Wisata Banjarmasin – Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin– Anda tentu sudah mengenal pasar, yang biasanya digunakan untuk transaksi atau jual beli. Pasar lazimnya berada di darat dan mempunyai lapak-lapak tertentu untuk orang berjualan. Lain daerah lain cara yang digunakan, nah di Banjarmasin aktivitas jual beli pasar mempunyai cara yang lebih unik lagi, mereka transaksi di atas air dengan menggunakan perahu. Pasar Terapung namanya, pasar terapung memang terkenal di Banjarmasin.

Pasar Apung Banjarmasin dari atas udara

Perahu-perahu yang berlalu-lalang, wira-wiri silih berganti menjajakan barang dan makanan. Perahu perahu kecil itu pun membawa beraneka ragam hasil bumi, barang-barang dan juga makanan siap makan. Nuansa klasik akan sangat terasa disini, birunya air dan juga suara gemericik air yang terkena dayung pun menemani petualangan anda menelusuri Pasar Terapung Banjarmasin. Sungguh, akan jauh sekali dari sesaknya jiwa yang terdesak hingar-bingar kota besar atau Mall-Mall yang mengusung benda modern dengan harga yang diatas rata-rata.

Belanja di Pasar Terapung Banjarmasin

Belanja di Pasar Terapung Banjarmasin

Banjarmasin memang mempunyai sungai yang lebar, sungai Barito namanya. Memang aliran sungai ini tenang dan juga lebar seperti danau, sangat cocok untuk perahu yang berdayung. Selepas subuh para pedagang pun berangkat ke lokasi pasar terapung menggunakan perahu. Seperti biasa, mereka mendayung. Memang, pagi-pagi aktivitas pasar terapung ini sudah mulai dan keramaian akan berlangsung hingga kurang lebih pukul tujuh pagi.

Saat ramai anda akan menemukan pemandangan perahu yang berdesak-desakan yang dengan berbondong-bondong menjajakan dagangannya, ditambah lagi gelombang kecil menerjang perahu-perahu pedagang menjadi seakan-akan perahu mereka menari-nari memanggil pelanggan. Bagi anda yang ingin berbelanja di Pasar Terapung Banjarmasin ini, anda pun juga harus mempergunakan perahu untuk berbelanja. Anda dapat berbelanja beragam kebutuhan rumah seperti ikan-ikan segar, sayur mayur, buah-buahan dan lain sebagainya.

Pesona Pasar Terapung

Banyak orang yang menyebut Pasar Terapung Banjarmasin sebagai Venesia di timur dunia. Keduanya mempunyai wisata sungai yang sangat menarik. Masih banyak juga rumah apung yang disebut juga rumah lanting yang kadang bergoyang-goyang karena gelombang air yang mendekat.

Pesona Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Mengingat pesonanya sungguh unik, Pemerintah kota Banjarmasin pun merencanakan akan membangun sebuah pasar apung buatan di muara sungai Kuin. Gagasan membuat pasar apung buatan oleh pemerintah kota Banjarmasin patut didukung, karena dengan ini kita tidak akan kehilangan pesona pasar apung atau dengan kata lain pasar terapung akan tetap lestari dan tidak akan hilang dimakan kemajuan zaman.

Kini pengunjung Pasar apung Banjarmasin pun terus melonjak, wisatawan kini makin penasaran dengan pasar apung walaupun harus menembus dinginnya pagi yang menusuk tulang jika tidak ingin ketinggalan keramaian Pasar apung Banjarmasin. Karena bila anda terlambat sedikit para pedagangnya pun akan terus bubar saat matahari mulai meninggi.

Nah, itulah sebuah tempat wisata yang menurut kami sangat unik, Pasar apung Banjarmasin. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan kita akan objek wisata yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke kota Banjarmasin. Ingat sebelum berlibur konsultasikan rencana liburan Kamu bersama labiru tour. Selamat berlibur!