Tour SoloBerbelanja adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika sedang berlibur di suatu daerah. Tak terkecuali jika kamu sedang liburan di Kota Solo.

Setelah puas mengunjungi tempat-tempat wisata di Solo yang kaya akan sejarah ini, alangkah baiknya kamu menyempatkan waktu sejenak untuk mampir ke pusat belanja ikonik di Solo yaitu Pasar Klewer. 

Pasar tradisional ini merupakan pusat penjualan batik yang juga menjual berbagai macam oleh-oleh yang bisa kamu beli seperti pakaian, aksesoris, hingga makanan khas Solo. Menawarkan harga jual yang murah membuat kamu bisa kalap berbelanja saat mampir ke pasar ini. Simak informasi menarik tentang Pasar Klewer di bawah ini sebelum kamu mengunjunginya.

Lokasi dan Jam Operasional Pasar Klewer

Credit: Surakarta.co.id

Pasar Klewer beralamat lengkap di Jalan Dr. Radjiman No. 50, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon Kota Solo, Jawa Tengah. Lokasi Pasar Klewer sangat mudah dijangkau karena terletak di sebelah Barat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Cocok rasanya setelah berwisata ke keraton langsung mampir sejenak menjelajahi Pasar Klewer.

Sampai saat ini terdapat total lebih dari 2.000 kios berjualan di bangunan 2 lantai ini. Pasar ini beroperasi setiap hari Senin sampai Minggu pada jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore. 

Sejarah Singkat 

Sebelum berubah menjadi Pasar Klewer, pasar tradisional ini awalnya bernama Pasar Slompretan yang terletak di sebelah selatan alun-alun utara dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan serta tempat berhentinya kereta. Kata slompretan berasal dari bunyi tanda kereta akan berangkat yang mirip seperti suara slompret (terompet).

Tempat pemberhentian kereta ini dialih fungsikan sebagai pasar mulai pada tahun 1940-an dikarenakan banyaknya penjual rombengan keliling yang berdagang berpindah-pindah tempat dan kerap mengganggu arus lalu lintas. Maka dari itu para pedagang ini dialihkan untuk berjualan di Pasar Slompretan.

Perubahan nama dari Pasar Slompretan dan Pasar Klewer ini muncul dari para pedagang yang menjual dagangannya dengan di-klewer-kan atau disampirkan pada bahu mereka.

Pusat Batik dan Tekstil di Jawa Tengah

Kota Solo yang merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia, menjadikan Pasar Klewer dikenal sebagai pusat batik terbesar di Jawa Tengah. Pasar ini menawarkan berbagai macam jenis batik seperti batik tulis dan batik cap.

Tak hanya batik antik keraton khas Surakarta, motif batik yang dijual di pasar ini juga berasal dari berbagai daerah mulai dari batik Yogyakarta hingga batik Pekalongan.

Selain menjual batik, macam-macam produk tekstil juga tersedia di pasar ini. Mulai dari baju, seragam, jaket, hingga kaos ber kleweran memenuhi lorong. Harganya yang murah menjadi alasan banyaknya pengunjung datang ke pasar ini. Bahkan kamu masih bisa menawar harga, lho!

Baca Juga: Seru-Seruan di 10 Tempat Wisata Hits Semarang

Daya Tarik Pasar Klewer

Meski terkenal sebagai pusat batik dan tekstil terbesar di Jawa Tengah. Pasar Klewer juga menawarkan barang-barang lain yang cocok dijadikan sebagai buah tangan. Beberapa pedagang di pasar ini menjual berbagai kerajinan tangan, pernak-pernik, peralatan dapur, sampai perhiasan emas. Beberapa oleh-oleh camilan khas Solo juga bisa kamu beli di tempat ini. Dijamin mata akan puas melihat banyaknya ragam barang yang dijual di pasar tradisional ini. 

Bangunan yang sudah direnovasi juga membuat agenda belanjamu semakin nyaman. Tak ada lagi drama tempat kumuh dan sempit, Pasar Klewer memiliki tempat yang luas dan bersih dilengkapi dengan lift dan eskalator membuat kamu lebih betah untuk mengelilingi pasar seharian. 

Belanja Sekaligus Berwisata Kuliner

Setelah capek dan penat mengitari pasar yang luas ini, kamu juga bisa mengisi kembali energi dengan mencicipi makanan yang dijual pada area sekitar pasar. Terdapat beberapa pilihan kuliner khas Solo yang bisa kamu coba setelah puas berbelanja di Pasar Klewer.

Beberapa kuliner legendaris seperti Tengkleng Bu Edi, Selat Gajahan, Bakso Kalilarangan, Sate Pak Min Sithong, dan Gule Goreng Pak Samin wajib masuk list kulineran kamu saat mengunjungi kota Solo. 

 

Setelah membaca artikel di atas, tertarik bukan untuk mengunjungi Pasar Klewer saat di Solo. Wujudkan liburan impianmu dengan memakai jasa tour dari Labiru Tour.

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo