Persiapan Liburan Ke Australia – Selama ini Australia adalah salah satu tujuan utama wisatawan asal Indonesia. Banyaknya spot yang eksotis membuat banyak turis Indonesia yang berbondong-bondong berlibur ke Australia. 

Lalu Persiapan Liburan Ke Australia apa saja sih harus kamu persiapkan? Ini nih daftarnya dari Labiru.

 

Visa, Persiapan Liburan ke Australia

Orang Indonesia membutuhkan visa untuk bisa masuk wilayah Australia. Terdapat dua cara mendapatkan visa Australia, yaitu menggunakan jasa agen wisata atau mengurus sendiri ke Pusat Aplikasi Visa Australia (Australian Visa Application Centre).

Visa, Persiapan Liburan ke Australia

Kalau kamu datang ke Australia untuk liburan, jenis visa yang kamu perlukan adalah visa kunjungan turis. Total biaya pengajuan visa tipe ini adalah Rp 1.609.850,00 (Agustus 2016), yang terdiri atas biaya visa sebesar Rp 1.420.000,00 dan biaya logistik Rp 189.850,00. Untuk tahu lebih banyak tentang pengajuan visa Australia, kamu bisa mengunjungi situs http://www.vfs-au-id.com/

 

Tak Perlu Vaksin, Persiapan Liburan ke Australia

Tidak perlu vaksin untuk masuk Australia. Tapi, kalau sepekan sebelumnya (atau kurang) kamu baru pulang dari negara-negara terjangkit demam kuning (yellow fever), kamu perlu menunjukkan bukti kalau kamu sudah pernah di vaksin demam kuning. Negara endemik demam kuning adalah Afrika dan Amerika Selatan 

Tak Perlu Vaksin, Persiapan Liburan ke Australia

 

Dilarang Membawa Telur, Persiapan Liburan ke Australia

Australia punya peraturan ketat soal apa yang tidak boleh dibawa masuk ke wilayah negaranya. Wisatawan dilarang membawa telur, sayuran, buah, dan daging. Tanaman, bibit, bulu, dan kulit binatang juga tidak diperbolehkan.

Dilarang Membawa Telur, Persiapan Liburan ke Australia

Jika kamu punya obat yang tidak lazim dikonsumsi, sebaiknya membawa surat keterangan dari dokter. Jangan lupa declare obat tersebut di bagian bea cukai bandara.

 

SIM Internasional

Badan pariwisata Australia sedang gencar mempromosikan self-driving atau menyetir sendiri. Setidaknya terdapat 14 jalur road trip yang tersebar di seluruh wilayah Australia dengan kondisi jalan mulus dan pemandangan menakjubkan.

SIM Internasional

Enaknya buat orang Indonesia, menyetir di Australia kurang lebih sama dengan menyetir di negara sendiri: jalur mobil terdapat di sebelah kiri, dengan kursi pengemudi di sisi kanan.

Mobil rental di Australia kebanyakan bertransmisi otomatis dan punya fitur cruise control. Yaitu setelan jalan otomatis di kecepatan tertentu tanpa menginjak pedal gas, alias auto-pilot. Untuk bisa nyetir di Australia, kamu perlu punya SIM Internasional yang bisa kamu dapatkan di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

 

Universal Adapter

Alat-alat elektronik di Indonesia pada umumnya  menggunakan steker atau colokan tipe C dan bertegangan 220-240 V. Spesifikasi ini umum dipakai di negara-negara Asia Tenggara dan Eropa, tapi tidak di Australia. Supaya gadgetmu tetap hidup kapan dan di mana saja, jangan lupa beli universal adapter di Indonesia. Kenapa harus di Indonesia? Supaya lebih murah dong tentunya. 

Universal Adapter Australia

Australia menggunakan socket tipe I dengan tegangan 220-240 V. Karena tegangannya sama, kamu tidak perlu beli voltage adapter. Tip: Kalau jalan-jalan keluar negeri, jangan lupa cek tipe soket dan jumlah tegangan. Jadi opsi paling aman adalah selalu bawa universal adapter.

 

.

Jangan sampai terlewatkan Persiapan Liburan Ke Australia ini ya. Selamat menikmati liburan di Australia.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda