Pantai Teluk Hijau – Banyuwangi, Jawa Timur, sudah lama dikenal dengan keindahan blue fire dari kawah Gunung Ijen. Juga deretan pantainya mulai dari Pantai Plengkung, hingga Pantai Pulau Merah yang menjadi surga bagi para pemburu ombak, alias para peselancar. Selain itu, Banyuwangi yang sering menjadi persinggahan bagi para pelancong yang ingin menyeberang ke pulau Bali masih memiliki pesona lain, bernama Pantai Teluk Hijau, pantai perawan yang mulai banyak menarik perhatian para wisatawan. Semakin menegaskan bahwa Banyuwangi tak hanya menjadi kota persinggahan saja, namun juga menjadi kota tujuan wisata di Jawa Timur. 

Lalu, apa sih yang menjadikan kamu harus datang ke Pantai Teluk Hijau ? Labiru punya ulasan lengkapnya untuk kamu. Simak yaaaa

Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau adalah bagian dari adalah satu dari dua taman nasional yang ada di Banyuwangi. Pantai ini berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, bertetangga dengan Taman Nasional Baluran. Pantai ini berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi Jawa Timur. Dari pusat kota Banyuwangi, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 90 kilometer yang akan memakan waktu selama 2 jam perjalanan. 

Lokasi Pantai Teluk Hijau

Akses menuju pantai ini tak hanya bisa kamu lalui via jalur darat, tetapi juga bisa ditempuh lewat laut, tepatnya menggunakan perahu dari Pantai Rajegwesi. 

Keistimewaan Pantai Teluk HIjau Banyuwangi

Pantai ini oleh para traveler biasa disebut juga sebagai Green Bay ini memiliki keistimewaan karena air lautnya yang berwarna hijau di tepiannya. Kemudian membiru di bagian tengahnya. Karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Teluk HIjau atau Green Bay. Dengan pasir putih yang bersih, kita akan merasa bahwa kita sedang berada di pantai – pantai terkenal di Bali dan Lombok. 

Keistimewaan Pantai Teluk HIjau

Kenapa kamu harus ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ? 

Pantai ini memiliki keindahan alam, berupa lanskap yang mirip dengan Tanjung Layar Bayah, yang ada di Banten. Selain belum banyak dikunjungi orang, disekitar Pantai indah Banyuwangi ini terdapat beberapa objek lain yang bisa kamu datangi. Salah satunya adalah keberadaan air terjun setinggi 8 meter yang berada di dekat pantai. Dikelilingi oleh deretan tebing karang yang menjulang tinggi, air terjun ini sering dijadikan tempat bilas  para wisatawan usai bermain air laut di pantai. Serupa tapi tak sama dengan Pantai Jogan Gunungkidul. Sangat menarik bukan ? 

Kenapa kamu harus ke

Pantai yang mulai terkenal di tahun 2015 ini menjadi salah satu destinasi wajib para wisatawan yang datang ke Kota Banyuwangi. Selain berkunjung ke Gunung Ijen, banyak wisatawan yang memasukkan Pantai ini dalam bucket list mereka. Karena akses jalan menuju tempat ini terbilang masih terjal dan sulit, tak banyak wisatawan yang kembali kesini, untuk menikmati keindahan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. 

Pantai di Banyuwangi yang Aman Untuk Berenang

Kalau bermain air adalah aktivitas wajibmu ketika berada di pantai, kamu pasti akan dengan senang melakukannya di Pantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga relatif aman untuk digunakan berenang. Tapi kamu juga harus tetap waspada lho yaa, karena di alam apapun bisa terjadi. Yang menarik lagi, di dekat Pantai ini juga terdapat Pantai Batu. Disebut Pantai Batu karena di pantai bagian pesisirnya tak ditutupi oleh pasir, namun oleh batuan karang. batuan ini sudah tersusun secara rapi, padahal batuan tersebut tersusun secara alami. Sungguh kebesaran tuhan. 

Pantai di Banyuwangi yang Aman Untuk Berenang

Jarak antara Pantai Teluk Hijau dan Pantai Batu sekitar 300 meteran. Hanya saja, keberadaan karang yang menjulang tinggi akan menyulitkanmu dalam mengaksesnya jika menyusuri melalui pantai. Akses yang biasanya digunakan untuk menuju Pantai Batu dari Pantai ini adalah jalan setapak kecil melalui sedikit rimbunnya hutan. Pengalaman seru yang tak akan terlupakan. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dan melalui beberapa aliran sungai alami. Deburan ombak yang terdengar di kejauhan akan menambah seru petualanganmu. 

Keindahan pantai ini tak akan cukup jika kalian nikmati hanya dalam waktu satu hari. Kalau kamu berkeinginan untuk bermalam dan mendirikan tenda di pantai ini, kamu harus berkoordinasi dengan pihak pengelola Taman Nasional Meru Betiri karena dikhawatirkan tempat yang kamu gunakan mendirikan kemah adalah jalur satwa liar disini mencari makan ketika malam tiba.

.

Itulah tadi keindahan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Pantai Perawan yang akan membawamu ke pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mau liburan kamu berkesan dan menyenangkan ? Labiru saja.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda