, ada kubah utama yang juga berwarna hitam.

Berdominasi warna putih, masjid ini terlihat begitu hidup. Pilar-pilar yang terdapat pada setiap sisi bangunan utama mengambil corak khas Korboda, Spanyol, terutama lengkungan bagian atas yang berbentuk setengah lingkaran dan diameter pilar yang tidak besar.

Kamu juga dapat melihat gaya arsitektur Spanyol dari birai-birai jendela yang menjadi jalan masuknya cahaya matahari dari luar, serta mihrab tempat imam memimpin sholat berjamaah.

Sudah terbayang megahnya bangunan tempat ibadah yang bersejarah nan indah ini?

Kamu bisa melihat arsitektur dari tiga Negara sekaligus di dalam satu bangunan ini.

Bangunan Dengan Segi Delapannya, Bangunan Berusia Satu Abad Lamanya

Jika kamu ingin masuk ke ruang sholat, kamu harus melalui tangga hubung, karena tempat tersebut letaknya lebih tinggi daripada beranda.

Saat kamu memasuki ruangan ini, kamu bisa menemukan bahwa ruangan ini bentuknya segi delapan tidak sama sisi, dan alasannya, katanya sih disesuaikan dengan arah mata angin. Wah bisa terbayang kan? Keren pasti!

Di dalam bangunan ini kamu juga akan banyak menemukan dekorasi yang megah dan indah. Dekorasi di sini memang diimpor dari mancanegara, seperti marmer dari Italia, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung dari Prancis.

Wah…wah…wah… sepertinya cuma kata-kata itu saja yang dapat keluar saat pertama kali kamu berkunjung dan melihat sendiri ke sini.

Oiya, tahu tidak berapa usia dari bangunan megah dan kokoh serta indah ini? Jangan kaget ya kalau kamu tahu tahun berapa bangunan ini di bangun!

Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai di tahun 1909 oleh arsitek asal Belanda, dan sekarang sudah 2018 berarti sudah satu abad usia bangunan ini, dan masih seindah, semegah dan sekokoh ini? Luar biasa…

Perlu kamu tahu juga nih kalau selama itu belum pernah ada renovasi yang sampai mengubah bentuk dari bangunan ini, jadi keaslian Masjid Raya Al Mashun ini masih bertahan hingga saat ini.

Katanya sih perawatan yang dilakukan hanya sekedar pengecatan, perbaikan jika ada yang bocor dan penambahan bangunan hanya dilakukan pada area kamar mandi wanita saja lho.

Gimana nih, sudah cukup membuat kamu ingin melihat keindahan yang megah dari karya manusia di bumi Indonesia yang satu ini? Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan Akhir Tahun kamu bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda