Oleh-Oleh Khas Manado  – Kota manado, Sulawesi Utara selama ini dikenal sebagai kota yang memiliki spot diving yang indah. Kamu pastinya kenal dong Taman Laut Bunaken yang sangat terkenal itu.

Tapi Manado tak hanya terkenal karena Bunaken, Manado juga memiliki kuliner lezat yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Apa saja sih oleh-oleh khas Manado itu ? ini List dari Labiru.

 

Klappertaart, Oleh-Oleh Khas Manado

Inilah oleh-oleh paling terkenal dari Kota Mandao. Klaapertart. Klaapertaart sesungguhnya adalah kue khas dari negeri Belanda. Klaapertaart memiliki arti cake kelapa, atau kue kelapa. Bahan dasar klapertaart sendiri adalah  kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut.

Klappertaart, Oleh-Oleh Khas Manado

Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam jika dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Tetapi jika kamu berencana untuk membawanya terbang dari  Manado ke kota lainnya kue ini masih bisa bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es. Harga klapertaart ini berkisar antara 55.000 rupiah hingga 60.000 rupiah tergantung ukurannya.

 

Panada, Oleh-Oleh Khas Manado

Panada sebenarnya bukanlah makanan asli Manado. Makanan ini sebenarnya adalah makanan yang dibawa oleh bangsa Portugis ketika menguasai Sulawesi Utara.  Nama Panada sendiri memiliki makna empanada, yaitu isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti.

Panada, Oleh-Oleh Khas Manado

Kue ini memiliki bentuk seperti pastel, tetapi dengan isian berbeda yaitu ikan cakalang dibumbu panpis. Bahan dasar panada sendiri adalah ikan cakalang yang dimasak bersama bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Harga kue ini dibandrol mulai1.250 rupiah.

 

Halua Kenari, Oleh-Oleh Khas Manado

Halua Kenari adalah kue khas Manado yang terbuat dari bahan utama kacang kenari. Kacang kenari adalah tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari dibaluri dengan gula merah yang sudah dicairkan.

Halua Kenari, Oleh-Oleh Khas Manado

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. Harga yang dipatok untuk makanan ini berkisar antara 10.000 – 45.000 rupiah tergantung dari ukuran dan berat isinya. Kudapan ini adalah teman sangat cocok sebagai teman secangkir teh atau kopi.

 

Cakalang Fufu

Kalau tiga makanan diatas adalah makanan yang manis dan kudapan kali ini saatnya makanan yang menjadi trademark dari kota Manado, yaitu makanan pedas. Pencinta makanan pedas pasti suka dengan cakalang fufu. Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang diasapi. Proses pengasapan di Manado disebut fufu. Itulah kenapa makanan ini disebut sebagai cakalang fufu. Ikan cakalang ini bisa dijumpai di Pelabuhan Nelayan Bitung.

Cakalang Fufu

Banyaknya pasokan ikan membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu kurang lebih 4 jam. Harga per ikan bervariasi tergantung dari ukurannya, biasanya berkisar antara35.000  hingga 60.000 rupiah.

 

Sambal Roa

Sambal roa adalah sambal khas kota Manado yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Sambal satu ini juga memiliki banyak penggemar. Sambal roa sendiri terbuat dari ikan roa yang sudah mengalami proses pengasapan. Ikan roa yang telah diasap kemudian dihancurkan hingga halus. Ikan roa halus ini kemudian dimasak bersama bumbu dan minyak. Sambal roa ini sangat lezat dinikmati bersama dengan nasi panas.

Sambal Roa

Pasangan serasi sambal ria adalah bubur Manado. Sambal roa bisa bertahan selama enam bulan di suhu ruangan, sedangkan bila disimpan dalam lemari pendingin, sambal ini bisa bertahan hingga satu tahun. Sambal ini dihargai 55.000 hingga 65.000 ribu rupiah.

 

Inilah tadi daftar oleh-oleh khas Manado yang wajib kamu bawa pulang ketika berkunjung ke kota ini.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda