Pantai Sundak – Jogja benar-benar menyimpan keindahan alam yang tak ada habis-habisnya. Ada Gunung Merapi di utara, Kalibiru yang eksotis di Kulon Progo, hingga pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir Kulon Progo hingga Gunung Kidul.

Pantai Sundak

Salah satu pantai cantik yang ada di Gunung Kidul adalah Pantai Sundak. Selain identik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata, Pantai Sundak juga identik dengan kisah unik asal-usul namanya. Sebelum berangkat ke Pantai Sundak, kamu bisa lebih dulu “mengeksplor” pantai tersebut melalui tulisan di bawah ini!

 

Aktivitas Seru Di Pantai Sundak

Pantai ini merupakan salah satu pantai berpasir putih yang ada di Jogja. Kondisi ini menciptakan pemandangan kontras yang indah dengan air laut berwarna biru jernih dan deretan pohon hijau di pesisirnya. ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan Pantai Sundak tersebut secara maksimal, beberapa di antaranya adalah:

 

  • Menikmati Semilir Angin Pantai di Gazebo

Saat berlibur ke pantai, apakah kamu termasuk tipe orang yang ingin segera menceburkan diri untuk berenang atau lebih suka bersantai di tepi laut? Apabila termasuk tipe yang kedua, maka Pantai ini adalah destinasi wisata yang tepat untukmu.

Gazebo Pantai Sundak

Pantai ini memiliki area cukup luas yang bisa kamu manfaatkan untuk menggelar tikar dan berjemur di atas pasir. Tapi bagi yang tidak membawa tikar atau perlengkapan lain untuk berbaring di atas pasir pantai, kamu tak perlu khawatir. Di Pantai Sundak tersedia deretan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

 

Di samping itu, Pantai ini memang tidak diperuntukkan untuk aktivitas berenang karena banyaknya karang besar dan kasar. Saat bermain air di pinggir laut pun kamu harus ekstra hati-hati agar tidak terkena karang-karang tersebut. Jadi, bersantai di gazebo dapat menjadi opsi aktivitas yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai ini.

 

  • Melewatkan Malam dan Merasakan Kehangatan Api Unggun

Jika ada waktu lebih untuk berlibur, cobalah untuk menghabiskannya di Pantai ini hingga malam hari. Pesona Pantai Sundak saat malam hari tak kalah mengasyikkan dengan siang hari. Biasanya, orang-orang rule datang ke Pantai yang saat malam hari bakal menyalakan api unggun. Jika tertarik melakukannya, kamu bisa membeli kayu bakar tersebut di sekitar pantai.

Sambil menghangatkan diri Dari  dinginnya angin laut, kamu bisa memesan ikan mentah untuk dibakar bersama dengan teman-teman. Namun jika tak ingin memasak sendiri, warung-warung di sekitar bisa menyajikan makanan siap santap. Kamu pasti bakal betah menghabiskan waktu di Pantai Sundak!

 

 

Akses Menuju Pantai

Selain itu, kamu juga bisa melewati Jalan Imogiri Dari Persian pusat Kota Jogja. Jalurnya lebih sepi dibanding Jalan Wonosari, pemandangan sepanjang perjalanan pun juga tak kalah indah. Namun, ukuran jalannya lebih sempit sehingga kamu harus lebih waspada dan hati-hati apabila memilih jalur ini.

Apa pun jalur yang kamu pilih, pastikan untuk mengisi bahan bakar kendaraan terlebih dulu. Pasalnya, sepanjang perjalanan menuju Pantai ini kamu Akan sulit menemukan penyedia bahan bakar ataupun bengkel.

rute pantai

Bagi yang berencana berlibur ke Pantai Sundak menggunakan transportasi umum, kamu bisa memilih angkutan yang Dari  Terminal Giwangan Yogyakarta. Idealnya, perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam hingga bus berhenti di Pasar Wonosari.

Di sana, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus kecil menuju Pantai Krakal atau Pantai Baron. Perjalanan Akan memakan waktu sekitar 40 menit – 1 jam untuk sampai di Pantai Sundak.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda