Keindahan pantai di Banyuwangi tidak kalah dengan Pulau Bali. Begitulah kalimat yang bisa menggambarkan kota dengan sejuta pesona ini.

Ada banyak objek wisata yang indah dan mempesona di kota Banyuwangi ini, meskipun memang beberapa masih tersembunyi.

Kota Banyuwangi saat ini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata baru bertaraf internasional yang wajib untuk dikunjungi.

Kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini menyuguhkan berbagai destinasi wisata pantai dengan keindahan eksotis yang menakjubkan dan sayang untuk kamu lewatkan.

Pantai di Banyuwangi ini memang begitu menggoda untuk dikunjungi, dan inilah beberapa objek wisata pantai yang wajib kamu kunjungi saat di Banyuwangi.

Daftar Pantai di Banyuwangi yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah atau lebih dikenal Red Island ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib bagi kamu yang mengunjungi Banyuwangi.

Pantai ini berada di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran dan berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Pantai Pulau merah dengan latar bukit ikoniknya
Pantai Pulau merah dengan latar bukit ikoniknya

Keberadaan pantai ini memang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Pantai ini dikenal sebagai tempat favorit bagi peselancar pemula maupun profesional.

Tapi, yang menjadi objek paling terkenal di pantai ini adalah sebuah bukit hijau kecil yang memiliki tanah merah terletak di bibir pantai. Bukit ini bisa kamu datangi dengan berjalan kaki saja saat pantai sedang surut.

Menariknya meskipun pantai ini bernama Pantai Pulau Merah, tapi pantai sepanjang 3 km ini memiliki pasir berwarna putih.

Ada dua versi kenapa pantai ini dinamakan pulau merah, versi pertama karena tanah dan pasir sekitar pulau yang berada di tepian tersebut berwarna merah.

Sedangkan versi kedua karena ada yang mengatakan dulu pantai ini pernah terpancar cahaya merah dari pulau yang ada di pantai itu sehingga kemudian warga menamakannya Pantai Pulau Merah.

Pantai Plengkung

Pantai yang menjadi surga para pencinta olahraga surfing, dan belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke Pantai Pelengkung atau G-Land ini, terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, tepatnya berada di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

G-land pantai di banyuwangi
G-land view dari udara

Pantai berpasir putih yang dikelilingi hutan tropis yang masih asri ini, memang dikenal memiliki ombak yang diakui oleh dunia sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii.

Bahkan ombak pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu “The Seven Giant Waves Wonder” yang berarti 7 gulungan ombak.

G Land Pantai Plengkung – Blue Turtle

Selain terkenal dengan ombaknya, objek pantai G-Land ini banyak menarik pengunjung karena memiliki kawasan yang masih begitu alami, dan air pantai yang memiliki kombinasi tiga warna, yaitu putih, hijau, dan biru.

Pantai Wedi Ireng

Jika pantai biasanya hanya memiliki satu warna pasir yang pasti saja sudah banyak dikagumi, di Pantai Wedi Ireng ini kamu akan disuguhi dengan keindahan yang unik dan eksotik.

Pantai wedi ireng dari udara
Pantai wedi ireng dari udara

Keberadaan pantai yang masih begitu alami, dan keunikan pasirnya menjadi alasan banyak yang mengunjunginya. Karena di pantai Wedi Ireng ini, kamu dapat menemukan dua macam pasir.

Pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang sedikit kasar, dua pasir pantai yang bisa kamu temukan dalam satu wisata pantai. Menarik bukan?

Pantai Wedi Ireng ini menawarkan panorama pasir yang terbentang dengan keindahan air laut yang biru dan jernih, ditambah lagi dikelilingi oleh hamparan bukit hijau yang alami.

Sungguh sajian pemandangan oleh alam yang semakin menambah daya tarik pantai Wedi Ireng yang terletak di wilayah Dusun Pancr, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau

Pantai selanjutnya yang tidak kalah indah dan eksotis adalah Teluk Hijau. Pantai ini dinamakan teluk hijau karena, pantai berbentuk teluk ini berwarna hijau, jika kamu melihat pantai ini dari kejauhan.

Hal tersebut dikarenakan pantai teluk hijau ini terletak di kawasan perairan yang dangkal dan terdapat alga yang memantulkan warna hijau di dasarnya.

Putihnya pasir di Pantai teluk hijau banyuwangi
Putihnya pasir di Pantai teluk hijau banyuwangi

Pantai ini terletak di wilayah selatan Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Wilayah pantai ini, masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri.

Teluk hijau menyajikan perpaduan pasir putih dan air laut yang begitu jernih berwarna kehijauan. Suasana asri di pantai ini akan membuatmu merasa kagum.

Biasanya pantai Teluk Hijau ini sering menjadi persinggahan wisatawan yang tujuan utamanya ke Taman Nasional Meru Betiri.

Kamu bisa melihat keindahan pantai teluk hijau dari kejauhan di atas bukit saat melewati pantai ini, tapi tetap kamu akan merasakan surga yang sesungguhnya saat kamu berada di pantainya.

Pantai Pulau Tabuhan

Destinasi terakhir yang menyajikan wisata pantai eksotis di Banyuwangi kali ini adalah pantai di Pulau Tabuhan. Pantai yang menjadi surga untuk para snorkeler dan diver.

Pulau satu ini letaknya pesisir di Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Airnya yang begitu jernih dan bersih, membuat pantai ini di huni ribuan spesies ikan, bunga karang, terumbu karang, udang karang dan tumbuhan laut lain di bawah lautnya.

Kekayaan hayati bawah laut Itulah yang membuat pantai ini menjadi surganya untuk pencinta diving dan snorkeling.

Tidak hanya kekayaan bawah laut saja yang bisa kamu dapatkan di pantai ini, di darat pun kamu bisa menemukan banyak satwa yang hidup, seperti burung Maleo yang singgah ketika bermigrasi.

Bagi kamu yang tidak suka atau sedang tidak ingin bermain air, kamu bisa berkeliling Pulau Tabuhan atau sekedar menikmati matahari dengan berjemur di bawah terik sinar sang surya.

Oh iya, pulau ini juga cocok untuk kamu yang ingin menikmati sunrise ataupun sunset. Seperti paket lengkap bukan?

Nah, itu dia ulasan pantai dengan keindahan eksotis di Banyuwangi, sudah semakin ingin berkunjung kan? Dari semua pantai di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0813-2689-4433 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda