Beberapa pasar tradisional malah menjadi pusat perekonomian daerah yang tidak ada duanya. Seperti Pasar Klewer yang berada di Solo, Jawa Tengah. Berbelanja, siapa yang tidak menyukai kegiatan satu ini. Mengeluarkan uang demi membeli barang yang disukai tidak hanya digemari oleh Ibu-Ibu saja, tua muda, wanita pria, kaya miskin, rasanya semua menyukai berbelanja.

Tips berbelanja di Pasar Klewer

Berbelanja di Pasar Klewer

Pusat-pusat perbelanjaan dibangun demi memuaskan hasrat berbelanja, jaman terus bertransformasi, begitu pula pusat-pusat perbelanjaan. Makin banyak saja mal dan plaza yang menawarkan pengalaman berbelanja modern yang kebarat-baratan, namun hal ini tidak terlalu berpengaruh kepada keberadaan pasar tradisional. Pasar tradisional hingga kini masih memegang peranan penting dan vital bagi masyarakat.

Lokasi Pasar Klewer

Lokasi Pasar klewer

Kios Pasar yang Berjejer

Pasar Klewer berlokasi tidak jauh dari Keraton Surakarta. Dengan menggunakan becak saja pengunjung dapat sampai ke tempat ini. Sebenarnya dahulu, Pasar ini adalah sebuah stasiun kereta dimana banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sini, salah satunya pedagang batik. Pedagang-pedagang batik ini membawa kainnya di punggung, hingga menjuntai-juntai (kleweran), dari situlah nama Klewer ini muncul, hingga sekarang pun stasiun yang akhirnya menjadi pasar ini disebut dengan nama Pasar Klewer. Pasar ini merupakan ikon pariwisata Kota Solo setelah Keraton. Apabila Anda yang berkunjung ke Keraton makan jangan lupa mampir juga ke pasar ini, baik hanya untuk melihat-lihat atau mencari batik.

Tips Berbelanja di Pasar Klewer

Seperti halnya pasar-pasar tradisional pada umumnya, di Pasar ini Anda harus pandai-pandai menawar barang, menawar bisa sampai dengan setengahnya. Barang-barang yang dijual di pasar ini bervariasi namun di sini memang pemain kuat di sektor penjualan kain batik. Pasar Klewer adalah pusat jual beli kain batik terbesar di Indonesia, Pasar Beringharjo di Yogyakarta hanyalah setengahnya dibandingkan Pasar ini. Khusus untuk batik, Anda bisa saja mendapatkan batik yang harganya hanya belasan ribu rupiah sampai dengan batik tulis sutra yang harganya selangit. Jenisnya pun macam-macam, batik dari Pekalongan, Lasem, Yogyakarta, hingga batik otentik Solo ada di Pasar ini. Semua diperjualbelikan di sini, pilihan kiosnya pun banyak, total ada sekitar 1200 kios di Pasar ini, jangan takut tertipu, harga batik di pasar ini tidak jauh beda satu sama lain, persaingan berjualannya sehat.

Yang Unik di Pasar Klewer

Jika Anda berencana untuk membuat baju setelah membeli kain batik. Di Pasar ini terdapat puluhan penjahit siap jahit yang menerima pesanan baju Anda. Waktu pengerjaannya sangat cepat, bisa dikerjakan dalam waktu satu hari saja. Unik bukan? Apabila Anda lelah berkeliling di pasar, di pinggiran pasar terdapat berbagai macam jajanan pasar khas Solo dan makanan minuman khas seperti nasi pecel, nasi liwet, nasi timlo, es dawet, dan lain-lain. Berkunjung ke Pasar ini di sore hari memberikan keuntungan tersendiri karena harga biasanya lebih murah ketika menjelang tutup kios. Bagi pencinta wisata dan batik, Pasar ini wajib berada pada daftar tujuan lokasi wisata Anda.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda